Foto Langka Ganymede dari Jarak Dekat, Satelit Terbesar di Tata Surya!

Default

Baru-baru ini pesawat tanpa awak milik badan antariksa Amerika Serikat (NASA), Juno, mendapatkan penampakan terbaru dan dekat dari Ganymede, salah satu dari empat bulan yang mengitari Jupiter.

Ganymede adalah satelit alami sekaligus terbesar yang ada di Tata Surya kita. Setidaknya pesawat Juno mengambil gambar tersebut dari jarak sekitar 1.000 kilometer dari Ganymede.

Jarak ini merupakan jarak terdekat yang pernah dicapai sebuah pesawat antariksa manapun dalam periode lebih dari 20 tahun ini.

Perlu untuk diketahui kalau pesawat Juno mempunyai misi untuk mempelajari Jupiter yang kebetulan sedang lewat kemudian memotret penampakan Ganymede dari jarak dekat.

Satelit Planet Jupiter Fbe35

Foto yang ditangkap Juno menampakkan permukaan Ganymede yang banyak memiliki retakan serta kawah. Foto-foto tersebut tampak detail lantaran jarak pengambilannya yang teramat dekat.

Foto-foto yang ditangkap oleh Juno ini nantinya akan dibandingkan dengan gambar yang telah diambil oleh prob Galileo (1995-2003) dan Voyager (2003), dua pesawat luar angkasa yang juga milik NASA.

Melansir dari BBC, foto-foto tersebut bakal diperbandingkan untuk melihat apakah terdapat perubahan seiring dengan waktu berjalan.

"(Juno) berada paling dekat dengan bulan raksasa ini dibandingkan pesawat-pesawat antariksa lainnya dalam satu generasi," ujar Peneliti Utama Juno Scott Bolton dari Institut Penelitian Southwest, San Antonio, Amerika Serikat.

"Kami memerlukan waktu sebelum kami bisa mengambil kesimpulan ilmiah apapun. Namun sementara itu, kita bisa mengagumi benda langit yang ajaib ini," tambahnya.

Satelit Jupiter Brainly F3c58

Salah satu daya tarik yang bikin banyak ilmuwan meneliti Ganymede, juga Callisto dan Europa, yakni adanya potensi terdapat air di bawah permukaan esnya.

NASA menyebutkan kalau mereka bakal segera mempublikasikan gambar berwarna dari perjalanan Juno saat setelah melintasi Ganymede.

Namun Badan Antariksa Eropa bakal mengirimkan misi yang khusus yang juga tidak lama lagi. Pesawat tanpa awak Jupiter ICy moon Explorer, disingkat Juice, akan terbang melewati dua satelit Jupiter, Callisto dan Europa.

Keduanya diperkirakan bakal menempatkan diri pada orbit tetap di dekat Ganymede, yang dihitung bakal sampai di tahun 2032.

Perlu untuk diketahui, Jupiter adalah planet terbesar di Tata Surya. Jupiter merupakan planet kelima dari Matahari.

Planet ini mempunyai medan magnet yang teramat kuat dan punya cukup banyak satelit alami atau juga bulan. Setidaknya, Planet Jupiter tercatat memilki 79 bulan yang mengorbit di sekeliling planet ini.

Baca juga artikel seputar Ragam atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

Calon Mertua Minta Mahar Rp100 Juta, Pria Ini Ikhlas Lepas Kekasihnya | Saya Hanya Kuli

Download TikTok 18 Plus MOD APK 5.1.7 Terbaru 2021 | Khusus Dewasa

7 Artis Dadakan yang Kini Menghilang | Kini Hidupnya Miris!

Download Higgs Domino MOD APK v1.72 Terbaru 2021 | Unlimited Money!

Ternyata Ini Bayaran Kakek Sugiono dan Bintang Film Dewasa Jepang Sekali Syuting

ARTIKEL TERKAIT
Game Ps5 6eba6
10 Game PS5 yang Paling Ditunggu, Gak Sabar Banget Buat Main!
Kabel Hdmi Mcable Untuk Gaming Dan Film
Canggih! Kabel HDMI Murah Ini Ubah PS4 Jadi PS5
Ps5
Harga Terjangkau, Performa PS5 Akan Setara PC Seharga Rp 15 Jutaan!
Sejarah Lengkap Konsol Ps1 Sampai Ps5 Mana Yang Jadi Favoritmu A80ae
Sejarah Lengkap Konsol PS1 sampai PS5, Mana yang Jadi Favoritmu?
Ps5 Vs Xbox 920x613 Custom Eddb7
5 Alasan Xbox Series X Lebih Baik dari PS5, No. 3 Pasti Setuju Banget!
Ps4 Pro Vs Ps5 Banner 26d4c
PS4 Pro vs PS5, Mana yang Lebih Worth It Dibeli? Ini Perbandingannya!
Tags Terkait: planetSains
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal