Temuan Makam Mesir Kuno Berusia 3.500 Tahun | Milik Bangsawan Besar?

Default

Kementerian Kepurbakalaan Mesir resmi merilis makam kuno yang ditemukan pada nekropolis Dra Abul Naga di tepi barat Sungai Nil, dekat Kota Luxor, Mesir di tahun 2017 lalu.

Para arkeolog menemui sejumlah patung, mumi, tembikar, dan artefak lain dalam makam ini. "Makam itu milik Amenemhat dan istrinya, Amenhotep," kata Mostafa Al-Waziri, pemimpin tim penggalian asal Mesir.

Meski Amenhotep umumnya adalah nama laki-laki, Waziri menjelaskan kalau tim menemukan bukti-bukti dari dalam makam yang mengindikasikan kalau dirinya adalah nyonya rumah.

Pada pintu masuk, sosok Amenemhat juga istrinya digambarkan pada sebuah patung yang telah rusak sebagian.

Di antara kaki mereka, terlihat sebuah patung yang menampilkan anak laki-laki mereka. Arkeolog menyebut kalau keluarga itu pernah hidup pada masa pemerintahan Dinasti ke-18 Mesir.

Makam Mumi Firaun 3e6b0

Namun, makam itu sepertinya sempat digunakan ulang. Hal ini diperlihatkan dari adanya sarkofagus asal Dinasti ke-21 juga 22.

Terdapat dua terowongan pada makam kuno tersebut, di mana salah satunya adalah miliki Amenemhat. Pada ruang pemakaman keluarga Amenemhat, arkeolog mendapati sejumlah mumi, sarkofagus, juga topeng pemakaman dari kayu.

Selain itu juga ditemui banyak patung-patung yang menampilkan sosok pasangan itu. Pada terowongan lainnya, tim menemui mumi seorang wanita yang meninggal di usia 50 tahun dengan sisa-sisa kedua anaknya.

Dari hasil pengujian awal pada sisa-sisa wanita itu menampilkan kalau dirinya kemungkinan sempat menderita sejumlah penyakit, termasuk penyakit bakterial pada tulang-tulangnya.

"Makam yang baru dibuka ini tidak dalam kondisi yang baik. Tetapi isinya mungkin memberikan petunjuk bagi penemuan-penemuan lain," terang Menteri Kepurbakalaan Mesir Khaled El-Enany dikutip dari National Geographic.

Contohnya, makam ini memiliki 50 kerucut pemakaman sejenis gerabah yang telah dicap. Ada sekitar 40 di antaranya menampilkan bukti makam lain milik empat pejabat pada periode itu.

Tim arkeolog Mesir turut mendapati makam terpisah pada nekropolis yang sama. Temuan ini menyimpan sejumlah mumi, sepuluh sarkofagus kayu, juga lebih dari seribu patung pemakaman.

Pada penemuan itu, El-Enany memuji signifikansi temuan ini lantaran banyak terdapat barang yang ditemukan masih dalam keadaan yang utuh.

Kedua penemuan baru ini berada di dekat Lembah Para Raja, tempat peristirahatan terakhir sejumlah penguasa Mesir yang paling terkenal, salah satunya Raja Tutankhamun muda.

Kota Luxor ada di sebelah timur Sungai Nil juga orang-orang Mesir dari kelas penguasa serta kelas atas dimakamkan berada di barat sungai untuk tanda penghormatan.

Baca juga artikel seputar Iptek atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

BACA JUGA

Waduh, Gunung Es Raksasa Berukuran 7 Kali Kota Jakarta Terlepas dari Antartika!

Kumpulan Kode Cheat GTA 5 PS3, PS4, PC Bahasa Indonesia Terbaru & Terlengkap

7 Artis Indonesia yang Ciuman Dalam Film, Totalitas Banget!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.7.2 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Tajir Mendadak! Warga Jombang Temukan Koin Kuno dan Keris Saat Gali Pondasi Rumah

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Cari Teman Sekitar Terbaik 2020 Banner Ba87c
10 Aplikasi Cari Teman di Sekitar Kita Terbaik 2020, Bisa Dapat Jodoh?
Aplikasi Pencari Kerja 7a188
8 Aplikasi Pencari Kerja Terpercaya & Terbaik, Setiap Hari Ada Loker!
Aplikasi Edit Nama Ac2cf
7 Aplikasi Edit Nama Terbaik & Terbaru 2020 | Nama Makin Kece!
Aplikasi Al Quran Terbaik 277be
12 Aplikasi Al Quran Bahasa Indonesia Terbaik dan Terlengkap 2021
0 Vnxpzxovujy72qvg Custom 5a5dc
Cara Mudah Mengubah Bahasa di Aplikasi Google Classroom di HP & PC
Menerjemahkan Tulisan Lewat Kamera Banner 4ad20
Trik Cepat untuk Menerjemahkan Tulisan Bahasa Asing dengan Kamera, Gak Ribet!
Tags Terkait: penemuan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal