Kota Babilonia Kuno Berumur 4.000 Tahun Ditemukan di Irak

Default

Babilonia merupakan salah satu kekaisaran kuno yang terkenal dalam sejarah. Kekaisaran kuno ini dahulu punya wilayah yang sangat luas, terletak di area Mesopotamia yang kini jadi wilayah negara Irak.

Peradaban kuno ini telah ada sejak sebelum masehi, ribuan tahun yang lalu. Namun sisa-sisa peradabannya masih bisa kita temukan hingga masa kini. Salah satunya adalah reruntuhan kota Babilonia Kuno yang ditemukan sekelompok arkeolog asal Rusia.

Mereka berhasil menemukan kota Babilonia Kuno berumur sekitar 4.000 tahun di Provinsi Dhi Qar di Irak selatan setelah melakukan penggalian sejak April 2021. Kota kuno tersebut terletak di wilayah Tell al-Duhaila.

Lokasi tersebut memang terkenal jadi rumah bagi lebih dari 1.200 situs arkeologi. Termasuk di dalamnya situs Ziggurat Agung Ur dari era Sumeria.

Kota Kuno Babilonia Di Irak D9ea4

Menurut Kepala Misi Penggalian Arekeologi Alexei Jankowski-Diakonoff, kota yang ditemukan terletak di tepi aliran air.

"Menurut spekulasi awal, kota itu bisa menjadi ibu kota negara yang didirikan setelah runtuhnya politik di akhir era Babilonia kuno (sekitar pertengahan abad kedua Sebelum Masehi), yang menyebabkan kehancuran sistematis kehidupan perkotaan peradaban Sumeria," tutur Jankowski-Diakonoff dilansir dari National Geographic Indonesia, Senin (26/7/2021).

Berdasarkan studi bangunan arsitektur tertua di kota itu, serta juga fitur desain dan blok-blok konstruksi besarnya, bangunan tersebut kemungkinan besar dibangun selama era Babilonia kuno.

"Ini terutama mencerminkan budaya perbudakan, periode Neolitik, dan zaman Tembaga awal," sambung dia.

Proses meneliti kota-kota Mesopotamia selatan pada akhir era Babilonia kuno, apalagi situs Tell al-Duhaila, bisa membuka banyak rahasia yang belum terungkap dalam sejarah peradaban tertua tersebut.

Salah satu penemuan penting di sana adalah adanya artefak yang menunjukkan perkembangan pertama di bidang pertanian menggunakan lumpur di Mesopotamia. Situs tersebut memiliki sisa-sisa material dari periode yang mendahului munculnya peradaban Sumeria.

Lebih lanjut, Jankowski-Diakonoff juga berharap bahwa ia dan timnya bisa menemukan dokumen-dokumen kuno Mesopotamia yang masih cukup utuh untuk dibaca.

Salah Satu Bangunan Kuno Yang Ditemukan Di Tall Duhaila Di Irak Selatan Fbe54

Kendala Pemerintah Irak

Direktur Kepurbakalan di Dhi Qar bernama Amer Abdel Razak mengatakan bahwa kota kuno tersebut terletak sekitar 70 kilometer barat daya dari kota Nasiriyah di selatan di cekungan Sulaibiya. Lokasi tersebut memang dikenal jadi rumah bagi banyak situs arkeologi yang belum digali.

"Itu dekat dengan kota Eridu, kota tertua dan terbesar di mana raja-raja dikatakan telah turun dari surga, menurut legenda Sumeria," terang Razak.

Sebelum ditemukan oleh tim arkeolog Rusia, sebenarnya situs tersebut telah ditemukan dan terdaftar di Departemen Purbakala Dhi Qar sebagai situs arkeologi yang sangat signifikan.

Namun pemerintah Irak tidak memberikan dana dan dukungan sehingga seringkali para arkeolog asing lah yang akhirnya berhasil melakukan penggalian.

Selain menemukan reruntuhan kota kuno, misi tersebut juga berhasil menemukan sebuah pelabuhan kuno.

Pelabuhan kuno tersebut jadi tempat kapal-kapal biasa berlabuh. Ada pula penemuan sisa-sisa tembok kuil dengan lebar sekitar 4 meter.

"Kami juga menemukan mata panah teroksidasi, sisa tungku tandoor, dan patung unta tanah liat yang berasal dari Zaman Besi awal," tutup Jankowski-Diakonoff.

BACA JUGA

5 Misteri yang Mungkin Tidak Akan Pernah Terpecahkan

Foto Ijazah 9 Pesohor Indonesia yang Curi Perhatian | Ada Salah Tanggal dan Bikin Pangling!

Tdomino Boxiangyx: Link Download & Cara Daftar Mitra Higgs Domino

Download Domino Topbos v1.72 Terbaru 2021, Dapat Koin Gratis!

Viral Kurir Paket Berparas Ganteng Bikin Kepincut, Netizen: Auto Dandan yang Cakep!

ARTIKEL TERKAIT
Pusat Peradaban Kuno 2d2da
5 Peradaban Maju di Zaman Kuno yang Runtuhnya Misterius | Lenyap Begitu Saja?
Penemuan Ribuan Struktur Bangunan Kuno Di Arab Saudi Berusia 7 000 Tahun 7ddd8
Penemuan Ribuan Struktur Bangunan Kuno di Arab Saudi, Berusia 7.000 Tahun!
6 Penampakan UFO Dari Zaman Kuno 44ebf
UFO Sudah Ada Dari Sebelum Masehi?? Ini 6 Penampakan UFO dari Zaman Kuno
Penemuan Sejumlah Mumi Mesir 5786b
Temuan Makam Mesir Kuno Berusia 3.500 Tahun | Milik Bangsawan Besar?
Pjimage 27 17b68
Memang Disengaja, Ini Penyebab Patung Kuno Selalu Kehilangan Hidung
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal