J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Viral Video Hoaks Robot Perseverance di Mars | Trending di Twitter!

Selasa, 23 Feb 2021, 13:45 WIB
Video hoaks robot Perseverance di Mars menjadi viral dan trending di media sosial Twitter. Benarkah ini video dari Perseverance langsung?

Pendaratan rover Perseverance NASA di Mars telah menunjukkan pencapaian luar biasa sebagai misi luar angkasa paling ambisius.

Beberapa hari setelah pendaratan dramatis di gurun Mars, rover ini masih belum memulai penjelajahan di sekitar planet merah.

Namun, sebuah video viral yang beredar di Twitter dan telah ditonton 25,7 juta kali sejak artikel ini dibuat, menunjukkan pemandangan di Mars yang disebut dari robot Perseverance.

Hoaks Pendaratan Di Mars 8fe33

Video tersebut turut menyertakan audio yang menipu para penontonnya, di mana seakan-akan menampakkan suasana pemandangan yang ditangkap oleh Perseverance.

Padahal panorama yang ditampilkan dalam video itu berasal dari rover Mars Curiosity yang mendarat di Mars pada tahun 2012 lalu.

Selama bertahun-tahun, Curiosity telah menangkap banyak sekali citra Mars dan telah berjalan sejauh 25 km di atas medan berbatu.

Mengapa Itu Bukan Video Milik Perseverance?

Perseverance NASA 3f328

NASA belum menginstruksikan Perseverance untuk menjelajah ke mana pun. Padahal dalam video tersebut menunjukkan jejak panjang trek rover.

NASA juga belum menginstruksikan Perseverance untuk mengangkat tiang kameranya yang memungkinkan untuk menangkap gambar seperti itu.

Di akhir video, kamu akan dapat melihat tulisan "Curiosity" terpampang jelas di tubuh rover bagian kiri bawah.

Perlu untuk diketahui kalau Perseverance memiliki mikrofon untuk menangkap suara Mars. Penjelajah Curiosity tidak memiliki mikrofon ini.

Sekitar dua tahun lalu para insinyur badan antariksa NASA baru menemukan cara cerdas untuk 'mendengarkan' angin di Mars menggunakan pendarat InSight NASA.

Namun, suara dalam video tersebut tidak ada hubungannya dengan citra tangkapan dari robot Curiosity.

Video tersebut terlihat seperti diambil di punggung bukit yang tinggi. Sedangkan, Perseverance sengaja mendarat di kawah dekat delta sungai kuno, tempat NASA percaya air pernah ada di Mars.

Penjelajah Perseverance, dilengkapi dengan teknologi luar biasa untuk mencari bukti potensial dari kehidupan mikroba masa lalu di Mars.

Daripada kamu kena tipu oleh video hoaks di Twitter, cukup ikuti saja akun resmi Perserverance NASA. Mereka cukup update dalam memberikan informasi terbaru!

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

ARTIKEL TERKAIT
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Pandemi Covid19 2021 Bisa Lebih Buruk Dari 2020 41167
WHO: Pandemi COVID-19 di 2021 Bisa Lebih Buruk dari 2020
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Lukisan345 3850a
Lukisan Goa Tertua di Dunia Ditemukan di Indonesia, Begini Penampakannya!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal