Heboh Penampakan Benda Asing di Bandung | UFO atau Penampakan Dewata?

Default

Masyarakat di Bandung, Jawa Barat dihebohkan dengan penampakan benda asing di langit kota Bandung yang terjadi pada Kamis (29/7/2021). Hingga kini belum diketahui pastinya apa benda asing tersebut.

Namun banyak masyarakat yang menduga benda tersebut adalah Unidentified Flying Object (UFO). Dugaan ini kini juga turut diteliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

"Terkait fenomena tersebut, itu masih dievaluasi oleh teman-teman yang memahami," kata Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lapan Emanuel Sungging Mumpuni, mengutip Suara.com, Senin (9/8/2021).

Bukan Peristiwa Meteorologis

Hingga kini, video yang menunjukkan penampakan benda asing tersebut masih terus diteliti oleh para peneliti astronomi dan astrofisika di Pusat Sains Antariksa Lapan. Namun yang bisa dipastikan, perisitiwa ini tidak terkait dengan fenomena meteorologis.

Melalui penjelasan yang diunggah di laman Facebook, Jumat (30/7/2021), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa kondisi cuaca di Bandung saat kejadian tersebut normal saja.

Berdasarkan observasi cuaca yang dilakukan BMKG Bandung, kondisi atmosfer atau langit dalam kondisi cerah berawan dan kecepatan angin 6 kilometer per jam.

Ilustrasi Awan Dengan Benda Misterius B0c7c 5b367

Diduga Hanya Balon

Mengutip CNN Indonesia, informasi berupa rekaman video benda asing yang tampak di langit Bandung itu sangat terbatas.

Namun Peneliti Sains Antariksa Lapan Abdul Rachman memastikan bahwa persitiwa itu bukanlah peristiwa antariksa yang terjadi di langit dengan ketinggian lebih dari 100 kilometer.

Abdul mengungkapkan dugaan bahwa benda asing tersebut hanyalah sekumpulan balon. Sayangnya, video tersebut tidak memiliki durasi yang cukup lama.

"Andai saja video itu lebih lama durasinya, mungkin akan terlihat bahwa benda-benda tersebut cenderung bergerak agak acak, seperti sekumpulan balon yang tertiup angin," tegas Abdul.

Hal serupa juga dikonfirmasi oleh Kepala Lapan Thomas Djamaludin. Ia menyatakan bahwa benda asing tersebut bukan benda antariksa. Ia menduga objek tersebut hanya sekumpulan balon yang diterbangkan.

Dewata Turun ke Bumi

Sebelumnya, informasi mengenai penampakan benda asing di langit kota Bandung ini sempat viral di media sosial. Video amatir tersebut diambil oleh seorang penjaga keamanan di Cicendo.

Rekaman itu memperlihatkan objek benda misterius berwarna putih bergerak di langit. Saksi mata yang melihat langsung mengatakan bahwa benda misterius tersebut tampak berkerlap-kerlip. Sementara bentuknya tidak beraturan. Ada yang bentuknya bulat, ada yang lonjong.

Disebutkan bahwa penampakan objek terbang di langit kota Bandung itu terlihat dari wilayah Pasirkaliki, Cicendo, Bandung. Tepatnya di Jalan Dr. Rum pukul 08.30 WIB.

Walaupun belum ada penjelasan resmi mengenai apa sebenarnya benda langit tersebut, sudah banyak pihak yang berspekulasi. Salah satunya adalah ahli metafisika Abiyasa Nusantara Majapahit yang mengaitkannya dengan fenomena spiritual atau metafisika.

"Dari Lapan sendiri menerangkan bahwa kemungkinan benda angkasa yang menyala adalah balon udara yang diterbangkan. Tapi masalahnya, kalau itu balon udara kenapa (gerakannya) turun bukan naik? kata Abiyasa dalam kanal YouTube miliknya," mengutip BeritaBali.com, Senin (9/8/2021).

Ia termasuk pihak yang meyakini bahwa benda asing tersebut adalah UFO. Bagi kaum spiritualis, UFO termasuk juga makhluk luar angkasa itu benar adanya.

Ilustrasi Penampakan UFO 27b2d Ad313

Dalam keyakinan Budo Jawi kuno misalnya, matahari dikuasai oleh 'Betoro Suryo'. Sementara penguasa Bulan dikenal dengan 'Betoro Condro'. Termasuk juga planet-planet lainnya. Seperti planet Saturnus yang dikuasai oleh Dewa Sani.

Maka dari itu, para penghayat kepercayaan sejak lama terkait dengan fenomena UFO serta alien dan sangat meyakini keberadaan mereka.

"Bahwa Gusti yang ada di alam semesta ini sedemikian berkuasanya, kemudian terefleksi menjadi Danghyang-Danghyang di berbagai wilayah. Di Jawa ada Danghyang Eyang Sabdo Palon, Ratu Ayu Kidul penguasa Laut Selatan. Demikian juga penguasa matahari, bulan, dan planet-planet lainnya," jelas Abiyasa.

Hal yang terjadi di Bandung itu, lanjut Abiyasa, juga dipercaya terkait dengan kemunculan para Danghyang-Danghyang.

"Dalam penampakan ini (UFO Bandung), ada penglihatan mata batin saya, bahwa itu sebenarnya para Dewata sedang turun ke bumi terutama di Jawa Barat."

Fenomena ini muncul di wilayah Jawa Barat yang juga dikenal dengan sebutan 'Parahyangan' atau tempat para Dewata, Para-Hyang , ujarnya.

Abiyasa percaya bahwa para Dewata dan penguasa alam semesta datang untuk mengatasi pandemi Covid-19 ini. Ia juga menyebutnya sebagai tahap pembersihan . Ini bisa jadi titik awal penyelesaian masalah Covid-19 di Indonesia.

BACA JUGA

6 Hewan yang Masih Bertahan Hidup Sejak Kepunahan Dinosaurus, Termasuk Kecoak!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

11 Potret yang Menipu Mata, Padahal Hasil Pengambilan Angle Kamera Semata

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

10 Potret Wanita yang Hasil Editannya Terlalu Kelihatan, Gagal Tampil Cantik Deh!

ARTIKEL TERKAIT
Page3 76a10
5 Fenomena Sains Ini Bikin Bingung Para Ilmuwan, Benarkah UFO Sungguh Ada?
Laporan Soal Penampakan Ufo Banner E5dc8
5 Laporan Soal Penampakan UFO Paling Viral, Bikin Merinding!
Pentagon Ufo F3006
Dulu Dibantah, Pentagon Sekarang Akui Keberadaan UFO | Bakal Rilis Laporan Bulan Ini!
Ufo
Cahaya Aneh di Langit Korea Diduga UFO! Beneran?
Bannera
UFO dan Alien Itu Nyata, 5 Relief dan Lukisan Ini Buktinya
6 Penampakan UFO Dari Zaman Kuno 44ebf
UFO Sudah Ada Dari Sebelum Masehi?? Ini 6 Penampakan UFO dari Zaman Kuno
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal