Ilmuwan Rekam Ledakan Terbesar di Alam Semesta | Berbahaya Bagi Bumi?

Baru-baru ini sebuah ledakan sinar gamma yang berlokasi sekitar satu miliar tahun cahaya Bumi dideteksi serta dicatat oleh para astronom.

Ledakan ini disebut sebagai ledakan terbesar yang pernah tercatat di alam semesta. Berdasarkan pernyataan para ahli German Electron Synchrotron di Hamburg, ledakan ini merupakan peristiwa kematian bintang yang jadi transformasinya menjadi sebuah black hole.

Bisa dikatakan ini merupakan ledakan sinar gamma raksasa yang terbentuk atas kombinasi sinar-X terang juga kilatan sinar gamma yang dilihat dari langit, kemudian dipancarkan bersumber dari ekstragalaksi yang jauh.

Ledakan tersebut terdeteksi melalui teleskop Fermi and Swift yang didukung dengan teleskop Hight tereoscopis System (H.E.S.S) di Namibia.

Walaupun ledakan ini berlokasi satu miliar tahun cahaya dari Bumi, ledakan tersebut dianggap sebagai cosmic backyard yang berasal dari konstelasi Eridanus.

Ledakan ini merupakan radiasi paling kuat yang disertai pancaran sinar gamma terpanjang yang pernah ditemukan hingga sekarang, seperti yang dijelaskan oleh tim Jerman.

Ledakan Sinar Gamma D4a77

Semburan sinar gamma sebelumnya yang pernah tercatat rata-rata berjarak 20 miliar tahun cahaya. Ledakan terbesar yang kemudian diberi nama GRB 190829A ini pertama kali terdeteksi pada 29 Agustus 2019.

"Pengamatan dengan H.E.S.S. menantang ide yang sudah mapan tentang bagaimana sinar gamma diproduksi dalam ledakan bintang kolosal yang merupakan tangisan kelahiran lubang hitam," ujar tim tersebut dikutip dari iNews.com.

Dr Andrew Taylor imuwan dari German Electron Synchrotron (DESY), menjelaskan mereka berada 'di barisan depan' saat ledakan terbesar itu terjadi.

"Kita bisa mengamati sisa-sisa cahaya selama beberapa hari dan energi sinar gamma yang belum pernah terjadi sebelumnya," ujar ilmuwan DESY ini.

Jarak relatif pendek dari sumber semburan sinar gamma ini memungkinkan pengukuran terperinci pada spektrum sisa cahaya. Pengukuran ini akan melihat distribusi energi foton radiasi pada rentang energi yang sangat tinggi.

Edna Ruiz-Velasco, rekan penulis DESY dan seorang mahasiswa PhD dari Institut Max Planck jurusan Fisika Nuklir di Jerman, ikut terlibat pada penelitian ini.

Dia menyebutkan mereka bisa menentukan spektrumnya dapat mencapai 3,3 tera-elektronvolt atau satu triliun kali lebih bertenaga dari foton yang dimiliki cahaya tampak.

"Inilah yang sangat luar biasa tentang ledakan sinar gamma ini - itu terjadi di halaman belakang kosmik kita," terang Ruiz-Velasco.

Baca juga artikel seputar Luar Angkasa atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

BACA JUGA

8 Karakter Cowok yang Diperankan Aktris Cantik | Gak Nyangka, Nipu Banget!

PK XD MOD APK v0.29.2 Unlimited Money 2021, Ciptakan Dunia Impianmu!

5 Kembaran Artis yang Memilih Berkarier di Luar Dunia Hiburan

Nonton Tokyo Revengers (2021) | Balik ke Masa Lalu Demi Selamatkan Mantan Pacar!

10 Potret Saudara Artis Indonesia yang Gak Kalah Cakep | Cocok Jadi Artis Juga!

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Cari Teman Sekitar Terbaik 2020 Banner Ba87c
10 Aplikasi Cari Teman di Sekitar Kita Terbaik 2020, Bisa Dapat Jodoh?
Aplikasi Pencari Kerja 7a188
8 Aplikasi Pencari Kerja Terpercaya & Terbaik, Setiap Hari Ada Loker!
Aplikasi Edit Nama Ac2cf
7 Aplikasi Edit Nama Terbaik & Terbaru 2020 | Nama Makin Kece!
Aplikasi Al Quran Terbaik 277be
12 Aplikasi Al Quran Bahasa Indonesia Terbaik dan Terlengkap 2021
0 Vnxpzxovujy72qvg Custom 5a5dc
Cara Mudah Mengubah Bahasa di Aplikasi Google Classroom di HP & PC
Menerjemahkan Tulisan Lewat Kamera Banner 4ad20
Trik Cepat untuk Menerjemahkan Tulisan Bahasa Asing dengan Kamera, Gak Ribet!
Tags Terkait: fenomenaAlam
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal