4 Fakta Banjir Besar dalam Kisah Nabi Nuh Menurut Sains, Selaras dengan Kisah dalam Alquran!

Default

Kisah Nabi Nuh dan banjir besar yang pernah terjadi memancing rasa penasaran peneliti untuk membuktikan kisah tersebut. Seperti diketahui, kisah Nabi Nuh dan banjir besar ini terkenal di seluruh dunia, bahkan ada di dalam kitab suci umat Islam, Alquran.

Tidak hanya umat Islam yang mengetahui terkait kisah banjir besar yang diceritakan dalam Alquran, tetapi umat lainnya pun mengetahui karena diceritakan dalam Taurat maupun Injil.

Banjir bandang atau banjir besar ini menenggelamkan dan menghapus semua peradaban manusia ketika itu. Namun, ada beberapa fakta menurut sains terkait kejadian besar tersebut, geng.

Dikutip dari berbagai sumber, apa saja fakta-fakta terkait banjir besar pada zaman Nabi Nuh? Cek di bawah ini ya, geng.

1. Temuan Peneliti Buktikan Adanya Peristiwa Banjir Besar

Martin Gray National Geographic 0df4e
Sumber foto: Martin Gray/National Geographic

Dalam sebuah wawancara dengan ABC News, Robert Ballard, salah satu arkeolog bawah laut paling terkenal di dunia, berbicara tentang temuannya. Timnya telah menyelidiki kedalaman Laut Hitam di lepas pantai Turki untuk mencari jejak peradaban kuno yang tersembunyi di bawah air sejak zaman Nuh.

Menggunakan teknologi canggih dalam misi arkeologi kelautan, dia mengatakan bahwa sekitar 12.000 tahun yang lalu, sebagian besar dunia tertutup es.

"Di Connecticut, tempat tinggal saya, dulunya terdapat es setinggi satu mil di atas rumah saya. Sepanjang perjalanan kembali ke Kutub Utara, sekitar 15 juta kilometer, itu es batu besar," katanya.

"Tapi kemudian mulai mencair. Kita berbicara tentang banjir di sepanjang sejarah hidup kita," tambahnya. Air dari gletser yang mencair mulai mengalir ke lautan dunia, kata Ballard, menyebabkan banjir di seluruh dunia.

2. Penemuan Benda Arkeologi

Haaretz F4013
Sumber foto: Ilustrasi/Haaretz

Penelitian dilakukan oleh peneliti dari Museum Inggris serta Universitas Pennsylvania Amerika pada 1920 yang dipimpin oleh Sir Leonard Wooley. Tim peneliti melakukan penggalian di Tell Al-Obeid, bagian utara Kota Ur, di Iraq.

Para peneliti berhasil menemukan lapisan endapan tanah, yang menyimpan benda-benda bersejarah seperti wadah, patung keramik, dan bagian-bagian tanah liat yang masih menyisakan bekas-bekas tumbuhan alang-alang yang menempel di tanah tersebut.

Dengan menggunakan bantuan mikroskop, peneliti menyimpulkan bahwa kuantitas endapan tanah yang terdiri dari berbagai bahan disapu oleh air dari wilayah bagian tengah Sungai Efrat dalam satu banjir bandang yang tingginya tidak kurang dari 25 kaki.

3. Peristiwa Banjir di Gunung Judi

Livescience E78dc
Sumber foto: Livescience

Salah satu ayat Alquran menceritakan tentang peristiwa banjir besar yang terjadi di Gunung Judi, puncak pegunungan Ararat, yang ada di Turki bagian timur.

"Hingga apabila perintah Kami datang dan dapur telah memancarkan air, Kami berfirman: "Muatkanlah ke dalam bahtera itu dari masing-masing binatang sepasang (jantan dan betina), dan keluargamu kecuali orang yang telah terdahulu ketetapan terhadapnya dan (muatkan pula) orang-orang yang beriman". Dan tidak beriman bersama dengan Nuh itu kecuali sedikit," bunyi Surat Hud Ayat 40.

Buku Mausu ah al-I jaz al-Ilmi lish-Shighar karya Yusuf al-Haj Ahmad menjelaskan bahwa peristiwa banjir besar ini terjadi di gunung Judi.

Informasi yang berasal dari Alquran tersebut persis dengan informasi yang diperoleh melalui ilmu sejarah serta temuan-temuan arkeologi modern.

4. Klaim Temuan Kapal di Gunung Ararat

Wattpad 3d8ed
Sumber foto: Wattpad

Pada April 2010, arkeolog dari Noah s Ark Ministries International (NAMI) mengungkap bahwa mereka menemukan kapal yang mereka yakini 99,9% merupakan artefak kuno Bahtera Nuh.

Tim terdiri dari 15 peneliti mengeksplorasi Turki Timur mengklaim menemukan Bahtera Nuh di Gunung Ararat yang terletak 13 ribu kaki di atas permukaan laut.

Menurut keterangan peneliti, bagian dalam kapal itu kabarnya dilengkapi dengan beberapa kompartemen untuk menyimpan hewan. Pendapat lainnya mengatakan bahwa kapal itu bisa saja digunakan untuk membawa senjata atau makanan, dikutip dari National Geographic.

Akhir Kata

Itulah empat fakta terkait banjir besar dalam kisah Nabi Nuh berdasarkan penelitian ilmuwan atau sains. Penelitian membuktikan bahwa benar terjadi peristiwa bencana alam terbesar berupa banjir bandang di masa lampau.

Apa yang ditemukan oleh peneliti ini sudah ada di dalam Alquran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad sekitar 1.400 tahun lalu.

Baca juga artikel seputar Iptek, atau artikel menarik lainnya dari Ahmad Luthfi.

BACA JUGA

Viral Pernikahan Bos Warteg dengan Karyawannya yang Lebih Muda 20 Tahun, Jodoh Gak ke Mana!

Tersesat di Pegunungan Alpen, Pendaki Ini Ceritakan Kucing Pintar yang Selamatkan Dirinya

7 Hewan Berbahaya dan Menjijikkan yang Ditemukan di Pesawat, Sampai Harus Tunda Penerbangan!

Bagian dari Sejarah Nusantara, Ini 3 Wali Songo yang Gunakan Wayang Sebagai Sarana Dakwah

Selain India, 7 Negara Ini Juga Larang Warganya Menggunakan Hijab: Identifikasi Jadi Alasan?

Mona Heidari, Istri yang Dipenggal Suaminya Lalu Diarak Keliling Kota: Demi Jaga Martabat?

ARTIKEL TERKAIT
Ilmuwan Mau Bikin Kapal Nabi Nuh Di Bulan Banner A8c2e
Ilmuwan Mau Bikin Kapal Nabi Nuh di Bulan, Buat Apa?
Penemuan Kapal Nabi Nuh Di Turki 08748
Penampakan Titisan Kapal Nabi Nuh Super Canggih yang Dibuat untuk Selamatkan Umat Manusia
Ilmuwan Klaim Nabi Nuh Pakai Ponsel 9b0fe
Sebut Nabi Nuh Telepon Anaknya Sebelum Banjir Terjadi, Klaim Ilmuwan Ini Jadi Kontroversi!
Page4 7e5d4
Heboh, Kapal Berusia 400 Tahun Ditemukan Utuh di Dasar Laut Baltik!
Kapal Kargo Nyangkut Di Terusan Suez B038b
Kapal Raksasa Tersangkut di Terusan Suez | Bikin Macet 300 Kapal Lain!
Aluguro Cover 5ac05
Mengenal Alugoro, Kapal Selam Buatan Indonesia yang Ikut Mencari Nanggala 402
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal