Fosil Spesies Manusia Baru Berusia 130 Ribu Tahun Ditemukan | Apa Bedanya dengan Homo Sapiens?

Para ilmuwan Israel baru-baru ini menemukan penemuan yang sama sekali tidak terduga, yaitu beberapa potongan fosil tulang yang ditemukan dari penggalian di dekat sebuah pabrik semen.

Fragmen dari tengkorak dan rahang bawah dengan gigi itu adalah milik seseorang yang tinggal di daerah itu sekitar 130.000 tahun yang lalu, tetapi sejauh ini belum diketahui manusia itu seperti apa.

Para peneliti lantas memberikannya nama baru, karena menurut mereka, fosil itu berasal dari spesies manusia purba yang berbeda dari yang pernah ditemukan sebelumnya.

Mereka menamai fosil yang ditemukan di sebelah tenggara dari Tel Aviv itu sebagai Nesher Ramla Homo.

Fosil Nesher Ramla Homo tersebut ditemukan di kedalaman 25 kaki, di samping kuris batu, tulang kuda, dan tulang rusa.

Manusia yang satu ini memiliki karakteristik khusus yang tidak terlihat di dalam penemuan kerangka lain dari periode yang sama.

Para peneliti juga menemukan bahwa Nesher Ramla Homo mempunyai tengkorak yang datar, gigi yang sangat besar, dan tulang rahang tanpa dagu.

Spesies ini mungkin sudah hidup bersama Homo Sapiens selama lebih dari 100.000 tahun dan mereka diyakini sebagai nenek moyang dari Neanderthal.

Neanderthal 38441

Sumber foto: BGR

Penemuan ini mampu menjungkirbalikkan semua fakta yang kita ketahui tentang evolusi manusia di Bumi.

"Penemuan jenis baru Homo ini sangat penting secara ilmiah," kata Israel Hershkovitz dari Universitas Tel Aviv di dalam sebuah pernyataan.

"Ini memungkinkan kita untuk memahami fosil manusia yang ditemukan sebelumnya, menambahkan potongan lain ke teka-teki evolusi manusia, dan memahami migrasi manusia di dunia lama."

Nesher Ramla Homo memang mempunyai anatomi tengkorak yang tidak lazim, tetapi penelitian menemukan bahwa mereka memiliki kemiripan dengan kelompok pra-Neanderthal di Eropa.

"Inilah yang membuat kami memprediksi bahwa kelompok Nesher Ramla ini sebenarnya adalah kelompok besar yang dimulai sangat awal dan merupakan asal muasal dari Neanderthal Eropa," kata Hila May, antropolog fisik Universitas Tel Aviv.

Ia juga menambahkan bahwa sains belum pernah bisa menjelaskan bagaimana gen Homo Sapiens hadir di populasi Neanderthal sebelumnya di Eropa.

Nesher Ramla mungkin merupakan mata rantai yang selama ini terhilang, karena spesies itu mungkin telah melakukan kawin silang dengan Homo Sapiens.

Analisis bentuk 3D dari tulang Nesher Ramla sebenarnya mengesampingkan hubungannya dengan kelompok mana pun yang diketahui.

Meski begitu, para peneliti mencocokkan sebagian kecil fosil manusia di Israel yang tidak pernah dijelaskan oleh para ilmuwan sebelumnya.

Para ilmuwan pun berspekulasi bahwa lokasi geografis Israel akan memungkinkan populasi manusia yang berbeda untuk bertemu dan berbaur ketika mereka menyebar ke seluruh dunia.

Pakar lain yang tidak terlibat dalam penelitian itu juga memberikan tanggapannya tekait penemuan ini kepada NBC News.

Menurutnya, fosil Nesher Ramla itu terlihat seperti variasi peralihan manusia yang mungkin telah merupakan asal muasal Neanderthal di daerah itu.

Baca juga artikel IPTEK atau artikel menarik lainnya dari Brenda Prima.