Goda Alien Datang ke Bumi, NASA Kirim Foto Manusia Telanjang ke Luar Angkasa

Default

Pembahasan tentang luar angkasa dan makhluk-makhluk yang menghuninya memang tidak pernah habis untuk dibahas. Ada saja berbagai penelitian atau kabar-kabar baru terkait hal yang satu ini.

Salah satunya adalah seperti yang belum lama ini disampaikan oleh NASA. Pasalnya, badan antariksa milik Amerika Serikat (AS) itu memiliki ide yang terlampau unik demi memancing munculnya alien, geng.

NASA, entah dari mana ide tersebut datang, berniat mengirimkan foto atau gambar manusia telanjang ke luar angkasa untuk menarik perhatian alien ke Bumi. Waduh, niat banget, ya?

Nasa Siap Komunikasi Dengan Alien 68a42

Sumber foto: Pixabay

Melansir dari The Sun, ide mereka itu ternyata cukup serius, lho. Adapun NASA sendiri memang ingin mengirimkan foto atau gambar pixelated dari pria dan wanita telanjang, yang mana di sisi mereka telah disematkan DNA.

Foto manusia telanjang itu nantinya juga akan dibuat seolah sedang melambaikan tangan agar lebih menarik perhatian spesies alien yang juga entah ada di mana, geng.

Tak sampai di situ saja, NASA juga sudah mengirimkan sebuah pesan ke luar angkasa yang berisi deskripsi gravitasi Bumi. Dengan harapan, jika ada alien yang tertarik, mereka bisa langsung pergi planet kita.

Nah, proyek yang sedang dikerjakan oleh NASA ini disebut dengan Beacon in the Galaxy (BITG). Tujuan utama dari proyek ini adalah agar manusia bisa berkomunikasi dengan kehidupan cerdas di alam semesta.

Baik itu foto dan pesan yang dikirim, semuanya berupa kode biner. Konsep ini diharapkan bisa dipahami secara universal oleh seluruh bentuk kehidupan di luar angkasa yang memiliki kecerdasan seperti manusia.

"Biner adalah bentuk matematika paling sederhana karena hanya memiliki dua pilihan berlawanan: nol dan satu, ya atau tidak, hitam atau putih, massa atau ruang kosong," tulis keterangan dalam studi ini.

"Pesan tersebut bertujuan untuk membangun komunikasi universal yang diikuti oleh informasi tentang komposisi biokimia kehidupan di Bumi, posisi waktu Tata Surya di Bima Sakti relatif terhadap gugus bola yang diketahui, serta digitalisasi penggambaran Tata Surya dan permukaan bumi," lanjutnya.

Dengan kata lain, alien mungkin ingin melihat seperti apa bentuk manusia dan ingin tahu apakah mereka cocok dengan alien atau makhluk luar angkasa lainnya. Tim BITG sangat yakin bahwa mereka telah mengambil langkah yang besar.

"Motivasinya adalah untuk menyampaikan informasi sebanyak mungkin tentang masyarakat kita dan spesies manusia dalam jumlah pesan yang seminimal mungkin," ungkap para ilmuwan.

Pesawat Luar Angkasa Nasa Cd392

Sumber foto: Pixabay

Usut punya usut, ide semacam ini ternyata bukan kali pertama dilakukan, geng, Pada misi Pioneer 10 tahun 1972 dan Pioneer 11 tahun 1973, gambar manusia telanjang juga pernah ditempelken pada antena pesawat demi bisa berkomunikasi dengan alien.

Hanya saja, koneksi dengan pesawat luar angkasa Pioneer telah lama terputus dan tidak diketahui lagi keberadaannya. Namun, para peneliti sangat percaya bahwa pesawat itu telah berlayar jauh di luar Tata Surya.

"Dengan peningkatan teknologi digital, kami yakin dapat melakukan sesuatu yang lebih baik dari tahun 1970-an," sambung para ilmuwan.

Pertanyaannya, apakah ide tersebut akan benar-benar bekerja sesuai dengan tujuannya? Atau adakah dampak berbahaya jika peradaban asing yang dimaksud menangkap sinyal yang dikirimkan tersebut?

Untuk menjawab hal tersebut, peneliti senior di Oxford's Future of Humanity Institute (FHI) Anders Sandberg, pengiriman pesan semacam itu sebenarnya perlu ditanggapi dengan lebih serius.

"Itu memiliki dampak yang begitu tinggi sehingga kita harus benar-benar perlu menganggapnya serius. Kita tidak tahu apakah hal ini bisa menimbulkan lebih banyak kedamaian atau justru permusuhan," kata Anders Sandberg.

Baca juga artikel seputar Iptek, NASA, Tips atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

Karyawan Paling Setia Sejagad Raya, Kerja 84 Tahun di Kantor yang Sama: Pecahkan Rekor Dunia!

Viral Pengantin Pria Bawa Rombongan 3.000 Orang, Mengular Sampai Ujung Jalan!

Viral! Kim Jong Un Nongol di Hajatan, Enjoy Nyanyi Dangdut sambil Joget

9 Potret Anak Arya Saloka, Ibrahim Jalal yang Warisi Wajah Rupawan Sang Ibu

10 Podcast Deddy Corbuzier Paling Kontroversial dan Sensasional, Tuai Kecaman Netizen?

7 Fakta Ragil Mahardika, Seleb TikTok Gay yang Viral setelah Tampil di Podcast Deddy Corbuzier

ARTIKEL TERKAIT
Penemuan Nasa Yang Dipakai Dalam Kehidupan
5 Penemuan NASA yang Dipakai Dalam Kehidupan Sehari-hari
Toilet Luar Angkasa 8f59c
Begini Bentuk Toilet Canggih NASA Seharga Rp333 Miliar | Praktis Tinggal Sedot
Cara Robot Nasa Kirim Data Dari Mars Ke Bumi Banner 6514e
Cara Robot NASA Kirim Pesan dan Data dari Mars ke Bumi, Canggih!
Bill Gates Tidak Mau Ke Mars 41950
Alasan Bill Gates Tidak Mau ke Mars Ikut Elon Musk | Cuma Khayalan Saja?
Mars
5 Foto Rahasia di Planet Mars Ini Disembunyikan NASA! Kok Bisa?
Untitled Design 2021 07 15t185427 982 8806d
5 Fakta Menakjubkan Bumi yang Mungkin Belum Kamu Sadari, Paling Beda dengan Planet Lain!
Tags Terkait: NASA
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal