NASA Perkenalkan Pakaian Antariksa Senilai Rp4,2 Triliun, Diklaim Lebih Nyaman Dipakai

NASA telah memperkenalkan wujud pakaian antariksa terbaru yang akan digunakan pada misi ke bulan pada tahun 2024 mendatang.

Untuk membuat pakaian antariksa yang diberi nama exploration extravehicular mobility unit (xEMU) itu, NASA telah menginvestasikan dana sekitar 300 juta dollar AS atau Rp4,2 triliun.

Adapun proyek penerbangan NASA berikutnya adalah mengirim wanita pertama dan orang kulit berwarna pertama ke bulan. Pakaian antariksa terbaru ini akan digunakan dalam program tersebut.

Sebelum ke bulan, pakaian antariksa xEMU ini nantinya akan diuji coba lebih dulu di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Dilansir dari CNN, Wakil Kepala Pengembangan pakaian antariksa xEMU di NASA, Richard Rhodes, mengatakan bahwa salah satu komponen utama dari pakaian ini adalah berupa pendingin.

xEMU terbuat dari tabung yang mengedarkan air di sekitar tubuh astronot, menyesuaikan suhu tubuh, dan menghilangkan panas berlebih saat astronot sedang melaksanakan tugasnya.

Baju Nasa 15669

Menurut apa yang disampaikan NASA, setiap pakaian antariksa juga memiliki sejumlah fitur portabel yang dapat memudahkan aktifitas pemakainya.

Fitur portabel itu mencakup tangki air untuk mendinginkan pakaian, sistem pembuangan karbon dioksida, dan masih banyak lagi.

Salah satu komponen dalam pakaian antariksa ini juga mencakup sistem radio dua arah sebagai alat berkomunikasi para astronot.

Pakaian antariksa xEMU merupakan pengembangan dari pakaian antariksa yang dipakai di misi Apollo, di mana ketika itu pakaian yang dikenakan astronot terlihat kurang fleksibel dalam bergerak.

"Saat astronot dalam misi Apollo berjalan di bulan, mereka tidak bisa membungkuk dan mengambil batu, kata astronot NASA, Mike Fincke," seperti yang dilansir dari Sindonews.

Untuk pakaian antariksa xEMU ini, sudah memungkinkan para astronot untuk setidaknya bisa menggerakkan pinggul, pinggang, dan pergelangan kaki.

Maka dari itu, para astronot yang menjalani misi bisa melakukan mobilitas lebih banyak sehingga dapat menjelajahi medan kasar di bulan dengan lebih maksimal.

Kurator program luar angkasa internasional dan pakaian antariksa di Museum Dirgantara dan Luar Angkasa Nasional Smithsonian Institution, Cathleen Lewis, mengatakan bahwa pakaian antariksa layaknya pesawat luar angkasa bagi astronot.

Menurutnya, pakaian antariksa akan dipakai astronot selama berjam-jam, dan untuk memakainya tidak bisa sendiri sehingga butuh bantuan dari orang lain.

Pun hingga kini, rancangan dari pakaian antariksa sudah semakin berkembang dengan struktur yang lebih fleksibel dengan sarung tangan.

"Sarung tangan adalah salah satu bagian terumit dari pakaian antariksa. Banyak astronot yang mengeluhkan bagian ini tentang pakaian mereka," ujar Cathleen Lewis.

Menurutnya, sarung tangan bisa menyempit ketika mendapatkan tekanan, terutama setelah berjam-jam di luar angkasa. Jari-jari astronot juga menjadi dingin, sehingga perlu fitur pemanas untuk dimasukkan ke dalam sarung tangan.

Dalam empat tahun terakhir, NASA telah menghabiskan lebih dari 300 juta dollar AS atau setara Rp4,2 triliun selama pengembangan xEMU.

Selama empat tahun itu pula, NASA telah menguji lusinan komponen dan selalu mempertimbangkan setiap kelebihan dan kekurangannya.

BACA JUGA

12 Potret Kocak Artis Cantik Saat Tidur Mangap | Tetap Memesona!

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

10 Potret Rumah Tukul Arwana Seharga Rp80 Miliar | Bukti Perjuangan Dari Bawah!

6 Anak Artis Indonesia yang Jadi Aparat Negara | Dari Polisi Hingga Tentara!

100+ Bio IG Keren, Lucu, & Aesthetic 2021, Followers Auto Nambah!

ARTIKEL TERKAIT
Cara Robot Nasa Kirim Data Dari Mars Ke Bumi Banner 6514e
Cara Robot NASA Kirim Pesan dan Data dari Mars ke Bumi, Canggih!
Penyelamatan Bumi Dari Asteroid A0fe7
Hindari Ancaman Asteroid, NASA Rencanakan Misi Menabrakkan Pesawat
Ezgif 59c7c
Marko Djuliarso, Insinyur Asal Indonesia yang Turut Garap Roket NASA Untuk ke Bulan
Page000 4e626
Di Balik Tragedi Apollo 1 yang Tewaskan 3 Astronot | Kelalaian NASA?
Vernee Apollo 2 Banner
Vernee Apollo 2, Smartphone Dengan RAM 8GB dan Helio X30 Pertama di Dunia!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal