Penemuan Hiu Telanjang Tanpa Kulit dan Gigi, Wujudnya Ngeri!

Default

Biasanya hiu memiliki kulit dan gigi yang sangat tajam. Hewan air ini cukup ditakuti karena bisa saja menyerang manusia dan pada beberapa kasus terjadi yang menyebabkan luka hingga kematian.

Hiu ternyata ada yang tidak memiliki gigi maupun kulit. Seperti apa ya geng? Kabarnya, hiu jenis ini ditemukan di Atlantik timur, dari Norwegia ke Senegal di rak kontinental luar dan lereng atas.

Meskipun tidak memiliki gigi, hewan laut tersebut memakan invertebrata, cumi, ikan bertulang kecil, dan hewan kecil lainnya. Seperti apa sih tampang dari hiu unik yang ditemukan pertama kali oleh ilmuwan ini? Simak yuk penjelasannya.

1. Tanpa Gigi dan Kulit

Hiu tanpa gigi dan kulit ini dinamakan Galeus melastomus, yang juga dikenal sebagai blackmouth catshark, dikutip Forbes. Ketiadaan gigi tidak membuat hiu ini punah dan kesulitan mencari mangsa.

Mulas 9357c
Sumber foto: Mulas

Berdasarkan penelitian, Galeus melastomus mengonsumsi beberapa hewan yang ukuran tubuhnya lebih kecil.

2. Ditangkap di Perairan Mediterania

Hiu tanpa kulit itu ditangkap dengan pukat di perairan Mediterania barat tengah pada Juli 2019 di kedalaman sekitar 1.640 kaki (500 meter) di lepas Tanjung Carbonara di Sardinia Selatan.

File 20191003 52796 1763ajl Custom 01148
Sumber foto: The Conversation

Hiu ini ditangkap di perikanan, tetapi konon kurang memiliki nilai komersial, bahkan tidak ada sama sekali. Temuan hewan ini cukup mengejutkan dunia sains pada Juli 2019, satu individu menonjol dan menjadi megabintang ilmiah.

"Reaksi pertama adalah kejutan besar, kata penulis utama Antonello Mulas.

Mereka lazim di timur laut Samudra Atlantik dan Laut Mediterania, di mana mereka cenderung berenang di kedalaman 650 hingga 1.600 kaki (200 hingga 500 meter).

3. Ukuran Ikan Hiu

Hiu dewasa dari jenis ini yang berenang bebas, memiliki panjang total (TL) 302 milimeter dan berat total massa (TM) 82,7 gram.

Dalam beberapa foto dokumentasi yang dibagikan oleh Livescience, Galeus melastomus dapat tumbuh hingga panjang maksimum 2,3 kaki (70 centimeter) atau kira-kira seukuran tongkat bisbol anak-anak.

ANTONELLO MULAS 2 Custom 29a9d
Sumber foto: ANTONELLO MULAS

Penyelidikan tim mengungkapkan bahwa hiu betina muda berukuran panjang 1 kaki (30 cm), yang menunjukkan pertumbuhan normal untuk usianya. Selain jelas kehilangan epidermisnya (lapisan kulit terluar), hiu juga kehilangan dentikel dermalnya, struktur kecil seperti taring yang melapisi kulit semua hiu dan pari, berdasarkan analisis mikroskopis.

Sisik yang keras dan runcing ini tidak hanya memberikan perlindungan fisik bagi hiu, tetapi juga membuat mereka perenang yang lebih cepat dan gesit, kata Mulas.

4. Apa yang Hiu Ini Makan?

Dengan tidak adanya dentikel dermal, 'catshark' yang telanjang ini kemungkinan merupakan perenang yang lebih lemah daripada rekan-rekannya.

Akan tetapi itu tampaknya tidak menghentikannya untuk berhasil memangsa hewan lainnya, walau tidak memiliki gigi.

Mulas 3 Custom 6e32a
Sumber foto: Mulas

Di usus hiu, para peneliti menemukan 14 makanan, termasuk prasmanan cumi kecil, krustasea, dan ikan bertulang. Karena hiu blackmouth biasanya menelan mangsanya secara utuh.

5. Alami Mutasi Genetik

Penampilan hiu yang tidak terlihat biasa atau tidak normal ini hampir pasti merupakan hasil dari mutasi genetik, menurut kesimpulan para peneliti. Mutasi ini mungkin benar-benar alami, atau bisa juga dipengaruhi oleh paparan polusi kimia di dalam air, kata Mulas.

Wikipedia Custom Fb202
Sumber foto: Wikipedia

Untuk mendapatkan ide yang lebih baik, para peneliti akan kembali ke lokasi penangkapan hiu telanjang ini dan mengambil sampel sedimen di dasar laut. Analisis ini harus mengungkapkan jika ada sesuatu yang berpotensi berbahaya di lingkungan hiu, dan dapat menunjukkan jalan menuju makhluk laut lain yang sama anehnya, kata Mulas.

"Mungkin kita akan menemukan hiu berkepala dua, atau ikan 'Simpsons' Blinky [bermata tiga]," katanya penuh harap.

Baca juga artikel seputar Sains, atau artikel menarik lainnya dari Ahmad Luthfi.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal