5 Negara dengan Militer Terkuat di Asia, Indonesia Termasuk?

Default

Setiap negara pasti mempunyai pasukan militernya masing-masing. Tugas utama mereka adalah melindungi kedaulatan bangsa, menjaga keamanan rakyat beserta perbatasannya.

Sebagai benua yang besar, Asia terkenal memiliki basis militer yang luar biasa tangguh dan masif. Nggak heran, angkatan bersenjata di benua Asia didaulat sebagai salah satu yang paling kuat di dunia.

Global Power Index sudah membuat daftar negara dengan militer terkuat di Benua Asia di tahun 2021. Sebagai catatan, Rusia dan Turki juga dimasukkan ke dalam daftar, mengingat sebagian wilayah mereka juga masuk dalam benua Asia.

1. Rusia

Militer Terkuat 1 336d4

Yap! Negeri Beruang Putih ini menempati urutan pertama sebagai negara dengan militer paling kuat di Benua Asia.

Rusia tercatat memiliki 27.038 unit kendaraan lapis baja, 6.083 unit artileri swagerak, dan 3.860 unit proyektor roket. Nggak heran, sebab Rusia membuat anggaran hingga 48 miliar dollar AS (Rp 682 triliun) untuk militernya pada 2020.

Ini belum termasuk 873 pesawat tempur dan 531 helikopter tempur, ditambah 62 unit kapal selam dan 48 unit kapal perang penyapu ranjau.

Selain terkenal dengan teknologi militernya yang canggih, Rusia juga memiliki jumlah pasukan yang jauh lebih banyak dibanding negara lain, yakni 1.013.628 personel militer aktif.

2. Republik Rakyat Tiongkok

Militer Terkuat 2 6d09c

Sudah jelas, Republik Rakyat Tiongkok menempati urutan teratas soal kekuatan militer, bahkan menjadi tandingan utama bagi Amerika Serikat.

Negara adidaya tersebut diperkirakan memiliki personel aktif sebanyak 2.183.000 orang. Hal tersebut menjadikan Tiongkok sebagai negara dengan personel militer aktif terbesar di dunia. Jadi tidak hanya terkenal dengan HP-HP terbaik mereka!

Selain itu, Tiongkok yang konon menghabiskan 237 miliar dollar AS (Rp 3.368 triliun) untuk angkatan bersenjatanya pada tahun 2020 juga memiliki 33.000 unit kendaraan lapis baja dan 3.500 unit tank.

Mereka pun juga dikabarkan tengah menggenjot Angkatan Laut dan Udara pasca konflik Laut Cina Selatan. Tiongkok kini tercatat memiliki 74 kapal selam, 52 fregat, dan 36 kapal perusak, ditambah 1.232 unit pesawat tempur dan 281 helikopter tempur. Hebat banget!

3. India

Militer Terkuat 3 4bb2f

Berdasarkan catatan tahun 2020, India diperkirakan memiliki 1.444.000 personel aktif dalam angkatan bersenjatanya, apalagi setelah mereka terlibat dalam beberapa konflik dalam maupun luar negeri.

India pun juga memiliki 4.292 unit tank, 4.060 unit artileri derek, dan 538 unit pesawat tempur yang sangat tangguh dan canggih.

Negara yang diperkirakan menghabiskan 61 miliar dollar AS (Rp 867 triliun) untuk militernya tahun 2020 ini pun juga tercatat beberapa kali mengirim pasukan perdamaian di negara-negara berkonflik.

4. Jepang

Militer Terkuat 4 0e034

Dulu, Jepang dikenal sebagai momok menakutkan bagi bangsa Asia lainnya. Hal ini disebabkan karena tentaranya sangat tangguh, kejam, dan mampu mengalahkan musuh dalam hitungan cepat.

Sayang, sejak kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II, Jepang tidak diperbolehkan memiliki militer lagi. Namun, sejak tahun 2000an, Jepang mulai membangun ulang angkatan bersenjatanya.

Alhasil, kini Jepang memiliki personel angkatan bersenjata aktif sebanyak 247.160 orang. Selain itu, Negara Sakura ini juga memiliki 152 pesawat misi khusus, lebih banyak dari negara mana pun di dunia selain Amerika Serikat.

5. Korea Selatan

Militer Terkuat 5 7d17c

Negeri Gingseng ini menempati peringkat kelima sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat di Benua Asia. Jadi nggak hanya terkenal dengan drama Korea terbaiknya, Korsel juga tangguh kalau bicara soal militer, nih!

Korea Selatan tercatat memiliki 580.000 personel militer aktif ditambah 3,1 juta personel militer cadangan. Jumlah ini nggak lepas dari kebijakan wajib militer yang diterapkan pada warganya.

Korea Selatan juga memiliki 2.614 tank dan 14.000 kendaraan lapis baja, ditambah 414 unit jet tempur khusus. Dari Angkatan Udara, Korsel mempunyai 41 pesawat angkut dan 112 helikopter tempur.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan khusus Jaka mengenai negara-negara dengan kekuatan militer paling dominan di Asia.

Semoga kejayaan militer di negara masing-masing dipergunakan dengan bijak untuk menjaga keamanan dan perdamaian dunia ya!

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

5 Kelakuan Aldi Taher yang Dianggap Cari Sensasi

5 Inovasi Teknologi yang Gagal Mengubah Dunia, Mau Untung Malah Buntung!

5 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia | Bikin Takjub Dunia!

8 Foto Kehidupan Hikikomori di Jepang, Gaya Hidup Terisolasi yang Mengkhawatirkan!

5 Orang Super Kaya yang Hidup Luar Biasa Hemat, Tak Peduli Gengsi!

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal