NASA Temukan 5.000 Dunia di Luar Tata Surya, Benarkah Alien Ada?

Default

NASA, badan antariksa Amerika Serikat berusaha untuk mencari keberadaan makhluk hidup di luar Bumi. NASA telah menjalankan misi-misi luar angkasanya seperti menempatkan robot di Mars.

Penelitian pun terus dilakukan untuk melacak keberadaan kehidupan di luar Bumi. Terkini, NASA Mengonfirmasi bahwa mereka menemukan 5.000 dunia atau exoplanet di luar tata surya.

Sekedar informasi, exoplanet merupakan planet asing yang menjadi target penelitian para ilmuwan. Rupanya, penelitian mengenai exoplanet sudah dimulai sekitar 30 tahun lalu dan kini ribuan exoplanet telah ditemukan oleh NASA.

Tepatnya, badan antariksa ini telah menemukan sekitar 5.005 exoplanet. NASA juga telah mendokumentasikannya dan masing-masing dari exoplanet memiliki karakteristik uniknya sendiri.

Setiap dari exoplanet atau planet ekstrasurya ini muncul dalam penelitian peer-review, dan telah diamati menggunakan beberapa teknik deteksi atau metode analisis.

Hasil-hasilnya memiliki banyak informasi untuk studi lanjutan guna mempelajari lebih lanjut tentang dunia-dunia asing dengan instrumen baru, seperti Teleskop Luar Angkasa James Webb yang baru diluncurkan, dan Teleskop Luar Angkasa Nancy Grace Roman yang akan datang.

"Ini bukan hanya angka. Masing-masing dari mereka adalah dunia baru, planet yang benar-benar baru. Saya senang dengan setiap planet karena kita tidak tahu apa-apa tentang mereka," kata astronom Jessie Christiansen dari NASA Exoplanet Science Institute di Caltech.

Exoplanet Pertama yang Berhasil Ditemukan

NASA 1 0f35c
Sumber foto: NASA

Dua exoplanet pertama yang pernah dikonfirmasi ditemukan oleh astronom Alexander Wolszczan dan Dale Frail. Keduanya merupakan planet ekstrasurya dengan 4,3 dan 3,9 kali massa Bumi.

Planet itu berputar di sekitar bintang mati yang dikenal sebagai pulsar milidetik, yang mengirimkan 'denyut' atau pulsa gelombang radio di rentang waktu milidetik.

Sementara ekstrasurya ketiga, jauh lebih kecil dengan massa 0,02 kali Bumi. Planet asing ini ditemukan mengorbit bintang dan diberi nama Lich pada 1994. Ketiga exoplanet tersebut masing-masing diberi nama Poltergeist, Phobetor, dan Draugr.

Penemuan exoplanet tentunya menarik bagi para peneliti yang melakukan pengamatan mendalam guna mencari tahu keunikan maupun tanda-tanda kehidupan.

Jasa Teleskop Luar Angkasa Kepler

Space Com 5115f
Sumber foto: Space.com

Untuk dapat menemukan exoplanet, para ilmuwan mengandalkan observasi dari teleskop luar angkasa Kepler. Teleskop ini diluncurkan pada 2009, menemukan lebih dari 3.000 exoplanet yang telah dikonfirmasi ke dalam daftar.

Kabarnya, ada 3.000 kandidat exoplanet lainnya yang menanti untuk masuk dalam daftar exoplanet yang bisa diteliti oleh para ilmuwan.

Untuk dapat melacak keberadaan exoplanet, astronom menggunakan metode yang dinamakan transit atau metode yang mengamati penurunan cahaya bintang yang redup dan teratur. Dengan cara ini, exoplanet diketahui ketika ia melintas dekat bintang induknya.

Selain metode transit, para astronom dapat mempelajari efek gravitasi yang diberikan planet ekstrasurya pada bintang induknya. Saat objek mengorbit pusat gravitasi, sebuah bintang tampak 'bergoyang' sedikit di tempat, mengubah panjang gelombang cahayanya.

Peneliti pun memiliki cara untuk menganalisis seberapa besar massa planet ekstrasurya, yakni dengan cara mengetahui massa bintang dan mempelajari seberapa besar goyangannya. Sementara untuk mengetahui ukuran planet ekstrasurya, peneliti harus mengetahui seberapa terang sebuah bintang.

Begitu banyaknya exoplanet yang ditemukan menunjukkan alam semesta yang sangat luas. Tentunya, ini akan semakin menarik dan membuat semangat para peneliti untuk mempelajari planet asing dan menjawab pertanyaan, benarkah ada kehidupan alien di luar Bumi?

Baca juga artikel seputar Science, atau artikel menarik lainnya dari Ahmad Luthfi.

BACA JUGA

5 Potret Tinder Swindler Indonesia yang Berhasil Peras Korbannya hingga Puluhan Juta

10 Potret Im Kamaludin, Bocah Thailand Berwajah Ngeselin yang Jadi Buronan Netizen

Ojol Berijazah S1 Viral Usai Dituding Tak Sekolah dengan Benar: Jangan Meremehkan Orang Lain!

5 Fakta Marc Marquez di MotoGP Mandalika, Gegar Otak Sampai Dipijat Tukang Urut?

5 Potret Rara Istiati, Pawang Hujan Viral yang Masuk Sirkuit Mandalika

Aksi Pawang Hujan Rara Istiati Bikin Heboh Sirkuit Mandalika, Dibayar Ratusan Juta Rupiah!

ARTIKEL TERKAIT
Teknologi Perang Rahasia Amerika Serikat Banner D20f6
10 Teknologi Perang Rahasia Milik Amerika Serikat, Ada Senjata Pemusnah Massal?
Mandau Ambang Birang Infoitah 8f3b6
5 Senjata di Masa Lalu yang Paling Berbahaya di Dunia, Untung Udah Gak Ada
Senjata Nuklir Paling Mematikan 95117
5 Senjata Mematikan yang Dibuat dari Teknologi Nuklir, Bisa Tembus Inti Bumi?
Senjata Buatan Indonesia Mendunia Main Img 177cc
6 Senjata Buatan Indonesia yang Mendunia | Banyak Dibeli Luar Negeri!
Senjata Game Yang Dibuat Versi Nyata Banner D1d47
7 Senjata Game yang Dibuat Versi Nyata, Reza Arap Juga Punya!
7777e7690cbe5c38e72d11f671f5f66a
7 Senjata Ini Bakal Jadi Awal Kehancuran Dunia, Untungnya Cuma Ada di Video Game
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal