Bawa Batu dari Mars, Ilmuwan Ingatkan Bahaya Virus Alien yang Bisa Menginfeksi Bumi

Default

Penelitian lebih lanjut terhadap planet Mars memang terus dilakukan hingga saat ini. Bagaimana tidak, Mars sendiri masih diyakini sebagai yang berpotensi dihuni manusia di kemudian hari.

Namun, penelitian bukannya tidak memiliki risiko, geng. Para ilmuwan saat ini sedang memperhitungkan kemungkinan timbulnya masalah jika penelitian terhadap Mars terus dilakukan.

Kekhawatiran paling besar timbul jika para ilmuwan harus membawa bebatuan Mars ke Bumi untuk diteliti. Mereka takut jika batuan yang mereka bawa dari planet itu mengandung virus berbahaya.

Pakar antariksa dari NASA pun menyatakan bahwa kemungkinan batuan berusia jutaan tahun dari Mars dapat mengandung virus, walau kemungkinan tersebut sangat kecil.

Meski begitu, pihak NASA berjanji akan memberikan kewaspadaan penuh jika hal itu tetap mereka lakukan.

Di satu sisi, para astronaut pun menyadari bahaya yang akan terjadi bagi penduduk Bumi jika ada virus yang terbawa pulang dari Mars.

"Saya mendengar bahwa pada saat ini masyarakat umum pasti akan khawatir adanya mikroba alien, virus, atau kontaminasi," kata Scott Hubbard, mantan direktur NASA Ames, seperti dilansir dari BGR, Kamis (18/11/2021).

NASA Ames sendiri adalah suatu pusat penelitian milik NASA yang berada di Silicon Valley, California.

Sementara Scott Hubbard merupakan salah satu ilmuwan NASA yang bertanggung jawab untuk perlindungan planetary. Ia yang merinci bagaimana NASA melindungi planet-planet dari kontaminasi.

Planet Mars 67f31

"Menurut pendapat saya dan para ilmuwan, sangat kecil kemungkinan bahwa batuan dari Mars yang berusia jutaan tahun itu bisa mengandung bentuk kehidupan aktif yang dapat menginfeksi Bumi," kata Hubbard.

Namun sebagai bentuk berjaga-jaga, menurutnya ada upaya besar untuk memutus mata rantai antara pesawat antariksa yang membawa sampel batuan Mars kembali ke Bumi.

"Sebagai contoh, sedang direncanakan upaya penyegelan dan pemanggangan sampel pada suhu panas untuk menciptakan tiga atau empat level containment," ujar Hubbard.

Sebagai perwakilan pihak NASA, ia dapat memastikan bahwa badan antariksa AS itu tidak akan menganggap enteng potensi adanya virus dari batuan Mars yang dibawa pulang.

Seperti yang dilansir dari New York Post, virus yang berada di Mars bisa saja sama berbahayanya dengan Ebola.

Oleh karena itu, ia menjelaskan bahwa sampel-sampel yang didapat akan mereka perlakukan layaknya protokol penanganan virus Ebola meskipun kemungkinan adanya virus semacam itu sangat kecil.

"Meski memiliki risiko sangat rendah, namun sampel-sampel tersebut akan dikarantina dan diperlakukan layaknya virus Ebola sampai terbukti aman," lanjutnya.

Munculnya kekhawatiran semacam ini bukannya tanpa sebab, geng. Pasalnya, pesawat tak berawak milik NASA, Perseverance, memang telah mendarat di Kawah Jezero, Mars, pada 18 Februari 2021.

Misi bernama Mars 2020 itu pada dasarnya diprogram untuk mengumpulkan sampel bebatuan dan tanah demi mengungkap jejak kehidupan purba di Mars.

Jadi sangat wajar jika NASA mempersiapkan adanya kemungkinan sampel tersebut telah terpapar virus alien yang sebelumnya telah membentuk kehidupan di Mars.

Adapun terkait rencana NASA untuk mengirimkan manusia ke Mars pada awal tahun 2035, para astronaut dipastikan akan menjalani masa karantina terlebih dahulu ketika kembali ke Bumi.

Hal itu pula yang sebelumnya pernah NASA lakukan ketika manusia pertama berhasil mengunjungi bulan pada misi Apollo.

"Untuk penerapan protokol bagi manusia, para astronaut Apollo dari misi Bulan lebih dulu dikarantina untuk memastikan mereka tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit," Imbuh Hubbard.

Tidak hanya khawatir soal kontaminasi virus Mars di Bumi, para ilmuwan NASA pun pada dasarnya juga tidak ingin manusia bisa menyebarkan kumannya sendiri di Mars.

Untuk mengatasinya, NASA tengah mengembangkan proses penyaringan mikroba untuk membuang materi berbahaya sebelum nantinya melepaskan manusia ke panet Mars.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT
3 339f2
5 Rekor Dunia Paling Gila Sepanjang Masa
12 097b0
6 Rekor Dunia Video Game Paling Mencengangkan yang Pernah Dibuat
Foto Permukaan Bulan F3a18
10 Foto Indah Detail Permukaan Bulan yang Diambil Bocah 16 Tahun
Untitled Design 2021 02 23t175336 310 Ae761
7 Rekor Dunia Gaming di Guinness World Records, Ada Bocah Hingga Gamer Difabel!
Banner Jadi 654e1
7 Film yang Berhasil Memecahkan Rekor Dunia, Ada dari MCU?
Hacker Cilik Paling Berbahaya D806f
Ada Bocah 5 Tahun?! Ini 5 Hacker Cilik Paling Berbahaya di Dunia
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal