Ilmuwan Ungkap Kaki Seribu Sebagai Makhluk Darat Pertama di Bumi, Apa Buktinya?

Bumi sebagai tempat tinggal kita, memang masih menyimpan begitu banyak misteri yang belum terungkap.

Salah satu misteri yang cukup menarik untuk dibahas adalah soal hewan pertama yang pernah hidup di daratan ini.

Terkait misteri ini, menariknya, banyak sekali ilmuwan yang meyakini bahwa hewan kaki seribu adalah hewan yang paling awal hidup di daratan ini.

Bagaimana bisa? Ya, itu dapat dibuktikan setelah adanya penemuan fosil hewan kaki seribu yang ditemukan di Skotlandia.

Lewat fosil tersebut, diketahui bahwa hewan ini telah hidup sekitar sejak 425 juta tahun yang lalu.

Hewan darat (terestrial) ini diyakini sebagai serangga perintis bagi makhluk-makhluk darat di seluruh bumi.

Fosil yang mirip dengan hewan kaki seribu kuno (kampecaris obanensis) itu pertama kali ditemukan pada tahun 1899 di Pulau Karrera, Skotlandia.

Michael Brookfield, peneliti dari University of Texas dan University of Massachussets di Boston, mengungkapkan bahwa hewan tersebut telah hidup sejak 425 juta tahun yang lalu.

Jika perhitungan tersebut benar, maka makhluk berkaki banyak ini menjadi hewan darat pertama yang pernah hidup di Bumi.

Millipede 5394187 1280 60ee6

Hal itu semakin diyakini setelah adanya bukti bahwa laba-laba, serangga, dan pohon-pohon tinggi ternyata dapat tumbuh subur di komunitas hutan purba.

"Sepertinya ini merupakan evolusi yang cepat dari lembah pegunugan, kemudian turun ke dataran rendah, dan kemudian ke seluruh dunia," kata Michael Brookfield, dilansir dari National Geographic Indonesia, Senin (26/07/2021).

Meski begitu, belum bisa dipastikan apakah hewan ini benar-benar sebagai makhluk pertama yang hidup di darat.

Pasalnya, masih ada kemungkinan adanya serangga lain yang lebih tua, hanya saja belum ditemukan.

Lebih lanjut, para peneliti kemudian mencapai satu kesimpulan, yang mana membuktikan bahwa fosil kaki seribu mungkin merupakan penemuan tertua dari catatan fosil darat lainnya.

Dengan begitu, keberadaan kaki seribu kuno kemungkinan dapat menunjukkan bagaimana kehidupan di darat bisa bermula.

Menurut laporan terbaru yang menggunakan penanggalan jam molekuler, berdasarkan tingkat mutasi DNA-nya, Kampecaris diperkirakan berusia lebih muda 75 juta tahun dari yang diyakini sebelumnya.

Ditemukan pula berbagai fosil tanaman bertangkai di Skotlandia, yang usianya juga sama dengan Kampecaris.

Salah satu tantangan yang cukup besar dalam mengungkap misteri ini adalah sulitnya mengekstraksi zikron (mineral mikroskopis pada fosil).

Proses tersebut sangat mengandalkan penglihatan yang sempurna dan tangan yang stabil.

Sedikit saja terjadi kesalahan, maka zikron dapat terhapus secara tidak sengaja dan membuat proses ekstraksi menjadi gagal.

Ahli geologi sekaligus ilmuwan yang meneliti hal ini, Stephanie Suarez, sebenarnya telah menguasai teknik untuk memisahkan butiran zikron dari sedimen sejak masih menjadi mahasiswa.

Lewat kontribusinya dalam penelitian kaki seribu kuno ini, Suarez sukses dianugerahi gelar Oldest Bug To Walk The Earth.

"Pekerjaan seperti ini memberikan tantangan yang besar bagi saya. Ini adalah pekerjaan yang rumit," kata Suarez.