J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Fakta Menakjubkan Mengenai Tubuh Manusia | Kamu Pasti Belum Tahu!

Senin, 10 Mei 2021, 09:30 WIB
Meskipun sudah belajar biologi bertahun-tahun, Jaka yakin kamu pasti belum tahu fakta menarik mengenai tubuh manusia berikut ini

Apakah kamu suka dengan pelajaran biologi? Sebagai ilmu yang mempelajari mengenai makhluk hidup, tentu kamu sudah mempelajari banyak tentang tubuh manusia, dong?

Eits..., tapi tunggu dulu, geng. Gak semua hal tentang tubuh bisa kamu pelajari di buku biologi. Tentunya banyak banget hal menarik yang belum kamu ketahui.

Beberapa dari fakta anatomi manusia ini pasti akan mengejutkanmu. Misalnya, tahukah kamu kalau tubuh manusia bersinar? Atau hati adalah semacam pahlawan super? Atau bahwa kamu memiliki lebih dari lima indra?

Nah, kalau kamu pengen tahu selengkapnya, simak artikel ini sampai habis ya, geng!

1. Hati adalah Satu-Satunya Organ yang Dapat Beregenerasi Penuh

1 Cab0f

Organ hati memiliki banyak banget kegunaan. Sebut saja menghancurkan racun di dalam darah, menghasilkan protein, hingga membantu proses pencernaan.

Tapi tahu gak kamu, hati atau liver yang rusak ternyata dapat beregenerasi meskipun telah kehilangan hingga 70% dari volume aslinya, lho.

Menurut jurnal Nature Reviews Gastroenterology & Hepatology, hati adalah satu-satunya organ yang dapat memulihkan dirinya sendiri sepenuhnya. Berbeda dengan paru-paru, ginjal, dan pankreas yang menyesuaikan diri ketika kehilangan jaringan.

Hati adalah satu-satunya organ padat yang menggunakan mekanisme regeneratif untuk memastikan bahwa rasio berat badan-hati selalu 100% dari apa yang dibutuhkan untuk homeostasis tubuh.

2. Tubuh Manusia Ternyata Menyala

2 4c0fb

Banyak yang bilang, wanita hamil nampak glowing atau menyala. Ternyata gak cuma ibu hamil, tubuh manusia pada umumnya memang menyala, lho.

Semua manusia menyala, seperti halnya kebanyakan makhluk hidup. Hal ini terjadi karena reaksi biokimia yang berkaitan dengan metabolisme. Pada manusia, emisi cahaya cenderung paling rendah pada jam 10 pagi dan puncaknya pada jam 4 sore.

Namun, kamu gak akan bisa melihat cahaya ini tanpa peralatan khusus. Seperti yang dijelaskan salah satu artikel ilmiah, "Intensitas cahaya yang dipancarkan tubuh 1.000 kali lebih rendah daripada sensitivitas mata telanjang kita.".

3. Manusia Memiliki Lebih dari 5 Indra

3 B2b58

Ketika sekolah, kita diajari bahwa tubuh manusia memiliki 5 indra atau yang biasa disebut panca indra. Ada indra peraba, penciuman, pendengaran, dan juga penglihatan.

Ternyata, manusia memiliki lebih dari 5 indra, geng. Eits.., Jaka gak berbicara tentang indra keenam yang dimiliki anak indigo untuk melihat hantu yah.

Manusia memiliki beberapa cara untuk merasakan dunia di sekitarnya, antara lain:

  • Equilibrioception: Indra yang berfungsi menjaga keseimbangan manusia. Indra ini bikin kamu bisa berdiri dengan satu kaki tanpa terjatuh.

  • Proprioception: Indra yang memungkinkan seseorang dapat merasakan di mana bagian tubuh seseorang berada tanpa harus melihat.

  • Thermoception: Indra yang berfungsi untuk merasakan panas dan dingin. Indra ini memungkinkan seseorang mampu merasakan temperatur dari benda apa pun dan bereaksi secara otomatis.

  • Nociception: Indra yang mampu merespons rasa sakit atau sesuatu yang berpotensi merangsang bahaya atau rasa sakit.

  • Chronoception: Indra yang membuatmu mampu merasakan berlalunya waktu dan bisa mengira-ngira sudah berapa lama kamu melakukan aktivitas.

  • dan masih banyak lagi.

Ada juga beberapa penelitian tentang apakah manusia memiliki magnetoreception atau kemampuan untuk merasakan medan magnet. Satu studi tahun 2019 menemukan bahwa otak manusia merespons bidang-bidang ini dengan cara yang sama seperti menanggapi rangsangan visual dan audio.

4. Banyaknya Manusia Berkeringat Dipengaruhi oleh Temperatur yang Dirasakan Ketika Bayi

4 B2521

Apakah kamu mudah sekali berkeringat? Ternyata hal ini dipengaruhi oleh temperatur yang kamu alami ketika masih bayi, geng.

Ketika terkena panas atau rangsangan yang sama, jumlah keringat yang dihasilkan orang dewasa dapat berbeda dari orang ke orang.

Meskipun setiap orang dilahirkan dengan jumlah kelenjar keringat yang kurang lebih sama, berapa banyak kelenjar ini yang berfungsi bergantung pada suhu yang kamu alami saat masih bayi.

Pada saat seseorang berusia sekitar dua tahun, jumlah kelenjar keringat "aktif" mereka menjadi tetap seumur hidup. Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Laure Rittie, seorang peneliti dermatologi di University of Michigan Health System.

Orang yang tumbuh di iklim hangat cenderung memiliki kelenjar keringat yang lebih aktif daripada orang yang tumbuh di lingkungan yang dikendalikan iklim (menggunakan AC) atau di iklim dingin.

5. Jantung Memiliki Otaknya Sendiri

5 42f5d

Menurut artikel tahun 2019 yang diterbitkan dalam Current Pain and Headache Reports, jantung memiliki sistem sarafnya sendiri yang dijuluki "otak kecil" atau "otak jantung",yang berisi sekitar 40.000 neuron.

Sinyal dari "otak jantung" mengarah ke medula, hipotalamus, talamus, dan amigdala dan korteks serebral. Dengan demikian, jantung mengirimkan lebih banyak sinyal ke otak daripada sebaliknya.

Sistem saraf intracardiac ini pertama kali ditemukan pada tahun 1991 dan masih diteliti hingga saat ini. Hal ini diyakini membantu memantau kesehatan jantung dan mungkin berperan dalam cara pikiran memproses rasa sakit.

6. Ingus Kuning & Hijau Diakibatkan oleh Sel Darah Putih Basi

6 9e9f9

Tubuh yang sehat menghasilkan sekitar 1,5 liter lendir per hari. Lendir tersebut biasanya berwarna bening dan terbuat dari air, protein, antibodi, dan garam.

Lendir yang memutih mungkin disebabkan oleh infeksi, alergi, dehidrasi, atau bahkan terlalu banyak mengonsumsi produk susu. Lendir berubah menjadi kuning ketika tubuh melawan infeksi akibat penumpukan sel darah putih yang mati.

Sel-sel ini berfungsi untuk menyerang infeksi. Ketika tugasnya sudah selesai, sel darah putih akan kadaluwarsa dan keluar bersama lendir.

Semakin besar infeksinya, semakin banyak pula sel darah putih yang dibutuhkan. Makanya, kalau kamu lagi sakit tenggorokan atau flu berat biasanya ingusmu berwarna kuning hingga kehijauan.

7. 1 dari 10.000 Orang Memiliki Organ yang Terbalik

7 4e26f

Situs Inversus adalah sebuah kondisi medis yang sangat langka di mana susunan organ dalam seseorang terbalik.

Misalnya, atrium kiri jantung dan paru-paru kiri yang harusnya ada di kiri, malah ada di sisi kanan tubuh. Atau misalnya, hati yang sebagian besar berada di sisi kiri tubuh malah ada di kanan dan bertukar posisi dengan lambung.

Kondisi ini hanya terjadi pada sekitar 1 dari 10.000 orang (0,01%) dan relatif tidak berbahaya jika tidak disertai komplikasi medis lainnya.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 fakta menarik mengenai tubuh manusia yang jarang diketahui. Gimana, kamu pasti kaget kan ketika membacanya?

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel IPTEK atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

7 Artis Indonesia yang Diam-diam Ditaksir Artis Lain | Gagal Dipepet!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.7.1 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

7 Artis Indonesia yang Gaet Anak Crazy Rich | Serasi Banget!

10 Orang Terkaya di Indonesia 2021 | Crazy Rich Indonesia Baru Bermunculan!

Download Capcut Pro MOD APK v3.1.0 Terbaru 2021 | No Watermark & Premium Unlocked!

ARTIKEL TERKAIT
6 Danau Paling Aneh Di Dunia Ad688
6 Danau Paling Aneh, Ada yang Airnya Mendidih dan Punya Gunung di Dalamnya!
Untitled Design 2021 02 26t213728 514 205e9
12 Fenomena Alam di Dunia yang Bikin Kamu Ternganga, Serasa Ngintip Surga!
Fenomena Sains Di Al Qur An 30961
7 Fenomena Sains Mencengangkan yang Terbukti di Al-Quran
Page3 76a10
5 Fenomena Sains Ini Bikin Bingung Para Ilmuwan, Benarkah UFO Sungguh Ada?
5271db475fed92f64b866b9a562a2c2d
10 Penemuan Paling Penting di Bidang Teknologi Hingga Saat Ini
Gadget Masa Lalu F2b2c
10 Penemuan Gadget di Masa Lalu Ini Pasti Bikin Kamu Bengong
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal