NASA Tunda Roket Artemis 1 untuk Luncurkan Manusia ke Bulan, Apa Alasannya?

Default

Badan antariksa Amerika Serikat (NASA) memiliki ambisi untuk meluncurkan manusia ke bulan. NASA menyiapkan apa yang mereka sebut sebagai misi Artemis 1.

Misi Artemis 1 merupakan program milik NASA yang akan meluncurkan astronaut ke satelit milik Bumi. Akan tetapi, misi ini tampaknya mengalami penundaan, geng.

Diketahui bahwa NASA harus memastikan semua kesiapan mereka, seperti yang disampaikan oleh Mike Bolger, Program Manager of Exploration Ground Systems di NASA Kennedy Space Center, dikutip dari Space.com.

"Pada akhirnya, kami akan meluncurkan perangkat keras penerbangan ini ketika perangkat keras penerbangan sudah siap dan ketika tim sudah siap," kata Mike Bolger.

Space Custom D124e
Sumber foto: Space.com

NASA mengumumkan pada Rabu (02/02/2022) bahwa megaroket Space Launch System (SLS) dan kapsul Orion tidak akan diluncurkan ke Launch Pad 39B di Kennedy Space Center NASA hingga sekitar Maret. Sebelumnya, badan antariksa itu telah menyiapkan jadwal pada Februari ini.

NASA tidak menghadapi masalah besar, melainkan memerlukan waktu tambahan untuk menyelesaikan aktivitas penutupan di dalam VAB (Vehicle Assembly Building) sebelum meluncurkan roket untuk pertama kalinya.

"Saat ini, kami sedang melihat pertengahan Maret," jelas Tom Whitmeyer, wakil administrator asosiasi untuk pengembangan sistem eksplorasi di markas besar NASA di Washington DC.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh NASA, antara lain yaitu peluncuran ke pad yang harus berhasil diselesaikan. Langkah selanjutnya menuju peluncuran adalah gladi bersih. Prosedur ini akan membuat tim misi menyimulasikan setiap langkah peluncuran, bahkan termasuk pengisian bahan bakar roket.

Dalam sebuah konferensi pers, Bolger dan pakar lainnya di NASA yang mengerjakan misi tersebut mengatakan bahwa alasan penundaan ini bukan hanya satu, melainkan ada beberapa pertimbangan demi membawa misi rumit seperti ini agar berhasil diluncurkan.

"Secara logistik, ini adalah hal yang sangat sulit," kata Whitmeyer.

"Kami mengambilnya selangkah demi selangkah. Kami melakukannya dengan sangat cermat, dan kami bangga dengan kemajuan yang telah kami buat," tutur Bolger.

NASA berencana untuk meluncurkan beberapa kali fase misi Artemis. Ini merupakan yang pertama untuk misi Artemis, yakni meluncurkan pesawat ruang angkasa Orion yang mengorbit Bulan sebelum nantinya akan kembali ke Bumi.

Apabila tahapan ini berhasil dan aman, selanjutnya Misi Artemis II akan membawa manusia pada 2024. Akan tetapi, Orion kabarnya hanya akan mengorbit di bulan untuk persiapan misi berikutnya.

Kemudian tahapan Artemis III yang rencananya akan diluncurkan pada 2025 dengan kapsul Orion, mendaratkan tiga astronaut NASA di Bulan.

Melihat manusia akan kembali ke bulan tampaknya menarik mengingat manusia telah berhasil melakukannya lebih dari 50 tahun yang lalu. Melalui misi Apollo 11 pada 1969, manusia mendarat di Bulan, melibatkan beberapa nama astronaut seperti Neil Armstrong serta Buzz Aldrin.

Baca juga artikel seputar Iptek, atau artikel menarik lainnya dari Ahmad Luthfi.

BACA JUGA

Stasiun Luar Angkasa Bakal Berakhir di 2031, Diceburkan ke Laut!

Apple Watch Selamatkan Nyawa Pria Pengendara Sepeda Listrik

Gagal Palak Rp720 Juta dari Elon Musk, Jack Sweeney Malah Dapat Tawaran Kerja Mentereng

Gara-Gara Akun Twitter yang Lacak Lokasi Pesawatnya, Elon Musk Dipalak Bocah Rp700 Juta

Perburuan UFO dan Alien Makin Gencar di 2022, AS sampai Bikin Proyek Khusus!

Telah Hadir Power Bank Berkapasitas 27.000.000 mAh, Bisa Ngecas Gadget Satu Kampung!

ARTIKEL TERKAIT
Remaja Indonesia Hack Situs Nasa Banner 0ebac
6 Fakta Mengejutkan dari Bocah SMP yang Berhasil Hack Situs Resmi NASA!
Penemuan Nasa Yang Dipakai Dalam Kehidupan
5 Penemuan NASA yang Dipakai Dalam Kehidupan Sehari-hari
Mars
5 Foto Rahasia di Planet Mars Ini Disembunyikan NASA! Kok Bisa?
15f2109fe4f7990a77d82453782c6e12
7 Teknologi yang Menjadi Misi Paling Penting Dalam Sejarah NASA
Page000 4e626
Di Balik Tragedi Apollo 1 yang Tewaskan 3 Astronot | Kelalaian NASA?
Untitled Design 2021 01 04t123256 931 3d6bc
7 Scene Film ini Dibuat Secara Ekstrem, Syuting Ilegal hingga Bohongi NASA!
Drone Gl 10 Nasa
GREASED LIGHTNING, Drone Super Besar Milik NASA
Tags Terkait: luar angkasa
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal