J

• Kerjasama
No Name

Terkuak! Ini Cara Kerja Komputer Tertua di Dunia Berusia 2.000 Tahun

Senin, 15 Mar 2021, 08:00 WIB
Cara menggunakan komputer tertua di dunia berhasil terungkap! Seperti apa ya cara kerja komputer berusia 2000 tahun ini?

Hai, gengs. Kali ini Jaka akan membahas komputer tertua di dunia yang katanya berusia hingga 2.000 tahun.

Sebetulnya, yang dimaksud komputer di sini bukanlah komputer sungguhan seperti yang kalian bayangkan saat ini di mana terdapat layar, keyboard, hardisk, dan lain sebagainya.

Jadi, yang dimaksud komputer di sini merupakan alat bernama Antikthera yang telah diciptakan kembali oleh para ilmuwan untuk mengetahui bagaimana cara kerja dari alat ini.

Perangkat Antikythera sendiri ditemukan dalam sebuah bangkai kapal era Romawi di Yunani pada tahun 1901 atau jauh sebelum Indonesia merdeka di tahun 1945.

Menurut para ilmuwan, seperti dilansir BBC Indonesia, komputer peninggalan penduduk Yunani Kuno ini digunakan untuk memprediksi gerhana dan peristiwa astronomi.

Eits, tapi kalian jangan mengira komputer tertua ini dioperasikan dengan menggunakan listrik, ya. Alih-alih, alat ini dioperasikan dengan menggunakan tenaga tangan.

Namun, saat ditemukan, alat ini tidak utuh karena sepertiga bagiannya rusak parah, sehingga para ilmuwan harus memikirkan bagaimana cara kerja alat ini.

Tampilannya seperti apa? Simak gambar berikut ini, gengs!

Cara Kerja Komputer Tertua Di Dunia 2 1c5fe

Nah, setelah berhasil merancang kembali komputer tertua di dunia ini, pada ilmuwan pun menemukan bahwa bagian belakang perangkat memiliki sistem roda gigi yang kompleks.

Sementara itu, para ilmuwan belum berhasil mengetahui bagaimana bentuk bagian depannya. Adapun, para ilmuwan yang meneliti alat ini berasal dari University College London (UCL).

Untuk memecahkan misteri cara kerja alat ini, mereka menggunakan pemodelan komputer tiga dimensi.

Para ilmuwan tersebut menciptakan ulang seluruh panel bagian depan dari alat itu dan kemudian mereka berencana merekonstruksi tiruan Antikythera sesuai dengan kondisi saat ini dan menggunakan bahan-bahan yang cocok.

Menurut laporan yang diterbitkan di Scientific Reports, tampilan baru sistem roda gigi yang menunjukkan detail halus dan bagian-bagian rumit lainnya.

Profesor Tony Freeth, penulis laporan itu, mengatakan bahwa matahari, bulan dan planet-planet ditampilkan melalui alat tersebut.

Karya kami adalah model pertama yang sesuai dengan semua bukti fisik dan cocok dengan deskripsi dalam prasasti ilmiah yang terukir pada alat itu sendiri," ujarnya.

Mereka pun berkesimpulan bahwa peralatan berusia 2.000 tahun ini merupakan kalkulator astronomi sekaligus diklaim sebagai komputer analog pertama di dunia dengan teknologi yang sangat canggih pada masanya.

Cara Kerja Komputer Tertua Di Dunia 3 7f318

Kenapa canggih? Hal ini dikarenakan alat itu terbuat dari perunggu dan ada lusinan roda gigi di dalamnya.

Selain itu, penutup bagian belakangnya mampu menampilkan deskripsi tampilan kosmos, menunjukkan gerakan lima planet yang telah dikenal ketika perangkat itu dibuat.

Gimana gengs? Canggih bukan. Orang-orang Yunani kuno pada saat itu sudah mampu membuat alat secanggih ini ya. Hebat!