J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Fakta Evolusi Menakjubkan yang Jarang Diketahui, Panda Dulunya Karnivora?

Sabtu, 22 Mei 2021, 09:00 WIB
Gak percaya dengan teori evolusi? Makanya baca dulu artikel mengenai fakta menakjubkan tentang evolusi berikut. Dijamin speechless, geng!

Teori evolusi merupakan sebuah topik ilmu pengetahuan yang kerap menjadi perdebatan. Meskipun bukti evolusi terpampang nyata, namun masih banyak saja orang yang menolak hal tersebut.

Evolusi sendiri merupakan sebuah fakta dan teori. Namun, teori bukan berarti bahwa ilmuwan meragukan keberadaannya. Teori dalam pengertian ini berarti penjelasan yang dibuktikan kebenarannya, bukan opini atau tebakan.

Nah, dalam artikel ini Jaka bakal membahas mengenai 7 fakta evolusi menakjubkan yang bakal bikin kamu speechless. Check it out, geng!

1. Panda Dulunya Hewan Karnivora

Pernah melihat panda secara langsung di kebun binatang? Jika kamu memerhatikan dengan seksama, hewan gempal yang lucu ini hobi banget makan bambu.

Tapi kamu tahu gak, sih, kalau panda dulunya adalah hewan karnivora alias pemakan daging? Bahkan, belum lama ini di China sempat geger berita panda yang memakan seekor kambing.

Faktanya, saluran pencernaan panda dirancang untuk memakan daging. Selain itu, nenek moyang evolusioner mereka adalah sepupu jauh dari hyena dan sabre-tooth tiger yang notabene pecinta daging.

2. Wajah Berevolusi Agar Lebih Tahan Pukulan

Gak cuma berbeda dari segi penampilan, struktur wajah manusia modern juga lebih kuat dibanding dengan manusia purba, lho.

Dulunya, para ilmuwan mengira wajah manusia berevolusi menjadi lebih kuat agar bisa lebih baik mengonsumsi beragam jenis makanan.

Nyatanya penelitian baru menunjukkan bahwa wajah kita menjadi lebih keras sehingga kita bisa menahan pukulan dengan lebih baik.

Penelitian menunjukkan kalau kekerasan memegang peranan yang lebih besar dalam evolusi manusia dari yang diperkirakan para antropolog sebelumnya.

3. Sayap Penguin Berevolusi Menjadi Sirip

Meskipun memiliki sayap, namun penguin tetep saja gak bisa terbang. Nah, belakangan ini, para ilmuwan pun mengetahui alasannya.

Untuk penguin, berenang adalah moda transportasi yang lebih baik. Selain karena ukuran sayap mereka yang kecil, mereka juga jadi lebih mudah dalam mencari makanan (ikan).

Alhasil, sayap penguin pun lama-lama berubah bentuk dan fungsi menjadi seperti sirip yang memudahkan mereka untuk berenang.

4. Cegukan adalah Dampak Evolusi

Kalau kamu pernah mengalami cegukan parah, salahkan evolusi geng! Manusia sendiri merupakan evolusi dari makhluk yang membutuhkan paru-paru dan insang untuk bernafas.

Ketika masuk ke dalam air, makhluk purbakala tersebut akan menggunakan insang untuk bernapas dan menutup jalur pernapasan paru-paru agar tidak kemasukan air.

Meskipun sudah berevolusi, otot kuno yang membuat manusia mampu menutup jalur ke paru-paru ternyata masih ada meskipun kini manusia sudah gak memiliki insang.

Makanya terkadang kamu bisa cegukan setelah tersedak air ketika minum. Tubuhmu akan secara refleks menutup jalur ke paru-paru agar kamu tidak "tenggelam".

5. Beruang Grizzly dan Kutub Bisa Kawin Berkat Pemanasan Global

Para ilmuwan mengatakan bahwa dampak pemanasan global membuat lapisan es di kutub menjadi cair dan mempercepat evolusi tetapi tidak dengan cara yang baik.

Dua spesies khususnya, yakni beruang kutub dan beruang grizzly yang dulu terisolasi satu sama lain, kini bisa kawin akibat pemanasan global.

Meskipun menakjubkan, namun hal ini menjadi masalah karena beruang hibrida ini memiliki kemampuan yang lemah untuk bertahan hidup dalam kondisi ekstrem.

Artinya, kedua spesies tersebut dapat berevolusi secara prematur dan akhirnya mengalami kepunahan lebih cepat.

Secara teori, "beruang grolar" (grizzly + polar) dapat berkembang biak jika perubahan iklim terjadi dengan kecepatan yang lebih lambat. Tetapi karena terjadi begitu cepat, para ilmuwan menjadi pesimis.

6. Penis Manusia Dulunya Berduri

Berbeda dengan hewan, penis manusia berevolusi sehingga tidak lagi ditutupi duri-duri kecil. Lebih dari 700.000 tahun yang lalu, nenek moyang kita memiliki potongan kecil keratin (jaringan keras) yang melapisi bagian luar penis.

Para ilmuwan berpendapat bahwa hilangnya duri-duri kecil di penis manusia ini diakibatkan oleh perubahan gaya hidup manusia yang menjadi monogami alias hanya memiliki 1 pasangan saja seumur hidup.

Sebaliknya, kucing modern menggunakan penisnya yang berduri untuk mematahkan "sumbat kopulasi" yang ditempatkan dalam organ reproduksi kucing betina oleh kucing jantan lainnya.

7. Otak Manusia Menciut Seiring Evolusi

Banyak yang menyangka kalau semakin besar otak, semakin cerdas juga pemiliknya. Padahal kenyataannya gak seperti itu, geng.

Para ilmuwan mengatakan bahwa otak kita mulai menyusut saat kita berevolusi 20.000 tahun lalu. Padahal, manusia modern tentu saja lebih cerdas dari manusia purba, kan?

Para ilmuwan masih bingung tentang apakah penyusutan itu adalah hal yang baik atau buruk. Positifnya, ilmuwan mengatakan bahwa otak yang lebih kecil menunjukkan "peningkatan toleransi."

Sementara, negatifnya adalah penyusutan otak manusia bisa terjadi karena manusia gak membutuhkan otak yang besar untuk bisa bertahan hidup di tengah masyarakat yang semakin kompleks.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 fakta evolusi yang menakjubkan. Kalau kamu gak percaya dengan teori evolusi, mungkin saja kamu bakal berubah pikiran setelah membaca artikel di atas.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel Iptek atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

BACA JUGA

Kosmonot China Ketakutan! Ini 7 Hal Aneh Dialami Astronot di Luar Angkasa

Download Minibus Simulator Vietnam MOD APK v.1.1.4, Gratis!

Sosok 3 Anak Dono Warkop yang Berprestasi | Dekat dengan Indro dan Ada yang Jadi Ahli Nuklir!

Jembatan Kaca di China Hancur, Turis Sampai Bergelantungan di Ketinggian 100 Meter

Download Capcut Pro MOD APK v3.1.0 Terbaru 2021 | No Watermark & Premium Unlocked!

ARTIKEL TERKAIT
Penjelajahan Curiosity
5 Foto Misterius di Planet Mars Ditemukan Dalam Penjelajahan Curiosity
Mars
5 Foto Rahasia di Planet Mars Ini Disembunyikan NASA! Kok Bisa?
Elon Musk Perjalanan Ke Planet Mars Lebih Murah Dari Biaya Kuliah
Elon Musk : Perjalanan ke Planet Mars Lebih Murah Dari Biaya Kuliah?
Page3 76a10
5 Fenomena Sains Ini Bikin Bingung Para Ilmuwan, Benarkah UFO Sungguh Ada?
Misteri Luar Angkasa 93a21
5 Misteri Luar Angkasa | Ilmuwan Masih Pusing Tujuh Keliling!
Alien 47e32
China Temukan Kehidupan Cerdas di Luar Bumi, Alien?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal