Musim Hujan Cuaca Tapi Pulau Jawa Malah Terasa Panas, Ini Penjelasan BMKG

Default

Meski saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang memasuki musim penghujan, belakangan suhu di Pulau Jawa terasa panas. Fenomena ini disorot juga oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Melalui akun Instagram resminya, BMKG menjelaskan penyebab terjadinya suhu cuaca yang panas di tengah musim hujan. Beberapa hari terakhir curah hujan khususnya di Pulau Jawa berkurang. Ini menyebabkan suhu terasa panas.

Menurut penjelasan BMKG, jika diilihat dari pola angin, saat ini terpantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar Laut Natuna, barat Laut Kalimantan yang menahan massa uap air dari Asia.

Hal tersebut menyebabkan uap air ke BBS (Belahan Bumi Selatan) atau tepatnya ke pulau Jawa relatif lebih sedikit atau berkurang dari biasanya.

Selain itu, jika dilihat dari kelembapan udara lapisan 700mb, terpantau RH yang cukup kering di wilayah Jawa terutama di Jawa Barat bagian selatan, Jawa Tengah, dan sebagian Jawa Timur yang menyebabkan asupan untuk pembentukan awan-awan hujan menjadi berkurang.

"Secara alamiah Januari ini adalah periode monsoon Asia. Artinya tekanan udara di sebelah utara Indonesia lebih tinggi dibanding di wilayah selatan," jelas Agi Wandala, Kepala Sub Bidang Prediksi Cuaca BMKG, saat dihubungi JalanTikus, Kamis (6/1/2022).

Agi menuturkan, perbedaan tekanan yang tinggi ini mengakibatkan udara mengalir dari wilayah Asia ke Australia dan bersifat basah karena membawa uap air. Awal tahun ini memang banyak sirkulasi angin/siklonik yang menghambat aliran udara basah sampai ke wilayah Jawa.

"Kondisi ini bersifat sementara, kalau nanti monsoon Asia kembali menguat akan kembali muncul banyak hujan di kawasan indonesia," ia menambahkan.

Berkurangnya tutupan awan di sekitar Jawa, berpotensi membuat paparan Matahari kurang terhalang sehingga bisa berimbas pada suhu yang dirasakan di permukaan Bumi dan menyebabkan radiasi lebih tinggi.

Kendati demikian, BMKG mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dalam beberapa hari kedepan yakni antara tanggal 9-13 Januari 2022. Pasalnya, diprakirakan pulau Jawa akan kembali mengalami peningkatan intensitas curah hujan.

Baca juga artikel seputar Gadgets, Tech Hack, Apps, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

BACA JUGA

Bocoran Harga Samsung Galaxy S21 FE 5G 2022, Tak Sampai Rp10 Juta?

Samsung Galaxy S21 FE Segera Meluncur, Intip 7 Tampilan & Fakta Uniknya

Indosat-Tri Resmi Bersatu, Ini Untung dan Rugi Buat Pelanggan

Resmi! BlackBerry OS Stop Beroperasi, Ini Daftar Ponsel yang Terkena Dampaknya!

ARTIKEL TERKAIT
Paket Internet Murah Semua Operator 6f57f
Daftar Paket Internet Unlimited Semua Operator, Update Oktober 2022
Cats 856e1
Cara Setting APN Indosat Tercepat & Stabil 2022, Internetan Makin Ngebut!
Harga Paket Indosat Murah Terbaru B3088
Paket Internet Indosat November 2021, Mulai Rp2 Ribuan!
Harga Paket Internet 3 Tri Terbaru C3721
Daftar Harga Paket Internet Tri (3) Update September 2022, Lengkap!
Cara Cek Kuota 3 Tri Ece80
5 Cara Cek Kuota 3 Terbaru dan Terlengkap 2022, Praktis & Mudah!
Tags Terkait: iptekCuacaSuhu
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal