Danau Cair di Kutub Selatan Mars Diduga Cuma Fatamorgana

Pesawat ruang angkasa Mars Express milik Badan Antariksa Eropa di tahun 2018 lalu menyelidiki kutub selatan planet Mars melalui instrumen Mars Advanced Radar for Subsurface and Ionosphere Sounding (MARSIS).

Pengorbit ini mendeteksi adanya titik terang dalam pengukuran radar yang menandakan adanya sejumlah badan besar air cair.

Air cair ini berlokasi sejauh 1,4 kilometer di bawah es padat yang menandakan adanya tempat tinggal organisme hidup.

Pekerjaan dari pesawat ruang angkasa ini berikutnya ialah mendapati petunjuk mengenai adanya kolam tambahan di sekitar cekungan danau utama.

Namun, komunitas astronom kerap meragukan adanya keberadaan danau. Lantaran danau memerlukan semacam pemanasan dari dalam planet yang terus menerus demi mempertahankan kondisi subglasial.

Pasalnya di bawah lapisan es tersebut, suhu rata-ratanya mencapai sekitar 68 derajat Celcius yang artinya jauh melewati titik beku air.

Dugaan Bukan Danau Cair

Manusia Planet Mars 5412a

Bahkan jika danau tersebut merupakan air asin yang mengandung garam dalam jumlah yang sehat, maka diperlukan kolam magma bawah tanah agar menjaga daerah ini tetap dalam kondisi cair.

"Jika bukan air cair, apakah ada hal lain yang bisa menjelaskan pantulan radar terang yang kita lihat?" tanya ilmuwan planet, Carver Bierson asal Arizona State University seperti yang dilansir dari Science News.

Lewat penelitian yang diterbitkan oleh Geophysical Research Letters, Bierson menerangkan sejumlah zat lain yang dapat pantulan radar terang itu.

Pantulan radar tergantung pada konduktivitas listrik dari material yang dilewati oleh sinyal radar.

Penemuan Pantulan Baru

Kutub Selatan Planet Mars 3caf7

Air punya tanda radar yang cukup khas, tetapi pemindaian pada sifat listrik dari mineral tanah liat juga air garam beku menguak kalau bahan-bahan itu juga bisa menyerupai sinyal tersebut.

Temuan dari data MARSIS di tahun 2018 cuma berfokus pada bagian kecil dari lapisan es selatan Planet Mars.

Namun, sekarang selepas dibangun peta tiga dimensi dari seluruh kutub selatan planet merah ini, ditemukan ratusan sampai ribuan titik terang tambahan yang muncul pada pantulan radar.

"Kami menemukan titik-titik terang secara harfiah di seluruh wilayah," ujar ilmuwan planet Aditya Khuller dari Arizona State University.

"Tanda ini tidak unik. Kami melihatnya di tempat-tempat yang kami perkirakan akan sangat dingin," tambahnya.

Danau-danau tersebut, apabila benar ada, kemungkinan akan teramat dingin juga mengandung sebanyak 50 persen garam.

Artinya, itu merupakan kondisi di mana tidak ada organisme yang dikenal di Bumi yang bisa bertahan hidup di wilayah tersebut.

Baca juga artikel seputar Iptek atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.