J

• Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name

Bayi Bintang Laut Ternyata Suka Makan Sesamanya | Patrick Star Kecilnya Kanibal?

Rabu, 14 Apr 2021, 11:15 WIB
Bayi-bayi bintang laut ternyata suka memakan saudaranya sendiri atau memiliki perilaku kanibal. Apakah Patrick Star dulunya juga kanibal?

Pada penelitian terbaru menujukkan hasil yang mengejutkan bahwa adanya praktik kanibalisme bawah air yang melibatkan bayi-bayi bintang laut.

Faktanya, ternyata bintang laut merupakan hewan-hewan kanibal yang suka memakan satu sama lain ketika lapar.

Meski bayi-bayi bintang laut ini akan tampak lucu, akan tetapi ternyata mereka merupakan hewan-hewan kecil yang gemar memakan saudara mereka sendiri.

Tujuannya? Tentu saja untuk kelangsungan hidup mereka, sebagaimana dikutip dalam Live Science dan Science Times.

Sejumlah peneliti menjumpai perilaku kanibalisme ini di antara Asterias forbesi atau bayi-bayi bintang laut Forbes secara tak sengaja.

Awalnya, peneliti ini mencoba memahami bagaimana para bayi-bayi bintang laut ini bereaksi saat mereka dihadapkan pada kepiting yang ganas dalam laboratorium.

Namun, Profesor Jon Allen dari Departemen Biologi William & Marry mengatakan mereka semua mulai saling memakan satu sama lain bahkan sebelum mereka dipertemukan dengan kepiting.

Sehingga para peneliti ini harus membatalkan eksperimen khusus tersebut. Namun, Allen, bersama timnya, justru beralih studi mempelajari fenomena yang sebelumnya tak teridentifikasi di antara binatang bawah laut itu.

Bintang Laut Bermetamorfosis

Makanan Bintang Laut D3e55

National Geographic menyebutkan kalau binta laut Forbes yang umumnya ditemukan pada Pantai Timur Amerika Serikat bisa capai panjang 4,7 sampai 9,4 inci (12-24 centimeter).

Bintang laut tersebut juga mengalami proses yang disebut metamorfosis, yakni mereka berubah secara fisiologis.

Dari bentuk yang belum dewasa menjadi bentuk dewasa layaknya seperti ulat berubah menjadi kupu-kupu.

Menurut Karina Brocco French, mahasiswi doktoral dari University of California di Irvine, ketika berbentuk larva, bintang laut ini tampak mirip seperti pesawat luar angkasa kecil aneh yang terbang melintasi air.

Brocco French yang turut bekerja di lab Allen selama penelitian tersebut juga menambahkan, "bintang laut memiliki bentuk tubuh seperti pesawat luar angkasa kecil yang aneh ini selama sekitar satu bulan."

Hal itu terjadi sebelum akhirnya mereka bermetamorfosis menjadi bintang laut muda dan menetap di dasar laut.

Perilaku Kanibalisme Pada Binatang

Harga Bintang Laut 06801

Para peneliti sebenarnya telah mengetahui kalau bintang laut muda di dasar laut akan memakan larva bintang laut yang jauh lebih kecil di dasar laut.

Namun para peneliti justru tidak menyadari kalau bintang-bintang laut muda ternyata juga saling memakan satu sama lain.

Walaupun bayi-bayi bintang laut ini hampir memiliki ukuran sama satu sama lain, tetapi yang lebih besar selalu bisa memakan bintang yang lebih kecil.

Baik Allen dan French menjumpai kalau para bayi bintang laut itu terlibat memang memiliki perilaku kanibalistik sejak mereka bayi, yakni sejak empat hari sejak mereka bermetamorfosis.

Bayi-bayi bintang laut tersebut melakukan praktik kanibalisme memakai salah satu dari beberapa perut mereka yang juga diketahui sebagai perut jantung mereka.

Mereka memakai 'perut khusus' ini menghancurkan mangsa mereka tersebut. Sifat kanibalisme memang bukanlah hal yang aneh dalam dunia hewan.

Setidaknya, lebih dari 1.300 spesies di bumi diketahui mempunyai perilaku kanibal. Para penulis penelitian bayi bintang laut ini mengemukakan, praktik kanibalisme mungkin akan ditemukan lebih luas di antara hewan-hewan kecil.

Termasuk saat fase muda dari hewan-hewan yang sebelumnya tak pernah diketahui mempunyai sifat kanibal. Mereka bahkan sudah mempublikasikan hasil penelitian perilaku bayi bintang laut ini dalam jurnal Ecology.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.