J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Fakta Mengejutkan Lab Wuhan China yang Diduga Sebarkan Virus Corona di Dunia

Selasa, 6 Apr 2021, 12:10 WIB
Fakta lab Wuhan China yang diduga sebarkan virus Covid-19 ini ternyata di luar dugaan banyak orang-orang kebanyakan. Apa saja faktanya?

Penyidikan yang dilakukan oleh tim khusus WHO masih dilancarkan guna menemukan bagaimana asal muasal dari virus yang menyebabkan pandemi di seluruh dunia ini.

Namun, Laboratorium Wuhan Institute of Virology (WIV) masih dicurigai sebagian pihak sebagai sumber dari merebaknya pandemi virus Corona atau Covid-19.

Walau begitu pihak pemerintah China bersama sejumlah ilmuwan berulang kali menolak dan menyanggah tuduhan tersebut. Pihak Amerika Serikat sendiri tidak puas dan menilai laporan WHO tak komprehensif.

Berikut ini Jaka sudah merangkum sejumlah fakta mengejutkan dan menarik dari Lab Wuhan di China yang dilansir dari DetikINET.

1. Punya Koleksi Virus

Seberapa Bahayanya Covid 19 Jelaskan 72b76

Pendahulu dari Institut Virologi Wuhan, Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok adalah Institut Mikrobiologi Wuhan, yang disiapkan untuk dibangun pada tahun 1956.

Institut ini didirikan bersama oleh akademisi virologi terkenal Gao Shangyin dan akademisi mikrobiologi terkenal Chen Huagui dan sekelompok ilmuwan generasi tua.

Secara resmi bangunan ini diumumkan akan didirikan pada tahun 1958, terutama terlibat dalam penelitian virus pertanian dan mikroba lingkungan.

Institut ini merupakan pusat China Centre for Virus Culture Collection artinya sebagai bank virus dengan jumlah terbesar di wilayah Asia! Melansir dari situs resminya, ada 1.500 jenis virus yang diteliti di sana bahkan sebagiannya berbahaya.

2. Benarkah Keamanan Level Tertinggi?

Penyebab Virus Corona Dd45b

Pada tahun 2003, virus SARS merebak di negara China, negara bagian Wuhan dan Akademi Ilmu Pengetahuan China mempromosikan pencegahan dan pengendalian penyakit yang baru muncul ke ketinggian strategis baru.

Sehingga laboratorium milik WIV memiliki sejumlah level keamanan lab dengan tingkat maksimum, didesain untuk menangani patogen Class 4 (P4).

Itu adalah istilah untuk virus berbahaya manusia seperti Ebola. Selain itu, terdapat pula laboratorium terpisah dengan level P3.

3. Pembangunan Memakan Biaya Ratusan Miliar

Penjelasan Lengkap Tentang Covid 19 C30f1

Institut Virologi Wuhan memiliki 4 pusat penelitian yaitu Pusat Virologi dan Patologi Molekuler, Pusat Mikrobiologi dan Nanobiologi Analitik, Pusat Sumber Daya Mikroorganisme dan Bioinformatika dan Pusat Penyakit Infeksi yang Sedang Muncul.

Departemen dukungan terdiri dari Pusat Pengumpulan Kultur Mikroorganisme dan Virus (MVCCC), Pusat Fasilitas Inti, Laboratorium Keamanan Hayati Nasional Wuhan, dan sebagainya.

MVCCC juga merupakan "Pusat Pengumpulan Kebudayaan Nasional" yang ditunjuk oleh Kementerian Sains dan Teknologi dan Kementerian Keuangan China.

Biaya pembangunan WIV disebut capai 42 juta dollar AS atau di kisaran Rp650 miliar. Pembangunannya dimulai tahun 2003 dan selesai di tahun 2015, kemudian resmi dibuka pada tahun 2018.

4. Amerika Serikat Ternyata Ikut Mendanai

Covid 19 Adalah E1d9c

Faktanya, sumber dana pembangunannya ternyata dari pemerintah Amerika Serikat meski jumlah totalnya masih belum jelas.

US National Institute of Health, lembaga kesehatan AS, pernah menghibahkan dana riset senilai 3,7 juta dollar AS.

Laboratorium ini diketahui berkolaborasi erat dengan lembaga di AS dan Kanada yakni Galveston National Laboratory di University of Texas dan National Microbiology Laboratory di Kanada.

Laboratorium ini bertujuan untuk melakukan penelitian ilmiah tentang pencegahan dan pengendalian penyakit menular baru dan biosafety untuk memenuhi kebutuhan sistem peringatan dini, deteksi, penelitian dan biosekuriti untuk penyakit menular yang muncul di China.

Ini diharapkan menjadi pusat penelitian dan pengembangan pencegahan dan pengendalian untuk penyakit menular yang muncul di China, pusat pengumpulan kultur virus dan laboratorium rujukan WHO.

5. Dapat Bantuan dari Prancis

Cara Penanganan Orang Yang Terkena Virus Covid 19 57262

Negara lainnya turut aktif terlibat pada pembangunan laboratorium ini adalah Prancis, lewat Centre International de Recherche en Infectiologie.

Lab asal Benua Eropa ini serta konsultan konstruksinya juga merupakan orang Prancis yang bernama Alain Merieux.

Pada tahun 2004, pemerintah Cina dan Prancis menandatangani perjanjian kerjasama untuk memerangi dan mencegah penyakit baru.

6. Memang Meneliti Virus Pada Kelelawar

Apa Yang Dimaksud Dengan Virus Corona F9dfe

Virus pada kelelawar juga diteliti di WIV. Salah satu ilmuwan dan periset, Zhou Peng, merupakan spesialis periset virus pada kelelawar.

"Kami berada di depan dalam studi mekanisme kekebalan di kelelawar, yang membawa virus dalam waktu yang lama," ungkapnya.

"Kelelawar membawa virus tapi tidak diinfeksi olehnya. Mereka memberi harapan bagi manusia dalam studi melawan virus," tuturnya seperti yang dijelaskan dalam sebuah wawancara di tahun 2018.

7. Wabah SARS Jadi Pemicu

Akibat Virus Corona 482f5

China memilih untuk membangun laboratorium penelitian Wuhan Institute of Virology selepas mereka alami wabah SARS pada tahun 2002 dan 2003.

Wabah SARS, merupakan jenis lain dari virus corona, sepanjang sejarahnya virus ini telah membunuh 775 orang dan menginfeksi lebih dari 8.000 penderita di seluruh dunia.

Sejumlah pencapaian penelitian telah mendapatkan penghargaan tingkat nasional, Akademi Ilmu Pengetahuan China, dan penghargaan tingkat provinsi dan kementerian untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Akhir Kata

Itu dia sederet fakta mencengangkan dari Laboratorium Wuhan Institute of Virology yang masih diduga sebagai sumber dari merebaknya pandemi Covid-19.

Maka, Sobat Jaka sarankan untuk tetap menjaga imun tubuh dan menerapkan protokol kesehatan di setiap aktivitas, agar mengurangi risiko terpapar Covid-19. Semoga WHO segera mengungkapkan bagaimana asal mula virus ini!

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

BACA JUGA

5 Asisten Artis Indonesia yang Cantiknya Menyaingi Sang Bos, Bagaikan Model!

5 Inovasi Teknologi yang Gagal Mengubah Dunia, Mau Untung Malah Buntung!

5 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia | Bikin Takjub Dunia!

8 Foto Kehidupan Hikikomori di Jepang, Gaya Hidup Terisolasi yang Mengkhawatirkan!

5 Orang Super Kaya yang Hidup Luar Biasa Hemat, Tak Peduli Gengsi!

ARTIKEL TERKAIT
Tim Esports Terbaik Banner A13d6
10 Tim eSports Terbaik Dunia, Penghasilannya Sampai Ratusan Miliar!
Cover Terminated B332b
4 Kabar Esports Menghebohkan Maret 2021: Aerowolf Terminated, Xinn Comeback ke RRQ?
Cover Player Kembar 4181d
4 Pemain Esports Indonesia yang Kembar Identik, Mending Satu Tim atau Saingan?
Momen Farewell Pro Player C2e2e
5 Momen Perpisahan Pro Player Paling Bikin Baper, Penonton Kecewa!
Atlet Esports Indonesia Yang Diakui Dunia A06b1
5 Pro Player Indonesia yang Mendunia, Diboyong Tim Luar Negeri!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal