J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Hewan Aneh yang Ditemukan di Laut Sepanjang 2020 | Ada yang di Indonesia!

Selasa, 6 Apr 2021, 18:00 WIB
Hewan-hewan aneh ini terdampar sepanjang tahun 2020 bahkan ada yang ditemukan di pantai selatan Jawa! Apa saja mereka?

Alam memang mempunyai misteri dalam menjalankan siklus kehidupan di dalamnya. Tidak terkecuali hewan-hewan aneh berikut ini.

Hewan-hewan ini bisa dikatakan tergolong 'aneh', meski terlihat tidak jauh berbeda dari hewan yang biasa kita temui.

Agar kamu tidak penasaran, berikut ini Jaka sudah merangkum dengan lengkap daftar hewan aneh yang pernah terdampar di pantai.

1. Cumi-cumi Raksasa dengan Mata Selebar Telapak Kaki

Hewan Aneh Editan 761a6

Sangat jarang terlihat cumi-cumi raksasa (Architeuthis dux). Jadi fenomena ini menarik perhatian ketika salah satunya terdampar di Cape Town, Afrika Selatan pada 7 Juni 2020 lalu.

Cumi-cumi ini sangat eksentrik dengan delapan lengan dan dua tentakel ditutupi dengan alat pengisap bergerigi yang kuat.

Hewan laut dalam ini memiliki mata terbesar di dunia hewan (berukuran diameter 1 kaki atau 30 centimeter) dan tubuhnya bisa mencapai panjang hingga 60 kaki (18 meter).

Hewan raksasa sekarang disimpan di Museum Iziko di Afrika Selatan dan DNA-nya dapat membantu para peneliti menentukan apakah hanya ada satu atau banyak spesies cumi-cumi raksasa yang hidup jauh di bawah lautan.

2. Gurita Berlengan 9 Hampir Jadi Makan Malam

Kemunculan Hewan Aneh 606a8

Setelah seorang petani rumput laut menangkap beberapa gurita dalam jebakan ikan di Jepang, dia membawanya pulang untuk dimasak oleh ibunya.

Namun, setelah dia memasukkan salah satunya ke dalam panci mendidih, dia menyadari bahwa binatang aneh itu memiliki sembilan tangan, jadi dia segera mengeluarkannya.

Bagaimana gurita ini mendapatkan sembilan lengan? Sama seperti kadal yang dapat menumbuhkan kembali ekornya, gurita juga dapat menumbuhkan kembali lengannya.

Namun, terkadang proses regenerasi gagal dan lengan yang tumbuh kembali mendapat cabang, atau lengan kesembilan.

Kadang-kadang kegagalan ini dapat terjadi berulang kali. Dulu, satu gurita ditemukan dengan keadaan punya 90 lengan, menurut sebuah penelitian tahun 1965.

Keluarga tersebut menyumbangkan tubuh gurita berlengan sembilan ke museum setempat sehingga publik dapat melihat keingintahuan yang tidak biasa ini.

3. Kematian Massal

Hewan Aneh Lucu Aae55

Para peneliti melaporkan bahwa hingga 95% makhluk di dasar laut Teluk Avacha di Semenanjung Kamchatka mungkin telah terbunuh oleh polusi pada 5 Oktober 2020.

Ribuan makhluk laut mati, termasuk gurita, ikan, dan bintang laut, terdampar di semenanjung Kamchatka, Rusia yang terpencil.

Bahkan para peselancar merasa terganggu olehnya, mengatakan bahwa mereka merasakan mata mereka terbakar setelah pergi ke teluk.

Kematian massal ini mungkin telah memusnahkan sebanyak 95% hewan di Teluk Avacha Kamchatka, peristiwa bencana yang kemungkinan akan mengganggu rantai makanan di daerah itu untuk hewan yang tersisa, kata peneliti lokal.

Ilmuwan lokal dan internasional awalnya mengira bahwa polusi buatan manusia menyebabkan kematian ketika dimulai pada awal Oktober.

Namun, sejak saat itu terungkap bahwa ganggang beracun bisa menjadi penyebab bencana ekologi ini, seperti yang dikutip dari BBC.

4. Penyu dengan Kotoran Sampah

Hewan Aneh Di Laut 7b7a8

Setelah terjerat jaring ikan, penyu hijau ini dibawa untuk rehabilitasi. Seekor penyu hijau yang tertangkap jaring di lepas pantai Argentina mengalami sakit perut.

Bagaimana bisa tahu? Hewan ini membuang kotoran yang berisi banyak sampah manusia, termasuk potongan tas nilon dan plastik keras.

Kemungkinan penyu salah mengira sampah ini sebagai mangsa biasa, seperti ubur-ubur, lamun, dan cacing.

Sampah yang dimakannya malah menghabiskan ruang di perutnya, yang mungkin membuat penyu sulit makan makanan asli dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya untuk bertahan hidup.

Dokter hewan memberi kura-kura itu obat yang membantunya buang air besar dan kura-kura itu pulih, seperti laporan dari Yayasan Mundo Marino di Argentina.

5. Hiu Versus Ikan Pedang

Berita Hewan Aneh 56aa7

Seekor ikan "pedang" atau ikan todak mungkin sempat memotong tubuh hiu ini. Namun, tidak ada nekropsi (otopsi hewan) yang dilakukan, jadi tidak diketahui secara pasti organ apa yang diirisnya.

Para ilmuwan kaget saat menemukan hiu mati terdampar di pantai Libya dengan "pedang" ikan todak tertancap di tubuhnya.

Ikan todak dikenal agresif terhadap hewan yang mereka anggap sebagai ancaman (termasuk beberapa paus, penyu, dan manusia), tetapi mereka belum pernah didokumentasikan menyerang hiu sebelumnya.

Hiu perontok memakan ikan kecil dan tidak akan menjadi ancaman bagi ikan todak, kata para peneliti.

Mungkin, keduanya memperebutkan mangsa, kata para ilmuwan, meskipun mungkin juga 'penikaman' itu adalah kecelakaan.

6. Hasil Kawin Silang Dua Jenis Ikan

Hewan Aneh Dan Berbahaya F4d2f

Apa yang kamu dapatkan jika kamu secara tidak sengaja menyilang kawinkan sturgeon Rusia dengan sturddlefish atau ikan dayung Amerika?

Ada sekitar 100 hibrida aneh di penangkaran sekarang, seperti apa yang para peneliti umumkan dalam jurnal Genes.

Ikan sturddlefish didatangkan ketika tim berusaha membantu ikan sturgeon Rusia yang terancam punah (Acipenser gueldenstaedtii), pemasok kaviar populer, bereproduksi.

Para peneliti mengira bahwa sperma ikan paddlefish Amerika akan memicu perkembangan telur aseksual pada sturgeon, tetapi bukan itu yang terjadi. Telur sturgeon menyatu dengan sperma ikan dayung dan lahirlah hibrida baru.

7. Serangga Laut Seukuran Anak Anjing

Gambar Hewan Aneh Lucu 0aaf1

Dalam laut pun ada serangga yang mirip dengan kecoa, tetapi ukuran mereka sangat kecil, mungkin seukuran dengan pil obat. Namun, bayangkan jika serangga ini seukuran anak anjing?

Seperti kutu, binatang yang tampak aneh ini adalah isopoda dan terbesar yang pernah tercatat, ditemukan di Indonesia dan dijuluki Bathynomus raksasa.

Isopoda ini berukuran sekitar 13 inci (33 cm) dan merupakan isopoda raksasa baru pertama yang ditemukan dalam lebih dari satu dekade.

Akhir Kata

Itu tadi deretan hewan aneh yang pernah terdampar di pantai. Apakah ada hewan lainnya yang perlu ditambahkan ke dalam daftar ini?

Simak juga daftar hewan yang dulunya dianggap tidak ada oleh para ilmuwan bahkan dinilai sebagai mitos di artikel berikut:

Makhluk Mitologi Islam 18d90
5 Hewan Yang Awalnya Tidak Dipercaya Ada | Ada Yang Asli Indonesia!
Hewan yang awalnya tidak dipercaya ada oleh ilmuwan berikut ini membuktikan bahwa masih ada tempat di bumi yang menyimpan makhluk eksotis dan unik.
LIHAT ARTIKEL

Berikan komentar dan bagikan artikel ini ke teman-temanmu yang lainnya. Nantikan info dan kabar menarik lainnya di JalanTikus.com.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

6 Aktris Indonesia yang Punya Perut Six Packs | Bikin Para Cowok Iri!

4 Cara Melihat Kata Sandi FB Sendiri & Orang Lain Terbaru 2021, 100% Works!

300+ Caption Instagram Keren & Kekinian 2021 | Auto Banyak Likes!

Download Capcut Pro MOD APK v3.1.0 Terbaru 2021 | No Watermark & Premium Unlocked!

Kumpulan Foto Desain Kompleks Perumahan di Mars | Futuristik Banget?

ARTIKEL TERKAIT
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Pandemi Covid19 2021 Bisa Lebih Buruk Dari 2020 41167
WHO: Pandemi COVID-19 di 2021 Bisa Lebih Buruk dari 2020
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Lukisan345 3850a
Lukisan Goa Tertua di Dunia Ditemukan di Indonesia, Begini Penampakannya!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal