J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ini 5 Alasan Ilmiah Mengapa Banyak Karakter Kartun Berwarna Kuning | Gak Nyangka!

Minggu, 25 Apr 2021, 12:00 WIB
Kalau dipikir-pikir, banyak banget tokoh kartun yang warnanya kuning. Tapi, kenapa harus warna kuning, ya? Ini dia alasannya!

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika membayangkan benda berwarna kuning? Mungkin kamu akan mengingat bunga matahari, pisang, lemon, atau kuning telur.

Namun, kamu sadar nggak kalau ada satu hal lagi yang sering ditampilkan dengan warna kuning: karakter kartun. Bener gak, sih?

Dari SpongeBob SquarePants, Pikachu, Minions, sampai Winnie the Pooh, warnanya kuning semua. Apakah ini teori konspirasi?

Chill, geng, ternyata pemilihan warna kuning ini ada penjelasannya secara ilmiah, loh!

Udah penasaran ingin tahu alasannya, kan? Yuk, langsung simak aja!

1. Memiliki arti baik secara psikologis

Alasan Warna Kuning Sering Dipilih E03e6

Kalau kamu ingat film "Inside Out", emosi gembira digambarkan dengan warna kuning, kan?

Ternyata, menurut sebuah survei yang dilakukan oleh para peneliti, 72% dari partisipan berpendapat kuning adalah warna yang mencerminkan hal positif.

Sementara itu, hanya 0,2% dari partisipan saja yang menganggap warna kuning memiliki kesan negatif.

Hal ini kemudian membuat warna kuning mewakili keceriaan dan kesan santuy dari sebuah karakter, geng. Setuju, nggak?

2. Kuning adalah warna paling beda

Warna Kuning Karakter Kartun 54aab
Sumber foto: Brightside

Paling beda gimana nih, maksudnya? Gini, geng. Kuning termasuk dalam warna primer, sama seperti merah dan biru.

Hanya saja, diantara 3 warna ini, kuning adalah yang paling kontras dan menonjol.

Menurut spektrum warna, biru dan kuning berada di sisi yang berlawanan sehingga keduanya benar-benar terlihat berbeda.

Biru sendiri umum digunakan sebagai warna-warna latar belakang seperti langit dan lautan.

Maka dari itu, warna kuning tentu lebih oke untuk membuat karakter yang cerah dan menarik perhatian, geng!

3. Warna yang paling terlihat di segala situasi dan kondisi

Warna Kuning Dan Buta Warna 64bad
Sumber foto: Brightside

Sesuai dengan penjelasan di atas, warna kuning beda sendiri, geng. Karena itu, warna ini sangat mudah dikenali.

Dalam kondisi pencahayaan minim atau di hari yang cerah, kuning akan dapat tetap terlihat dengan jelas.

Bahkan, warna kuning masih bisa dibedakan oleh orang-orang penderita buta warna parsial tertentu, geng.

4. Menarik perhatian dengan mudah

Rambu Lalu Lintas Menggunakan Warna Kuning F6cb9

Nah, karena kuning terlihat dengan mudah kapanpun di manapun, itu berarti kuning mudah menarik perhatian bagi yang melihatnya.

Ini juga yang menjadi alasan mengapa warna kuning banyak digunakan untuk marka jalan dan rambu lalu lintas.

Bahkan, alam pun menggunakan warna kuning untuk menunjukkan hewan-hewan berbahaya seperti lebah beracun dan ular berbisa.

Konsep 'menarik perhatian' inilah yang kemudian diadopsi untuk memberi warna banyak karakter kartun.

5. Terasa akrab dan istimewa bagi anak-anak

Toko Mainan Warna Kuning 8e38d

Selain tokoh kartun, banyak loh merek untuk anak-anak yang menggunakan warna kuning. Contohnya Lego, Hot Wheels, dan Crayola.

Penggunaan warna kuning pada produk-produk yang berkorelasi dengan mainan dan kreativitas ini membuat anak-anak mendapat kesan bahwa kuning itu menyenangkan, geng.

Dalam sebuah studi, anak-anak diberikan kesempatan untuk memilih krayon warna kuning atau cokelat setelah mendengarkan cerita bahagia dan sedih.

Kebanyakan dari grup yang diberikan cerita bahagia memilih krayon warna kuning, dan grup anak-anak yang mendapat cerita sedih memilih warna cokelat.

Ini adalah bukti bahwa warna memiliki asosiasi dengan mood seseorang, geng! Keren, bukan?

Nah, itu dia mengapa konsep ini juga diterapkan ke pemilihan warna untuk karakter-karakter kartun. Wah, baru tahu, ya!

Akhir Kata

Wih, alasan nomor berapa aja yang kamu baru tahu, geng? Atau mungkin semuanya baru kamu dengar?

Ternyata memilih warna untuk karakter kartun bukan asal cap cip cup saja, tetapi melalui alasan ilmiah yang berdasar pada riset, geng.

Jadi, tokoh warna kuning mana yang paling kamu suka, nih?

Baca juga artikel seputar Kartun atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

20 Foto Terlarang Kehidupan Korea Utara yang Bocor ke Publik | Bikin Prihatin!

7 Anak Artis dengan Biaya Sekolah Termahal di Indonesia, Bisa Buat DP Mobil!

7 Artis Indonesia yang Gaet Anak Pejabat | Ada yang Berhenti dari Dunia Hiburan!

5 Artis Terkaya Indonesia yang Punya Orang Tua Sederhana, Bagai Bumi & Langit!

25 Quote Terbaru dan Terbaik Lord Fahri Skroepp, Dewa Bucin Panutan Netizen +62

ARTIKEL TERKAIT
Film Animasi Terbaik F8ba5
20+ Film Animasi Terbaik & Terbaru 2021, Dijamin Seru!
Kartun Illuminati Banner C97d0
7 Kartun yang Mengandung Unsur Illuminati, Sampai Dilarang KPI?
50 Gambar Kartun Lucu Dan Imut 2020 Bikin Ketawa Seharian 9821f
50+ Gambar Kartun Lucu dan Imut Terbaru 2021, Bikin Ketawa Seharian!
Film Kartun Lucu 4d281
12 Film Kartun Lucu Terbaik & Terbaru 2021, Seru & Menghibur!
Kartun Paling Kontroversial Banner 7bb91
7 Film Kartun Kontroversial, Ada yang Menjelekkan Nabi Muhammad!
7 Hal Kocak Dan Paling Gak Masuk Akal Dari Kartun Spongebob Masa Ikan Tenggelam 95198
7 Hal Kocak Gak Masuk Akal dari Kartun Spongebob, Masa Ikan Tenggelam?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal