Ini Foto Pertama yang Diupload di Internet, Ada Cerita Menarik di Baliknya!

Default

Saat ini, upload atau download foto di internet sudah jadi bagian kehidupan manusia yang biasa dilakukan.

Apalagi berkat kecanggihan teknologi, kita hanya perlu melakukan langkah-langkah yang simpele dan cepat.

Namun, pernah nggak sih membayangkan, kira-kira bagaimana orang zaman dahulu mengupload foto ke internet, dan kira-kira seperti apa fotonya?

Beruntungnya Jaka berhasil menemukan foto paling pertama yang pernah diupload di internet. Mau tahu seperti apa? Berikut info selengkapnya!

Diupload 24 Tahun Lalu

Foto Internet Pertama 1 A0930
Sumber foto: Silvano de Gennaro

Tepatnya pada tanggal 18 Juli 1992, foto pertama diupload ke internet oleh Tim Berners Lee, yang tak lain dan tak bukan adalah penemu domain Word Wide Web (www).

Memang di tahun yang sama, teknologi World Wide Web di internet sedang dikembangkan secara masif di laboratorium CERN (Switzerland's European Organisation for Nuclear Research) yang berpusat di Jenewa, Swiss.

Menariknya, foto tersebut menunjukkan kelompok musik bernama Les Horribles Cernettes, atau kurang lebih dalam bahasa Inggris berarti 'The Horrible CERN Girls'.

Grup musik ini merupakan kelompok seni yang anggotanya terdiri dari para pegawai CERN. Yap, dari sini kita tahu bahwa sekelas labolatorium nuklir punya grup musik internal, loh!

Foto Pertama Berformat .gif

Foto para perempuan energik tersebut dijepret oleh Silvano de Gennaro, seorang developer IT di CERN pada 18 Juli 1992. Kebetulan saat itu di sana sedang berlangsung CERN Hardronic Festival.

Waktu itu, anggota grup musik yang didirikan tahun 1990 itu diminta untuk berfoto seekspresif mungkin tanpa sepenuhnya tahu ke depannya akan dibuat apa.

Siapa sangka bahwa baik grup musik maupun sang fotografer bakal menjadi bagian dari sejarah besar dunia jaringan internet ya?

Yang lebih menarik, foto pertama yang diunggah ke internet ini dibuat dalam format .gif. Format tersebut memang terbilang baru, sebelum akhirnya ada pengembangan format foto gambar yang lebih kompleks.

Diupload Tanpa Kendala

Foto Internet Pertama 2 06ff8
Sumber foto: BBC

Ada cerita menarik di balik pengunggahan foto pertama di internet tersebut. Sejak awal, Berners Lee berteman dengan salah satu anggota Les Horribles Cernettes.

Nah, ketika Berners Lee mulai mengembangkan versi baru World Wide Web yang support foto, dia pun berdiskusi pada Gennaro.

Gennaro pun mengusulkan foto grup musik tersebutlah yang akan coba diupload di internet, mengingat foto tersebut punya spektrum warna yang beragam.

Akhirnya setelah dicoba, foto itu pun berhasil diupload ke halaman web CERN tanpa ada hambatan sama sekali. Foto ini pun menjadi tonggak sejarah tersendiri dalam perkembangan internet di dunia. Keren kan?

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan khusus Jaka mengenai foto pertama yang diupload ke internet.

Bagaimana menurutmu? Semoga bisa jadi wawasan menarik buatmu ya!

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

5 Kelakuan Aldi Taher yang Dianggap Cari Sensasi

5 Inovasi Teknologi yang Gagal Mengubah Dunia, Mau Untung Malah Buntung!

5 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia | Bikin Takjub Dunia!

8 Foto Kehidupan Hikikomori di Jepang, Gaya Hidup Terisolasi yang Mengkhawatirkan!

5 Orang Super Kaya yang Hidup Luar Biasa Hemat, Tak Peduli Gengsi!

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal