J

• Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name

Fosil Berusia 1 Miliar Tahun Ditemukan | Nenek Moyang Makhuk Hidup?

Jumat, 30 Apr 2021, 18:15 WIB
Fosil berusia 1 miliar tahun yang terawetkan secara luar biasa ditemukan. Membuka tabir mengenai evolusi makhluk hidup.

Kelompok ilmuwan menemukan salah satu mata rantai yang hilang pada evolusi hewan lepas ketika menemukan fosil tertua sejagat di Dataran Tinggi Skotlandia.

Fosil organisme berusia satu miliar tahun yang punya dua tipe sel berbeda ini dinilai menjadi hewan multisel paling awal yang pernah tercatat.

Fosil tersebut ditemukan oleh tim ilmuwan yang dipimpin oleh University of Sheffield dan Boston College di AS.

Temuan tersebut menunjukkan kalau evolusi hewan dimulai kira-kira satu miliar tahun yang lalu dan lebih mungkin terjadi dalam danau air tawar dibandingkan dalam lautan.

Fosil itu kemudian resmi diberi nama Bicellum brasieri. Hasil penelitian pada fosil ini sudah dilaporkan pada makalah yang belakangan dirilis dalam jurnal Current Biology.

Profesor Charles Wellman dari Departemen Ilmu Hewan dan Tumbuhan di University of Sheffield, yang juga salah satu peneliti utama pada penelitian itu, menerangkan pentingnya penemuan tersebut.

"Asal mula multiseluleritas kompleks dan asal mula hewan dianggap sebagai dua peristiwa terpenting dalam sejarah kehidupan di bumi. Penemuan kami memberikan cahaya baru pada keduanya," tutur Wellman dilansir iNews.co.uk.

Mengungkapkan Pertanyaan Evolusi Hewan

Penemuan Fosil Meganthropus E1c7b

Fosil ini mengungkapkan pengetahuan baru mengenai evolusi organisme bersel tunggal menjadi hewan multisel yang kompleks. Fosil tersebut menampilkan organisme yang berada di antara keduanya.

Fosil tua ini didapati pada Loch Torridon di Dataran Tinggi barat laut. Para ilmuwan bisa meneliti fosil itu lantaran pengawetannya yang luar biasa.

Sehingga karena kondisinya yang terawetkan tersebut memungkinkan mereka untuk dapat menganalisisnya di tingkat seluler dan subseluler.

Tim peneliti berharap sekarang bisa memeriksa deposit Torridonian untuk bisa menemui fosil-fosil lain yang lebih menarik.

Semoga terdapat fosil-fosil lain yang bisa memberikan lebih beragam pengetahuan mengenai evolusi organisme multisel.

Profesor Wellman berkata, "Kami telah menemukan organisme bola primitif yang terdiri dari susunan dua jenis sel yang berbeda, langkah pertama menuju struktur multisel yang kompleks, sesuatu yang belum pernah dijelaskan sebelumnya dalam catatan fosil."

"Penemuan fosil baru ini menunjukkan kepada kita bahwa evolusi hewan multisel telah terjadi setidaknya satu miliar tahun yang lalu dan bahwa peristiwa awal sebelum evolusi hewan mungkin terjadi di air tawar seperti danau, bukan di lautan," sambungnya.

Profesor Paul Strother dari Boston College yang jadi peneliti utama dalam riset tersebut juga memberikan keterangan mengenai hal baru yang diperlihatkan pada fosil ini.

"Para ahli biologi sebelumnya telah berspekulasi bahwa asal mula hewan termasuk penggabungan dan penggunaan kembali gen-gen sebelumnya yang telah berevolusi sebelumnya dalam organisme uniseluler," terangnya.

"Apa yang kita lihat di Bicellum adalah contoh dari sistem genetik, yang melibatkan adhesi sel-sel dan diferensiasi sel yang mungkin telah dimasukkan ke dalam genom hewan setengah miliar tahun kemudian," pungkasnya.