Masih Belum Ada Smartphone yang Bisa Tersambung Sinyal 5G di Indonesia | Kok Bisa?

Default

Secara resmi, layanan konektivitas 5G akan mulai digunakan di Indonesia secara bertahap. Selain itu, sejumlah produsen smarpthone turut memperkenalkan seri smartphone 5G milik mereka di Tanah Air.

Meski begitu, tak perlu tergesa-gesa untuk segera mengganti HP milikmu menjadi HP 5G. Soalnya, sampai sekarang masih belum ada seri smartphone 5G yang sudah beredar di Indonesia yang bisa dipakai untuk memakai layanan internet 5G bagi para pengguna biasa.

Pengguna biasa ialah para pemilik HP 5G yang tidak punya akses khusus ke produsen smartphone dan operator telekomunikasi.

Kalau kamu pernah lihat teman atau orang lain yang memamerkan koneksi 5G Telkomsel di media sosial, bisa jadi itu mereka punya akses khusus.

Kemungkinan besar mereka mencoba koneksi 5G itu cuma sebatas untuk menguji coba kecepatan internet. Jadi kamu tidak perlu iri dulu.

Syarat Menggunakan Koneksi 5G

Hp 5g Xiaomi 7476f

Para vendor atau produsen smartphone Indonesia dengan kompak menyebutkan, agar HP 5G bisa kesambung dengan sinyal 5G perlu menunggu pembaruan software over the air (OVA).

Pembaruan tadi diperlukan untuk membuka kunci atau unlock 5G terlebih dulu. Meski smartphone itu sudah mendukung pita (band) n40 yang bisa menangkap spektrum gelombang 2,3 GHz.

Perlu diketahui, kalau salah satu syarat smartphone dapat terhubung dengan sinyal 5G Telkomsel di Indonesia yakni sudah terpasang band n40 dengan spektrum 2,3 GHz.

Nah, spektrum ini yang dipakai Telkomsel dalam menyediakan jaringan konektivitas 5G pada tahap awal penggunaannya sekarang ini.

Kemudian syarat lainnya agar si pengguna bisa dengan leluasa menikmati kecepatan internet super cepat ini yakni kartu SIM Telkomsel mereka sudah teregistrasi pada jaringan 5G terlebih dulu.

Contoh kasusnya, HP milikmu mungkin sudah bisa menangkap dan menampilkan sinyal 5G tetapi HP kamu masih pakai jaringan 4G.

Kok begitu? Soalnya, kartu SIM kamu masih belum tergistrasi untuk memakai layanan 5G dari Telkomsel.

Daftar Smartphone 5G yang Bakal Mendukung Koneksi 5G

Smartphone 5g Termurah 2889e

Seperti yang diketahui, sudah ada sejumlah smartphone 5G di Indonesia yang mendukung konektivitas jaringan ini.

Bahkan para produsen smartphone ini mengonfirmasi perangkat mereka nantinya bisa digunakan jika pembaruan OTA untuk unlock 5G sudah dipakai pada perangkat.

"Untuk unlock perangkat, OPPO Indonesia sendiri masih berkomunikasi sama OPPO pusat untuk untuk membuka perangkat ini nantinya lewat software update OTA," ujar Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia dikutip dari KompasTekno.

Namun, Aryo masih belum dapat memastikan kapan pembaruan tersebut bakal dirilis ke para pengguna, meski Telkomsel sudah merilis sejumlah wilayah yang mendapatkan sinyal 5G mereka.

Hal serupa turut disebutkan oleh perwakilan Huawei Indonesia yang menyebutkan kalau pengguna Huawei Mate 40 Pro perlu menunggu pembaruan Huawei OTA untuk dapat memakai internet 5G Telkomsel.

Selain itu, Edy Kusuma, Senior Brand Director Vivo Indonesia juga menyebutkan kalau pengguna Vivo X60, X60 Pro, dan Vivo V21 5G perlu menunggu pembaruan tersebut juga.

Nah, berikut ini adalah delapan smartphone yang sekarang sudah terkonfirmasi akan mendukung jaringan 5G Telkomsel di Indonesia:

  • Oppo Reno5 5G
  • Oppo A57 5G
  • Oppo Find X2
  • Oppo Find X2 Pro
  • Vivo X60 5G
  • Vivo X60 Pro 5G
  • Vivo V21 5G
  • Huawei Mate 40 Pro

Sejumlah vendor atau produsen perangkat lain, seperti Realme, Xiaomi, Apple, dan Samsung masih belum mengonfirmasi smartphone mana saja yang bakal mendukung sinyal 5G Telkomsel.

Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

BACA JUGA

7 Artis Dadakan yang Kini Menghilang | Kini Hidupnya Miris!

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

Sosok 3 Anak Dono Warkop yang Berprestasi | Dekat dengan Indro dan Ada yang Jadi Ahli Nuklir!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.7.2 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

7 Aktris Hollywood yang Menolak Beradegan Seksi di Film, Patut Dicontoh!

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Cari Teman Sekitar Terbaik 2020 Banner Ba87c
10 Aplikasi Cari Teman di Sekitar Kita Terbaik 2020, Bisa Dapat Jodoh?
Aplikasi Pencari Kerja 7a188
8 Aplikasi Pencari Kerja Terpercaya & Terbaik, Setiap Hari Ada Loker!
Aplikasi Edit Nama Ac2cf
7 Aplikasi Edit Nama Terbaik & Terbaru 2020 | Nama Makin Kece!
Aplikasi Al Quran Terbaik 277be
12 Aplikasi Al Quran Bahasa Indonesia Terbaik dan Terlengkap 2021
0 Vnxpzxovujy72qvg Custom 5a5dc
Cara Mudah Mengubah Bahasa di Aplikasi Google Classroom di HP & PC
Menerjemahkan Tulisan Lewat Kamera Banner 4ad20
Trik Cepat untuk Menerjemahkan Tulisan Bahasa Asing dengan Kamera, Gak Ribet!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal