Peneliti Sebut Ada Kemungkinan Alien Sudah Mengamati Bumi Sejak Ribuan Tahun Lalu

Luasnya alam semesta ini dengan segala kemungkinannya, apa pun bisa terjadi. Termasuk dengan keberadaan alien, bahkan para ilmuwan menyebut hampir tidak mungkin jika Bumi sendiri yang mempunyai makhluk hidup.

Ketika manusia di Bumi tengah mencari kehidupan lain di antariksa yang membentang luas, ada kemungkinan juga kalau alien di luar sana juga ikut mengawasi kehidupan di Bumi.

Pada sebuah penelitian ilmiah terbaru yang diterbitkan lewat Jurnal Nature Astronomy, para astronom telah mengidentifikasi 1.715 sistem bintang yang bisa saja sudah menemukan keberadaan Bumi dalam 5.000 tahun terakhir.

Mengutip dari The Guardian dari ribuan sistem bintang tersebut, 46 sistem bintang di antaranya punya posisi yang cukup dekat dengan planet kita.

Sehingga membuat planet yang berada di dalamnya bisa saja sudah menerima sinyal radio serta televisi yang disiarkan dari Bumi sejak 100 tahun yang lalu.

Para peneliti menyebut setidaknya ada 29 planet yang memiliki potensi dihuni oleh alien yang mempunyai kemampuan untuk mengamati dan menerima sinyal dari Bumi. Menarik atau menakutkan nih?

Cara Peneliti Mencari Keberadaan Alien

Keberadaan Alien 28669

Para astronom selama ini dalam menemukan sebuah exoplanet (planet yang memiliki potensi untuk dihuni manusia) dengan mengamati 'transit' atau proses saat exoplanet melewati bintangnya.

Sehingga bintang itu akan terlihat berkedip ketika diamati dari Bumi. Maka untuk mendapati ribuan sistem bintang tersebut, peneliti dari Cornell University dan American Museum of Natural History mencoba membalik konsep tersebut.

Mereka membuat sebuah Earth Transit Zone (ETZ) dengan membayangkan Bumi menjadi exoplanet yang melewati Matahari dan dapat dilihat berkedip oleh alien di planet mereka.

Lisa Kaltenegger, dosen astronomi dari Cornell University, mengatakan tim peneliti berhasil menemukan ribuan sistem bintang ini menggunakan data yang dikumpulkan oleh wahana antariksa Gaia milik European Space Agency.

Melalui cara ini mereka dapat mengidentifikasi sekitar 2.034 sistem bintang yang berjarak 326 tahun cahaya dan kemungkinan bisa mengamati transitnya Bumi ketika berada di depan matahari dalam kurun waktu sejak 5.000 tahun yang lalu sampai 5.000 tahun di masa depan.

Salah satunya ialah bintang Ross 128 di konstelasi Virgo yang berjarak 11 tahun cahaya. Bintang tersebut cukup dekat untuk menerima sinyal dari Bumi bahkan mempunyai planet dengan ukuran dua kali lebih besar dari Bumi.

Kalau di planet tersebut mempunyai kehidupan dengan teknologi canggih, mereka kemungkinan sudah mengamati transit Bumi selama lebih dari 2.000 tahun.

Apakah Kehidupan Alien Sudah Ditemukan?

Kehidupan Alien 14ec9

Perlu digarisbawahi kalau penemuan tadi bukan berarti ilmuwan sudah mendapati kehidupan alien yang telah lama mengawasi Bumi.

Laporan tersebut cuma memberikan simulasi, jika ada kehidupan di planet-planet lain. Kemudian mereka memiliki teknologi canggih seperti yang dimiliki manusia Bumi, ada kemungkinan kalau mereka menemukan kita duluan.

Nah, kalau manusia justru masih terus melanjutkan proyek eksplorasi demi mencari kehidupan lain di luar angkasa.

Salah satunya dengan proyek teleskop luar angkasa James Webb yang bakal diluncurkan akhir tahun ini demi mencari tanda kehidupan di exoplanet melalui analisa atmosfernya.

Baca juga artikel seputar Luar Angkasa atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.