7 Artis Indonesia yang Pernah Gagal Berbisnis, Rugi Miliaran Rupiah!

Berkarier sebagai artis akan mendatangkan banyak uang dari penghasilan yang relatif tinggi. Penghasilan tersebut digunakan oleh artis untuk berbagai kepentingan.

Salah satunya adalah untuk berbisnis. Ada banyak artis yang menggunakan penghasilan yang didapat dari industri hiburan untuk dijadikan modal usaha.

Sayangnya, meski memiliki nama yang tenar, tidak semua artis bisa sukses dalam berbisnis. Bahkan, ada juga bisnis yang gagal hingga akhirnya malah bikin rugi.

Nah, pada artikel kali ini Jaka bakal mengulas deretan artis Indonesia yang pernah gagal berbisnis. Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Bunga Citra Lestari

Bis1 Custom A4e5c

Bunga Citra Lestari alias BCL pernah membuka bisnis restoran Korea di Jakarta pada 2013. Restoran ini diberi nama Bulgogi Brothers.

Awalnya restoran ini menyajikan aneka makanan khas Korea seperti kimchi, bulgogi, hingga tteokbokki. Tapi, bisnisnya ini kalah saing dengan restoran serupa.

Dengan terpaksa, penyanyi yang terkenal di Korea Selatan ini pun akhirnya menutup permanen restorannya yang berada di Lotte Shopping Avenue.

2. Tommy Kurniawan

Bis2 Custom 645cb

Generasi 90-an pasti kenal dengan artis tampan Tommy Kurniawan. Aktor yang berperan di film Eiffel I'm In Love 2 ini sempat melakoni bisnis pertambangan batu bara.

Nahas, ia gulung tikar pada 2013 karena ditipu dan ditinggalkan oleh mitranya. Selain itu, ia juga merasa belum cukup mampu untuk menjalani bisnis di bidang tersebut.

Meski pernah gagal, ia tidak menyerah untuk mencoba berbisnis kembali. Kabarnya, ia mengembangkan bisnis di bidang olahraga karena menyukai dunia itu.

3. Marcel Chandrawinata

Bis3 Custom 4a536

Jarang ada yang tahu bahwa Marcel Chandrawinata pernah beberapa kali berkecimpung di dunia bisnis. Tapi, ia sering kali gagal.

Saudara kembar dari Mischa Chandrawinata ini pernah mencoba bisnis ekspor-impor tas tapi gagal hingga ia merugi sebesar Rp3,5 miliar. Ia juga pernah membuka bengkel dan gagal kembali.

Artis yang lahir di luar negeri ini sempat mengaku bahwa salah satu penyebab kegagalannya dalam berbisnis adalah karena terlalu percaya pada rekan bisnisnya.

4. Raffi Ahmad

Bis4 Custom C78d6

Raffi Ahmad dikenal sebagai salah satu artis yang memiliki banyak usaha. Tapi, bukan berarti semua bisnis miliknya selalu sukses di pasaran.

Buktinya, Raffi bersama Nagita pernah menggeluti bisnis kuliner dengan brand Bakmi RN yang sempat viral di awal pembukaan. Tapi tak lama, Bakmi RN pun bangkrut.

Meski rasa sajiannya cukup nikmat, sayangnya artis Indonesia terkaya ini terpaksa menutup semua cabang Bakmi RN satu per satu di tahun 2019.

5. Baim Wong

Bis5 Custom 12d0c

Warga Depok pasti tahu hebohnya Bakmi Wong besutan Baim Wong saat pertama kali dibuka. Selain depok, kedai ini juga memiliki cabang di Bintaro dan Bendungan Hilir.

Meski kedainya cukup ramai, artis yang terkenal dermawan ini justru menutup semua kedainya secara permanen. Ia pun merugi hingga Rp1,5 miliar.

Karena kegagalan ini, Baim bahkan rela menjual mobilnya untuk ganti rugi. Untungnya, semua itu terganti dengan kesuksesannya saat ini.

6. Ayu Ting Ting

Bis6 Custom 6bbd0

Toko kue milik Ayu Ting Ting sempat viral di tahun 2018 bersamaan dengan maraknya bisnis kue yang digandrungi artis Indonesia saat itu.

Meski sempat naik daun, toko bernama Kuenya Ayu ini tidak berumur panjang. Outlet yang berada di Depok, Bekasi, dan Tangerang pun tutup satu per satu.

Sebelum bangkrut, bisnis milik artis dengan haters terbanyak ini sempat dikritik oleh vlogger makanan. Kue miliknya disebut tidak selezat milik artis lainnya.

7. Nia Ramadhani

Bis7 Custom F5399

Sama seperti artis sebelumnya, Nia Ramadhani juga sempat membuka bisnis kuliner bernama Roti Mama Nia. Tapi sejak awal pembukaan, produknya langsung mendapat kritikan.

Masyarakat dan food vlogger menilai rasa produknya tidak sebanding dengan harga yang ditawarkan. Untuk 1 dus berisi 6 buah roti, Nia mematok harga Rp72 ribu.

Selang beberapa waktu, cabang usaha milik artis yang nikah muda ini satu per satu ditutup. Akun Instagram-nya pun sudah tidak aktif lagi sejak Juli 2019.

Akhir Kata

Itulah 7 artis Indonesia yang pernah gagal berbisnis. Mengeruk modal tinggi dan mengandalkan nama mereka yang terkenal rupanya tidak cukup ampuh untuk melambungkan bisnisnya.

Meski rugi hingga miliaran rupiah, mereka kini tetap sukses di industri hiburan. Bahkan, beberapa di antara mereka masih belum menyerah untuk membuka usaha baru.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
A Inter 1 5cd6d
7 Film dengan Teori Sains Paling Akurat, Plotnya Kelewat Jenius!
Film Serial Tv Sindir Indonesia 4e587
7 Adegan Film & Serial TV yang Sindir Indonesia, Rusak Citra Bangsa!
Aktor Dengan Bagian Tubuh Termahal 112d1
7 Seleb dengan Asuransi Tubuh Termahal, Biar Gak Diculik Alien!
Film Aktor Membunuh Orang Lain 7d68d
Biadab! 7 Aktor Ini Membunuh Orang Lain, Aktor Marvel Termasuk!
Tags Terkait: artis
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal