Ilmuwan Israel Sukses Perpanjang Usia Tikus | Bisa Perpanjang Usia Manusia Juga?

Salah satu tim ilmuwan Israel mengklaim telah berhasil memperpanjang usia tikus sampai 23% dan mengharapkan suatu saat nanti, metode ini dapat diterapkan kepada manusia.

Jika memang aman, maka usia harapan hidup manusia dapat diperpanjang sampai rata-rata 120 tahun.

Perpanjangan usia ini dilakukan dengan meningkatkan pasok protesin SIRT6 pada tikus (yang biasanya berkurang seiring dengan bertambahnya usia).

Di dalam jurnal ilmiah Nature Communications, para ilmuwan mengungkapkan bahwa selain umur yang semakin panjang, tikus-tikus itu juga lebih awet muda dan semakin sulit untuk terkena kanker.

"Perubahan usia harapan hidup ini signifikan...di dalam konteks manusia, maka usia harapan hidup kita bisa diperpanjang rata-rata hingga hampir 120 tahun," jelas Profesor Haim Cohen dari Universitas Bar-Ilan, Tel Aviv kepada The Times of Israel.

"Perubahan yang kami saksikan pada tikus itu mungkin dapat diterapkan pada manusia. Jika memang demikian keadaannya, itu sungguh sangat menggembirakan," katanya.

Cohen dan timnya saat ini tengah berusaha untuk mengidentifikasi suatu obat dengan tujuan meningkatkan ketersediaan protein SIRT6 secara aman pada manusia.

Para ilmuwan mengatakan bahwa tingkat SIRT6 menurun seiring dengan bertambahnya umur.

Sehingga banyak yang melakukan uji hipotesis bahwa mendorong produksi protein ini mungkin akan sangat bermanfaat untuk menambah usia hidup.

Pada tahun 2012 silam, Cohen menjadi peneliti pertama yang berhasil menambah tingkat SIRT pada binatang dan memperpanjang usia harapan hidup.

Proses ini mampu menambah panjang umur tikus-tikus jantan sampai 15%. Namun, eksperimen kala itu memperlihatkan tidak adanya pengaruh bagi tikus-tikus betina.

Penelitian terbaru melibatkan sejumlah ilmuwan internasional termasuk Profesor Rafael de Cabo dari Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa naiknya usia harapan hidup ternyata terjadi baik pada tikus jantan maupun betina.

Jika dibandingkan dengan tikus-tikus yang tidak ditambah SIRT6-nya, maka umur tikus-tikus jantan bisa meningkat sampai 30%, sedangkan bagi tikus betina, bisa meningkat sampai 15%.

Penambahan level SIRT6 juga mengurangi kadar kolesterol yang dimiliki tikus-tikus ini, sehingga lebih kecil kemungkinannya untuk terkena kanker dan bahkan mampu berlari lebih cepat.

Sejumlah variabel ini membuat para ilmuwan menyatakan bahwa peningkatan pasok SIRT6 juga membuat makhluk hidup lebih awet muda.

Awet Muda Da8f2

Sumber foto: Pixabay

"Penemuan ini menunjukkan bahwa SIRT6 menentukan tingkat penuaan secara sehat. Terlihat pula, menambah SIRT6 berpotensi melambatkan proses penuaan," tutur Cohen.

Ia kemudian menambahkan bahwa untuk saat ini belum tersedia peranti yang bisa mengimplementasikan penemuan ini untuk diterapkan secara aman pada umat manusia.

Pada tikus, meningkatkan SIRT6 dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan melakukan modifikasi genetika. Sedangkan pada manusia, proses demikian membutuhkan obat-obatan tertentu.

Ia dan timnya sedang berusaha untuk mengembangkannya di laboratorium dan optimis bahwa proses tersebut mungkin akan selesai di dalam 2 atau 3 tahun ke depan.

"Kami tengah mengembangkan molekul-molekul kecil yang mungkin bisa memperbanyak tingkat SIRT6 atau mendorong jumlah protein ini menjadi lebih aktif...ini mungkin bisa dipakai untuk memperlambat proses penuaan pada manusia," pungkas Cohen.

Baca juga artikel IPTEK atau artikel menarik lainnya dari Brenda Prima.