Besar dan Berkulit Tebal, Ankylosaurus Punya AC di Saluran Hidungnya untuk Menjaga Suhu Tubuh

Mungkin Ankylosaurus adalah salah satu jenis dinosaurus paling kuat yang pernah ada dengan tubuh lapis cangkang keras yang membuatnya tak mudah diserang, bahkan oleh T-Rex sekalipun.

Ia memiliki perisai tulang setebal 5 sentimeter melindungi tubuhnya yang mencapai panjang 9 meter dengan berat 7 ton.

Namun, masih ada hal lain yang menarik dari dinosaurus yang hidup pada periode kapur atau Cretaceous ini, yaitu mekanisme bertahan hidup mereka, tepatnya dalam menjaga suhu tubuh.

Ankylosaurus 10b47

Melansir National Geographic, sebuah laporan penelitian dari Heritage College of Osteopathic Medicine di Ohio University yang dipublikasikan di Jurnal The Anatomical Record menjelaskan mengenai "baju zirah" yang dimiliki Ankylosaurus.

Namun, hal yang sempat membingungkan para ilmuwan adalah bagaiamana panas dapat keluar dari tubuh besar Ankylosaurus, mengingat perisai yang dimilikinya begitu tebal.

Ahli paleontologi Lawrence M. Witmer yang juga merupakan rekan penulis studi menjelaskan bahwa Ankylosaurus harus mampu mengatur suhu tubuh mereka agar dapat bertahan hidup di bawah terik matahari selama periode kapur.

Dalam hal ini, dinosaurus raksasa biasanya memiliki strategi termoregulasi berbeda untuk menormalkan suhu otak karena panas yang tinggi, berbeda dengan dinosaurus kecil yang dapat lari ke tempat teduh untuk mendinginkan tubuh.

Untuk menjawab hal ini, Profesor Witmer dan rekannya, Dr. Ruger Porter, mengamati kerabat dinosaurus seperti burung dan reptil modern untuk membuktikan bahwa penguapan uap air di hidung, mulut, dan mata memang mendinginkan darah dalam perjalanannya ke otak.

Terbukti, ketika mereka membandingkan temuan mereka dengan data dari hewan hidup, mereka menemukan bahwa hidung dinosaurus sama efisiennya dalam menghangatkan dan mendinginkan udara yang dihirup.

Saluran Hidung Ankylosaurus 8b7b4

Ankylosaurus diketahui memiliki saluran hidung sangat panjang yang berperan seperti pendingin udara atau AC, seperti dimuat Cosmos Magazine.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE, peneliti menjelaskan menggunakan pemindaian CT dan dinamika fluida komputasi untuk mensimulasikan bagaimana udara bergerak melalui saluran hidung dua spesies Ankylosaur Panoplosaurus seukuran kuda nil dan Euoplocephalus seukuran badak yang lebih besar.

Menariknya, kinerja "AC" dalam saluran hidung ini justru bekerja dengan baik di saluran hidung yang panjang dan berbelit-belit.

"Ketika kami menempelkan hidung pendek dan sederhana di moncong hewan yang lebih pendek, tingkat perpindahan panas turun lebih dari 50% di kedua dinosaurus. Mereka kurang efisien dan tidak bekerja dengan baik," kata penulis utama, Jason Bourke.

Saluran Hidung Ankylosaurus 2 93bfa

Sementara itu, bukti lebih lanjut juga ditunjukkan dari analisis aliran darah.

"Ketika kami merekonstruksi pembuluh darah, berdasarkan alur tulang dan kanal, kami menemukan suplai darah yang kaya mengalir tepat di sebelah saluran hidung yang berbelit-belit ini," kata Porter.

Para peneliti menemukan bahwa spesies dinosaurus yang lebih besar memiliki hidung yang paling rumit, menunjukkan bahwa tekanan fisiologis dari ukuran tubuh yang besar mungkin telah mendorong mereka untuk beradaptasi dan memiliki kemampuan ini.

Baca juga artikel seputar Hewan atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.