Inilah Nama dan Sejarah Penemuan Kamera Pertama di Bumi, Baik Manual & Digital

Default

Ada sejarah menarik tetang penemuan kamera pertama di bumi. Penemuan alat perekam gambar ini memang begitu spektakuler hingga mampu mengubah dunia di masa modern seperti sekarang ini.

Di samping itu, penemuan kamera pertama baik kamera manual ataupun kamera digital di bumi memang butuh perjuangan dan tekad besar untuk mewujudkannya. Alhasil, bermula dari penemuan kamera, kini banyak industri pembuatan kamera, baik kamera itu sendiri atau gadget lain dengan aplikasi kamera. Keren banget!

Sejarah dan sosok penemu kamera memang sangat menarik buat kita bahas, nih. Makanya, kali ini Jaka bersemangat banget buat kasih tahu kamu tentang sejarah dan profil penemu kamera pertama di bumi, geng.

Selain bisa menambah wawasan di bidang teknologi kamera, kisah para penemu kamera pertama di dunia ini bisa jadi inspirasi buat para penemu generasi masa kini.

Yuk, pelajari penjelasan lengkapnya dengan menyimak artikel tentang sejarah kamera ini sampai tuntas!

Sejarah Penemuan Kamera Pertama di Bumi

Penemu Kamera Pertama Di Dunia Ce958

Jauh sebelum ilmuwan barat menemuka kamera, berbagai penemuan sains berhasil terungkap oleh ilmuwan muslim bernama Ibnu Haitsam atau Abu Ali Muhammad al-Hasan bin al-Haitsam. Namun, Ibnu Haitsam lebih dikenal dengan nama Alhazen di dunia barat yang menginspirasi penemuan lensa dan film kepada para ilmuwan barat.

Baru lebih dari 500 tahun setelahnya, kamera pertama kali berhasil ditemukan oleh Angelo Sala tahun 1614. Pria berkebangsaan Perancis ini berhasil menemukan tinta hitam akibat cahaya matahari yang membakar perak nitrat terbungkus kertas. Sayangnya, hasil temuannya tidak dapat respon positif dari para ilmuan lainnya, geng.

Penelitian teknologi kamera berlanjut. Setelah itu, giliran Johann Heinrich Schulze yang merupakan sosok profesor Jerman tanpa sengaja menggunakan botol berisi kapur dan perak nitrat di dekat jendela tahun 1717.

Alhasil, campuran itu mampu mengubah botol menjadi gelap dengan sebagian sisi berwarna putih yang membentuk pola garis, geng.

Tidak berhenti sampai di situ, seorang penemu eksperimen fotografi bernama Carl Wilhelm Scheele berhasil menemukan ammonia larut dalam perak nitrat yang tidak termasuk partikel gelap. Penemuan ini sangat berguna untuk menstabilkan gambar tertentu pada perak nitrat, nih.

Sementara itu, hasil jepretan kamera berhasil atas jasa Thomas Wedgwood pada tahun 1800. Sayang banget kamera obskura temuannya belum sempat disempurnakan lagi karena Thomas Wedgwood wafat.

Penyempurnaan kamera pertama pun berlanjut dengan penemuan kamera kecil yang mampu menghasilkan foto dengan media kertas yang terbungkus nitrat perak, geng. Penemuan ini adalah karya Nicephore Niepce berkebangsaan Perancis tahun 1816.

Akhirnya, Louis Daguerre ilmuan Perancis berhasil melakukan pemotretan kamera pertama dengan daguerreotype temuannya dan menghasilkan gambar orang di dalam foto tahun 1838. Saat itu, kamera pertama dianggap sudah cukup sempurna di bumi. Keren!

Penemuan Kamera Digital Pertama di Dunia

Penemu Kamera Digital Pertama Di Dunia D9c58

Barangkali kamu juga penasaran tentang sosok penemu kamera digital pertama di dunia, nih. Sebagai masyarakat tahun millenial, kamera digital lebih menjadi sosotan dibandingkan kamera generasi old di bumi.

Sosok penemu kamera digital mandiri alias portable itu adalah Steven J. Sasson. Dialah pria penemu kamera berkebangsaan Amerika yang lahir pada 4 Juli 1950, geng. Sasson merupakan lulusan Sarjana dan Master bidang kelistrikan dari Rensselaer Polytechnic Institute.

Sebelumnya, Sasson juga pernah sekolah di Brooklyn Technical High School. Tidak lama setelah lulus dari pendidikan kelistrikan, penemu asal Amerika Serikat itu bekerja untuk Eastman Kodak.

Selama berkarir, Sasson mampu menemukan kamera genggam pertama dengan resolusi 100 x 100 (0,01 megapiksel) dan berat 3,6 kg (8 pon) tahun 1975. Ditambah lagi, proses perekaman kaset hanya butuh waktu 23 detik saja. Kamera pertama ini juga berhasil mengambil gambar hitam putih.

Hingga saat ini hak paten Steven J. Sasson berupa pengaturan charge-couple device (CCD) tentang proses penyimpanan di memori kamera digital masih digunakan. Keren banget, geng!

Di samping itu, kamera temuannya juga mendapatkan apresasi dari Presiden Barrack Obama pada tahun 2009. Sasson mendapatkan Medali Teknologi dan Inovasi Nasional Amerika Serikat di Gedung Putih. Mantap!

Daftar Foto Kamera Pertama di Bumi

Bukti adalah obat yang bisa mengobati rasa penasaran seseorang. Makanya, Jaka juga bakal kasih tahu beberapa foto kamera pertama di dunia yang bisa kamu pelajari, geng.

Kamu pun bisa melihat perkembangan bentuk dan spesifikasi kemampuan kamera lebih menyeluruh, nih. Pastinya, rasa penasaran kamu untuk tahu seperti apa kamera pertama di dunia bisa terobati.

Yuk, simak seperti apa kamera zaman old berikut ini, geng!

1. Kamera Obscura

Kamera Pertama Di Bumi Obscura 0aeda

Inilah kamera pertama yang ditemukan oleh ilmuwan muslim legendaris, Ibnu Haitsam. Hasil temuannya ini mampu menginspirasi Thomas Wedgwood untuk mengembangkan kamera Obcura (kamar gelap).

Uniknya, Ibnu Haitsam pertama kali menemukannya sekitar tahun 1000 masehi. Barulah pada tahun 1800, kamera ini berhasil digunakan.

2. Kamera Daguerreotypes dan Calotypes

Sejarah Kamera Pertama Di Dunia 89deb

Salah satu kamera pendahulu di bumi ini merupakan karya dari Nicephore Niepce asal Perancis. Atas hasil temuannya ini, Pemerintah Perancis waktu itu memberikan apresiasi kepadanya. Keren!

3. Kamera Dry Plates (Pelat Kering)

Kamera Pelat Kering Pertama Di Bumi Abac5

Kamera pelat kering adalah karya dari seorang ilmuan bernama Desire van Monckoven pada tahun 1857. Seiring waktu, kamera ini berhasil berkembang menjadi kamera pelat basah yang punya kecepatan dan kualitas lebih baik yang dikembangkan oleh Richard Leach Maddox.

4. Kamera Film (Kamera Kodak)

Kamera Kodak Film Pertama 8e1f8

Buat kamu yang sudah lahir antara tahun 1980-2000-an pasti kenal dengan kamera kodak ini. Kamera Kodak menggunakan film dan cahaya yang dihasilkan dari baterai kering, geng.

Sementara itu, film kamera bakal merekam gambarmu ketika berpose. Nantinya, kamu harus menggunakan kamar gelap untuk mencetak gambarnya. Di samping itu, film kamera juga tidak boleh terkena paparan sinar matahari yang berakibat kerusakan permukaan pada film.

5. Kamera Digital Pertama Steven J.Sasson

Penemu Kamera Digital Pertama Steven J Sasson 42bce

Mungkin kamu pernah merasakan kecanggihan kamera DSLR dengan lensa dan fokus gambar begitu tajam. Kamera digital canggih ini adalah karya dari Steven J.Sasson asal Amerika Serikat, geng.

Makanya, berkat jasa Steven J.Sasson, Pemerintah Amerika Serikat sudah mengundangnya ke Gedung Putih untuk mendapatkan penghargaan langsung dari Presiden Barrack Obama tahun 2009 lalu.

Akhir Kata

Ngomogin sejarah penemuan kamera pertama memang tidak hanya menambah wawasan, nih. Lebih dari itu, kita jadi lebih menghargai karya-karya orang lain, geng.

Makanya, menghargai hak kekayaan intelektual (HKI) patut ditumbuh suburkan di Indonesia. Tujuannya, biar para ilmuwan dalam negeri bisa menikmati hasil karyanya seperti para penemu kamera tersebut.

Baca juga artikel Kamera lainnya dari Nabila Ghaida Zia

ARTIKEL TERKAIT
20130815114106_2066
4 Tips Mengedit Menggunakan Camera360
Banner 360
6 Hal Keren yang Nggak Bisa Kamu Lakukan di Camera 360 Versi Lama
20130719141446_2001
5 Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Kamera Digital
7783b65bd1f529ad41a7910ff489ad17
Kamera Digital Vs Kamera Smartphone; Mana yang Lebih Baik?
Banner C94dd
Lebih Baik Beli HP Flagship atau Kamera Digital Profesional? Ini Jawabannya!
Kamera Dslr Atau Mirrorless
Tips Memilih Kamera Digital, Kamera DSLR Atau Mirrorless?
2212294583
Mulai 600 Ribuan! Ini 5 Kamera Tahan Air Murah dengan Desain Unik
Harga Hp Oppo Kamera 4 Fcc55
10 Harga HP Oppo Kamera 4 Terbaru 2021 | Kamera HP Terbaik di Dunia
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal