5 Hewan Umurnya Paling Singkat | Ada yang Cuma Sehari Habis Ena-ena!

Default

Faktanya ada sejumlah hewan yang mampu bertahan hidup dalam usia yang sangat terbatas. Bahkan, usia maksimal yang diketahui itu juga tak bisa jadi patokan.

Hewan-hewan ini juga dapat mati lebih cepat di bawah perkiraan usia tersebut atau lebih singkat. Jadi tidak bisa diduga kapan ajal mereka menjemput.

Bahkan terdapat hewan yang usianya cuma 24 jam saja. Meski begitu, selama sela-sela kehidupannya hewan ini bisa sempat bertelur yang membuat regenerasinya bisa berlanjut.

Mengutip dari laman themysteriousworld.com, berikut ini adalah lima hewan dengan usia terpendek di dunia:

1. Mayflies

Hewan Paling Lama Hidup 16f0a

Mayflies merupakan sejenis serangga air yang dapat memiliki waktu hidup cuma 24 jam saja! Lantaran usianya yang tidak melewati 24 jam, Mayflies dinobatkan menjadi hewan dengan usia terpendek di Bumi.

Hewan yang memiliki fisik serupa capung ini cuma menghabiskan hidupnya sebagai nimfa. Walau cuma hidup sebentar, Mayflies masih dapat berkembang biak.

Bahkann Mayflies betina dapat bertelur hingga 400-3.000 butir, di sela-sela waktu hidupnya yang pendek. Telur ini dapat menetas dalam kurun beberapa hari saja.

2. Gastrotricha

Lalat Capung 6e215

Gastrotricha merupakan kelompok hewan mikroskopis berukuran (0,06-3,0 mm) layaknya cacing. Hewan ini bisa ditemukan dalam air tawar bahkan lingkungan laut.

Gastrotrichs mempunyai fisiologi atau struktur tubuh yang transparan juga suka berenang mengikuti arus. Hewan satu ini hanya dapat bertahan hidup selama tiga hari saja.

Reproduksi gastrotrich dan perilaku reproduksinya telah sedikit dipelajari. Makrodasiyds mungkin yang paling mewakili garis leluhur primitif dari gastrotrichs yang lebih primitif.

Hewan ini dikenal sebagai hermafrodit simultan, memiliki organ reproduksi pria dan wanita sehingga mereka dapat bereproduksi sendiri.

3. Drone Ants

Umur Capung 81c17

Drone Ants adalah sebutan untuk koloni semut jantan yang cuma memiliki siklus hidup 3 minggu saja. Sifat semut ini sangatlah pemalas dan tak pernah sukses mengerjakan setiap hal.

Untuk betina kerap membangun koloninya sendiri. Hal yang jadi menarik adalah semut jantan mati secara cepat selepas kawin dengan betina.

Walau usianya sangat pendek, mereka cukup banyak berperan dalam membantu semut betina berkembang biak. Setidaknya memiliki fungsi dalam hidupnya bukan?

4. Capung

Usia Makhluk Hidup 10e19

Setidaknya ada sekitar 5.000 spesies capung di muka Bumi. Hewan ini mempunyai durasi hidup yang ternyata cukup terbatas yakni tak lebih dari empat bulan.

Akan tetapi kebanyakan capung di muka bumi hidup di bawah durasi ini lantaran biasa dimangsa oleh laba-laba, burung, kadal, katak dan predator lainnya.

Selain itu, angin kuat disertai kondisi iklim ekstrem lainnya dapat menghentikan mereka selama proses berkembang biak. Pasalnya, angin bisa menghancurkan larva mereka.

5. Tikus

Usia Nyamuk 19e0c

Rata-rata umur tikus hanyalah satu tahun. Namun, predator seperti kucing dan juga obat racun tikus bisa mengakhiri hidup mereka kapan saja.

Apalagi ternyata tikus rumah rentan terhadap beragam masalah kesehatan dalam pertumbuhan mereka. Kondisi tubuh tikus ini juga bisa dapat tumbuh besar dengan cepat, tanpa dasar umur.

Namun hal ini semua didasarkan dari jumlah makanan yang mereka konsumsi. Pastinya kamu tahu, tikus-tikus got yang hitam dan besar. Mereka bisa mendapatkan nutrisi yang banyak dari sekitarnya.

Akhir Kata

Itu tadi deretan hewan yang umurnya paling singkat. Apakah ada hewan lainnya yang perlu ditambahkan ke dalam daftar ini?

Simak juga daftar hewan yang dulunya dianggap tidak ada oleh para ilmuwan bahkan dinilai sebagai mitos di artikel berikut:

Makhluk Mitologi Islam 18d90
5 Hewan Yang Awalnya Tidak Dipercaya Ada | Ada Yang Asli Indonesia!
Hewan yang awalnya tidak dipercaya ada oleh ilmuwan berikut ini membuktikan bahwa masih ada tempat di bumi yang menyimpan makhluk eksotis dan unik.
LIHAT ARTIKEL

Berikan komentar dan bagikan artikel ini ke teman-temanmu yang lainnya. Nantikan info dan kabar menarik lainnya di JalanTikus.com.

Baca juga artikel seputar Hewan atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

6 Aktris Indonesia yang Punya Perut Six Packs | Bikin Para Cowok Iri!

4 Cara Melihat Kata Sandi FB Sendiri & Orang Lain Terbaru 2021, 100% Works!

300+ Caption Instagram Keren & Kekinian 2021 | Auto Banyak Likes!

Download Capcut Pro MOD APK v3.1.0 Terbaru 2021 | No Watermark & Premium Unlocked!

Kumpulan Foto Desain Kompleks Perumahan di Mars | Futuristik Banget?

ARTIKEL TERKAIT
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Pandemi Covid19 2021 Bisa Lebih Buruk Dari 2020 41167
WHO: Pandemi COVID-19 di 2021 Bisa Lebih Buruk dari 2020
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Lukisan345 3850a
Lukisan Goa Tertua di Dunia Ditemukan di Indonesia, Begini Penampakannya!
Tags Terkait: Sains
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal