Bisa Meledak! Gini Cara Astronaut Kentut di Luar Angkasa | Gak Bisa Sembarangan

Default

Bagi para manusia yang masih tinggal di Bumi dengan diberi kenikmatan yakni bisa buang angin alias kentut tanpa rasa khawatir, bersyukurlah.

Pasalnya, kalau kamu kentut di luar angkasa, rupanya bisa menjadi penyebab dari ledakan yang hebat.

Bahkan persoalan buang air besar atau BAB juga bukan perkara mudah bagi para astronaut. Bahkan aktivitas 'normal' ini seakan jadi tantangan.

Buang angin, tentu saja, hal lumrah yang terjadi sebagai reaksi alami pada tubuh manusia dan itu merupakan hal baik.

Justru kalau kamu tidak mengalami ketut, pastinya akan menimbulkan rasa tak nyaman hingga rasa sakit di perut lantaran tidak mengeluarkan gas.

Untuk astronaut yang bertugas di luar angkasa pada jangka waktu yang cukup lama, aktivitas kentut yang awalnya normal menjadi tantangan tersendiri.

Kentut Mudah Terbakar

Kondisi di luar angkasa seperti yang kita ketahui merupakan ruang hampa udara. Hal tersebut mengakibatkan gas yang timbul dari kentut tidak langsung hilang seperti ketika kita di Bumi.

Kentut mengandung beragam jenis gas, mulai dari hidrogen hingga metana. Gas-gas tersebut bakal menetap di sana dan tak bergerak.

Sehingga gas yang tak bergerak itu dapat dengan mudah terbakar dan bisa menjadi penyebab kecelakaan yang fatal.

Astronaut yang aktivitas kesehariannya punya beragam kegiatan dalam Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang hanya punya aliran udara sedikit berpotensi jadi ledakan.

Makanya, apabila penanganan kentut di luar angkasa tak diantisipasi, pastinya bisa berakibat fatal, tak hanya pada astronaut tetapi juga wahana yang mereka tumpangi.

"Kentut terasa seperti nangkring. Tidak ada aliran udara sebanyak di Bumi. Anda harus mengalirkan udara untuk menghilangkannya," ujar astronaut Mike Massimo dikutip dari Mashable.

Makanya untuk mengatasi hal tersebut, astronaut telah dilatih sebelumnya.

Ketika penjelajah antariksa merasakan reaksi aneh pada perut mereka dan saat sudah dapat memperkirakan kentut akan datang, mereka perlu bergegas menuju ke toilet.

Massimino menjelaskan astronaut dapat melepaskan kentut itu di sana, sehingga ketut yang muncul tidak 'mengudara' dalam kabin wahana antariksa mereka.

Bayangkan kalau kamu tengah bertugas terus mencium bau semerbak ini di kabin.

Cara Astronaut BAB

Kalau begitu bagaimana cara astronaut BAB di luar angkasa? Jadi di tahun 2018, NASA sampai menghabiskan 23 juta dollar AS (Rp326,3 miliar) untuk toilet baru dan lebih baik.

Sehingga demi mengatasi masalah-masalah kamar mandi yang tanpa gravitasi di luar angkasa, toilet baru ini menjadi toilet vakum yang dirancang khusus.

Setidaknya terdapat dua bagian. Pertama, selang dengan corong di ujungnya untuk buang air kecil. Kedua, dudukan toilet kecil yang ditinggikan untuk buang air besar.

Kamar mandi ini penuh pegangan tangan juga pijakan. Saat buang air kecil, mereka bisa duduk atau berdiri kemudiang memegang corong juga selang dengan erat agar tidak ada yang merembes.

Untuk buang air besar, astronaut mengangkat tutup toilet kemudian duduk di kursi layaknya saat di Bumi. Bedanya, toilet tersebut mulai menyedot selepas tutupnya dibuka untuk mengendalikan baunya.

Demi memastikan kesesuaian dudukan toilet dengan pantat astronaut, dudukan toilet di luar angkasa dibuat lebih kecil apabila dibandingkan dengan di rumah-rumah.

Baca juga artikel seputar Luar Angkasa atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

Fasih Berbahasa Indonesia, 6 Artis Asing Ini Kerap Dikira WNI!

Apa Itu Root Beserta Kelebihan & Kekurangannya Untuk Android Kamu

Jarang Muncul, Penampilan Anak Ariel NOAH di Lebaran Curi Perhatian

25+ Film Komedi Terbaik & Terbaru 2021 | Lucu & Menghibur!

Miris, Keturunan Asli RA Kartini Ternyata Hidup Jadi Tukang Ojek!

ARTIKEL TERKAIT
Header 19 06ed7
10 Teknologi Canggih Misterius yang Sudah Ada Sejak Zaman Purba. Ada UFO?
Hewan Zaman Purba 1256e
5 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia | Bikin Takjub Dunia!
Penemuan Fosil Cumi Cumi Purba 9f18e
Fosil Cumi-cumi Vampir Ditemukan di Hongaria | Predator Purba Buas?
246fed6d0cf2959a4012903dd00928ef
Mata Kamu Minus? Tanaman Ajaib Ini Bisa Tajamkan Penglihatan Dengan Cepat!
Dino
5 Game Android Bertema Dinosaurus Ini Bikin Kangen Makhluk Prasejarah
Tags Terkait: astronautSains
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal