J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Mengenal Alugoro, Kapal Selam Buatan Indonesia yang Ikut Mencari Nanggala 402

Rabu, 28 Apr 2021, 10:10 WIB
KRI Aluguro 405 juga ikut diterjunkan untuk mencari kapal selam KRI Nanggala 402 yang dinyatakan tenggelam pada akhir pekan lalu.

Mungkin masih banyak di antara kita yang belum mengetahui kalau Indonesia saat ini sudah bisa memproduksi kapal selam.

Ya betul, kapal selam. Kalian tidak salah baca. Kapal selam buatan anak bangsa ini diproduksi oleh PT PAL Indonesia (Persero), badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang industri perkapalan.

Kapal selam buatan anak negeri ini dinamakan KRI Alugoro-405. Kapal selam ini diproduksi dengan skema transfer teknologi yang bekerja sama dengan perusahaan perkapalan asal Korea Selatan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Co Ltd (DSME).

Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co., Ltd merupakan salah satu dari tiga produsen kapal terbesar di Korea Selatan selain Hyundai dan Samsung.

Aluguro 2 317a9

Adapun, lingkup pengerjaan yang dilakukan PT PAL dalam kerja sama ini meliputi Joint Section, test and trials (Setting to Work, Hydro Test, Harbour Acceptance Test (HAT), Sea Acceptance Test including Pre-SAT, serta penyusunan working standard oleh PT PAL.

PT PAL Indonesia menyerahkan kapal selam KRI Aluguro-405 pada pertengahan bulan Maret tahun ini ke pemerintah Indonesia, yakni dalam hal ini kepada Kementerian Pertahanan.

Seperti dilansir dari website PT PAL Indonesia, pada tanggal 17 Maret 2021 menjadi tonggak sejarah bangsa Indonesia untuk pertama kalinya kapal selam jenis Diesel Electric itu resmi diserahkan dari galangan nasional kepada Kementerian Pertahanan Republik Indonesia yang diterima secara langsung oleh Menteri Pertahanan Bapak Prabowo Subianto.

Aluguro 1 33397

SPESIFIKASI KRI ALUGURO-405

Lalu, seperti apa spesifikasi KRI Aluguro-405?

Seperti dikutip dari laman resmi PT PAL Indonesia, KRI Alugoro-405 merupakan jenis Diesel Electric U209/1400 Chang Bogo Class. Dimensi panjang keseluruhan kapal selam tersebut mencapai 61,3 meter.

Adapun, dari sisi kecepatan, kapal selam ini mampu melaju hingga 21 knot di bawah air atau dengan kecepatan sekitar 38,892 km per jam. Lalu, saat berada di permukaan, kecepatannya mencapai 12 knot atau sekitar 22,224 km per jam.

Aluguro 9 C9193

Berbeda dengan saudaranya KRI Nanggala 402 yang mampu menampung kru hingga 34 orang, daya tampung kapal selam KRI Aluguro 405 mampu membawa 40 orang kru.

Sementara itu, kemampuan jelajah KRI Aluguro 405 mencapai 50 hari dan didesain dengan life time mencapai 30 tahun. Artinya, kapal selam ini bisa dipakai hingga tahun 2051.

Menurutu Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, kehadiran KRI Alugoro-405 itu merupakan tonggak sejarah pertahanan Indonesia.

"Untuk pertama kalinya Indonesia melalui galangan kapal nasional PT PAL Indonesia (Persero) berhasil ikut serta dalam produksi kapal selam," ujar Prabowo seperti dikutip dari laman resmi PT PAL Indonesia.

Aluguro 4 502a3

Dia mengharapkan dalam 5 tahun ke depan, PT PAL Indonesia mampu memproduksi kapal selam sendiri mulai dari desain hingga produksi.

Prabowo mengatakan, modernisasi alat utama sistem senjata (Alutsista) TNI merupakan suatu kebutuhan untuk penguatan pertahanan nasional di tengah kondisi geopolitik saat ini yang tidak pasti.

"Bangsa Indonesia cinta damai tapi lebih mencintai kemerdekaan. Kementerian Pertahanan akan berupaya memenuhi kebutuhan alutsista TNI melalui kerja sama industri dalam negeri nasional," kata Prabowo.

ASAL USUL NAMA AlUGURO 405

Penamaan Aluguro 405 terjadi saat fase peluncuran atau launching Diesel Electric Submarine U209 / 1400 (KSDE U209 Chang Bogo Class).

Berdasarkan cerita pewayangan, Alugoro merupakan salah satu senjata berbentuk Gada yang dimiliki oleh Prabu Baladewa.

Sebagai informasi, Prabu Baladewa merupakan tokoh wayang yang dikenal adil, tegas dan jujur. Senjata Alugoro yang dimiliki Baladewa merupakan hadiah dari Batara Brama, yang merupakan guru dari Baladewa yang mengajarkan berbagai macam ilmu.

Senjata ini diberikan oleh Batara Brama kepada Baladewa setelah dinyatakan lulus menuntut ilmu, dimana senjata ini memiliki kekuatan pemusnah yang sangat dahsyat. Senjata Alugoro berbentuk Gada dengan kedua ujungnya yang runcing.

BIKIN GEGER NEGARA LAIN

Keberhasilan Indonesia memproduksi kapal selam sendiri membuat geger kawasan ASEAN. Sejauh ini, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memproduksi kapal selam.

Aluguro 11 B06e3

Bahkan, keberhasilan ini menjadi sorotan sejumlah media asing. The Diplomat, misalnya, melaporkan bahwa Indonesia ke depan diperkirakan dapat memproduksi hingga 12 kapal selam untuk menjaga perairan di Indonesia yang sangat luas.

Korea Selatan merupakan salah satu mitra utama Indonesia untuk memproduksi kapal selam. Sebagai gambaran, semula Indonesia hanya memesan tiga kapal selam dalam kesepakatan pada tahun 2011.

Aluguro mendapatkan perhatian khusus karena mampu menyelam hingga kedalaman sekitar 250 meter.

PENCARIAN KRI NANGGALA 402

KRI Aluguro 405 juga ikut diterjunkan untuk mencari kapal selam KRI Nanggala 402 yang dinyatakan tenggelam pada akhir pekan lalu.

Selain KRI Aluguro, puluhan KRI lainnya terjun langsung dalam pencarian KRI Nanggala-402. Saat ini, kapal selam milik Indonesia hanya tersisa 4 unit setelah KRI Nanggala 402 tenggelam.

"Total 21 itu sudah 1 termasuk KRI Alugoro, jadi total jumlahnya saya sampaikan adalah 21 KRI yang mencari KRI Nanggala 402," kata Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad dalam konferensi pers.

BACA JUGA

5 Artis Indonesia yang Lebih Tinggi dari Suaminya | Kelewat Semampai!

Daftar dan Cara Menukar Kode Redeem FF Terbaru April 2021 | 100% Works!

Tembus 1,5 Juta Views, Ini 5 Pertandingan Paling Banyak Ditonton di MPL Season 7

10 Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik 2021, Ringan & Banyak Fitur!

4 Fakta Menarik Putri Steve Jobs | Hobi Gonta-Ganti Pacar!

ARTIKEL TERKAIT
3b3db8c0fa7fa2bdd39c69da21ead5bc
 Jangan Dipakai! 5 Hero Mobile Legends Ini Tidak Bisa Melarikan Diri Saat dikepung Lawan
Film Superhero Gagal Banner 78548
10 Film Superhero Terburuk | Nomor 6 Bikin Marvel Hampir Gagal!
Aplikasi Cheat Mobile Legends 3e322
10 Aplikasi Cheat Mobile Legends Paling Ampuh 2021, Wajib Coba!
Richpeoplemoney 1600 D67d5
10 Game Android Favorit Para Sultan Saat Ini | Mobile Legends Turun Kasta?
Game Paling Banyak Ditonton Twitch E3506
10 Game yang Paling Banyak Ditonton di Twitch | Nggak ada PUBG Mobile?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal