J

• Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name

7 Hewan Mengagumkan yang Sempat Gak Dipercayai Ilmuwan, Ada yang dari Indonesia!

Jumat, 14 Mei 2021, 09:30 WIB
Memiliki ciri-ciri dan bentuk yang unik, ilmuwan sempat gak percaya dengan penemuan hewan-hewan menakjubkan berikut ini

Di dunia ini terdapat lebih dari 8,7 juta spesies makhluk hidup. Para ilmuwan percaya bahwa 1 - 2 juta spesies di antaranya adalah hewan.

Meskipun begitu, gak semua spesies hewan sudah teridentifikasi. Katanya sih, dibutuhkan waktu hingga 1000 tahun untuk mengidentifikasi semua spesies.

Meskipun mendalami ilmu pengetahuan secara profesional, nyatanya ilmuwan juga bisa salah. Contohnya saja dalam mengidentifikasi spesies hewan baru.

Dalam artikel ini, Jaka bakal mengulas mengenai beberapa hewan mengagumkan yang sempat gak dipercayai ilmuwan karena cirinya yang unik dan dianggap sebagai mitos. Check it out!

1. Gorilla

Sampai penemuan mereka pada pertengahan abad ke-19, gorila hanya ada sebagai mitos. Gorila dianggap sebagai hibrida manusia-kera yang terkenal karena kebrutalannya.

Hal ini mungkin kedengeran gila sekarang, namun laporan penjelajah pertama tentang gorila menceritakan kisah tentang kera besar yang bergabung dengan suku pedalaman dan memukuli gajah dengan batang kayu.

Para ilmuwan pada saat itu menolak dongeng-dongeng tinggi ini. Namun semua berubah ketika tengkorak gorila ditemukan pada tahun 1846.

Berkat karya ahli biologi seperti Dian Fossey, kita sekarang tahu bahwa gorila bukanlah monster yang penuh kebencian seperti yang dijelaskan mitos, tetapi pada kenyataannya lembut dan penuh rasa ingin tahu.

2. Platipus

Platipus adalah mamalia paling aneh yang pernah ada. Hewan ini menyusui tapi juga bertelur, selain itu mereka memiliki paruh seperti bebek, ekor berang-berang, dan juga duri beracun yang menempel di kaki yang berselaput.

Ilmuwan pertama kali melihat makhluk ini pada akhir abad ke-18 saat kulitnya dikirim kembali ke Inggris dari Australia. Namun, mereka gak percaya dan menganggap bahwa platipus adalah makhluk rekaan saja.

Sekitar tahun 1860, ilmuwan George Bennett melihat platipus hidup di alam liar. Dia mempelajarinya dengan sangat rinci, dan komunitas ilmiah akhirnya menyadari bahwa spesies hewan baru telah ada.

3. Komodo

Ketika zaman penjajahan dahulu, orang Belanda mendengar cerita tentang sebuah pulau di Indonesia yang penuh dengan kadal mengerikan yang dapat tumbuh hingga lebih dari 6 meter.

Sekitar tahun 1910, Letnan J. K. H. van Steyn van Hensbroek yang penasaran dengan gosip tersebut, memutuskan untuk pergi ke pulau Komodo untuk membuktikan mitos tersebut

Di sana ia menemukan sebuah pulau yang dihuni oleh naga, meskipun ukurannya lebih kecil dari cerita rakyat yang dijelaskan.

Komodo kemudian menjadi ikon naturalisme. Hal ini membuktikan bahwa masih ada beberapa bagian dunia yang menyembunyikan hewan-hewan unik dan menakjubkan.

4. Kura-Kura Hoan Kiem

Kura-Kura Hoan Kiem adalah penyu air tawar raksasa yang dikenal di dunia ilmiah sebagai penyu cangkang lunak raksasa Yangtze. Tetapi di Vietnam ia diperlakukan sebagai dewa.

Para ilmuwan pertama kali melihat makhluk mitos ini pada tahun 1873. Tetapi karena hilangnya habitat, kura-kura ini didorong ke ambang kepunahan.

Satu kura-kura khususnya, disebut Cu Rua (kadang-kadang Kim Qui) oleh penduduk setempat, diyakini sebagai reinkarnasi dari hewan mitos yang konon hidup di danau Hoan Kiem lebih dari 600 tahun yang lalu.

Spesies ini diperkirakan punah di alam liar, tetapi cerita dari Hoan Kiem tentang penyu legendaris yang hidup di danau pada tahun 2008 mendorong para ahli zoologi untuk memeriksa daerah tersebut.

Tak lama kemudian, Cu Rua ditemukan dan penyu cangkang lunak raksasa Yangtze dinyatakan kembali dari kepunahan. Sayangnya, Cu Rua mati pada tahun 2016 lalu.

Pasca kematian Cu Rua, kura-kura cangkang lunak raksasa kini hanya tinggal 3 ekor yang semuanya berada di penangkaran. Kura-kura ini sangat terancam punah dan mungkin akan segera kembali ke mitos.

5. Okapi

Mamalia eksotis ini adalah satu-satunya kerabat jerapah yang masih hidup, dan mereka diyakini sama mistisnya dengan unicorn.

Banyak dari ciri-ciri mereka yang dianggap mistis, seperti lidah yang bisa mencapai matanya sendiri, kaki belakangnya yang seperti zebra, dan pendengaran super tajam yang memungkinkannya menghindari pemburu.

Pada tahun 1909, sebuah ekspedisi dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan keberadaan okapi di Afrika dan membawa spesimen hidup kembali ke AS.

Setelah berbulan-bulan, bayi okapi ditemukan dan ditangkap. Sayangnya, bayi itu tidak selamat dari ekspedisi keluar dari hutan, tetapi penemuannya membuktikan tanpa keraguan unicorn Afrika bukan hanya legenda.

6. Cumi-Cumi Raksasa

Legenda Kraken, monster laut mistis yang akan menyerang kapal dengan tentakelnya yang besar, sudah ada sejak tahun 1180 Masehi. Legenda ini populer di kalangan pelaut

Butuh waktu hampir 700 tahun sebelum bukti cumi-cumi raksasa bisa ditemukan. Mitos tersebut menjadi kenyataan pada tahun 1857, ketika cumi-cumi raksasa terdampar di pantai di Denmark.

Ilmuwan Norwegia yang bernama Japetus Steenstrup berhasil menyelamatkan sebagian makhluk mitos tersebut. Sayangnya, perlu sekitar 150 tahun lagi untuk bisa melihat makhluk ini secara hidup di habitatnya.

7. Plesiosaurus

Plesiosaurus adalah dinosaurus yang ditemukan oleh Mary Anning, seorang pemburu fosil Inggris abad ke-19. Selain plesiosaurus, Mary juga dia berperan penting dalam penemuan pterodactyl, ichthyosaurus, dan plesiosaurus.

Mary adalah seorang wanita miskin dengan pendidikan rendah yang tinggal di dekat pantai Lyme Regis, sebuah kota tepi pantai di Inggris.

Setelah kematian ayahnya, Mary mulai menjelajahi pantai untuk mencari barang-barang aneh yang bisa dia jual. Namun, ia gak menyadari kalau pantai tersebut kaya akan fossil.

Ahli anatomi Prancis terkenal Georges Cuvier meragukan penemuan wanita yang tidak berpendidikan ini dan menolak untuk menerima bahwa plesiosaurus adalah binatang yang nyata.

Dengan pemahamannya, hewan dengan 35 vertebrata di lehernya mustahil untuk bisa bernapas. Jumlah vertebrata tersebut tidak ditemukan pada hewan hidup manapun.

Tetapi pada tahun 1821, ahli geologi William Conybeare mendukung penemuan Anning dan membuktikan tanpa keraguan bahwa penemuan itu asli. Georges Cuvier akhirnya mengakui bahwa dia salah, dan memuji penemuan Annings.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 hewan mengagumkan yang awalnya gak dipercayai oleh ilmuwan. Memang, sih, dengan ciri-ciri seperti itu, siapa sih yang bakal percaya kalau gak melihat sendiri?

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka lainnya!

Baca artikel mengenai Iptek atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.