7 Sinetron Indonesia Paling Sering Kena Tegur KPI, Tetap Banyak yang Nonton!

Default

Sinetron Indonesia terkenal memiliki jumlah episode yang panjang. Tidak sedikit juga memiliki jalan cerita yang agak kontroversial.

Seperti sinetron yang mengangkat tema percintaan remaja yang masih berada di lingkungan sekolah. Ada juga tema konflik dan perselisihan keluarga tetapi berisi dengan kekerasan fisik dan verbal.

Sehingga tidak heran ada beberapa sinetron Indonesia ini yang sempat kena tegur Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bahkan berulang kali.

Pasalnya, sinetron-sinetron ini dianggap menayangkan tayangan yang dinilai melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).

Apa saja sinetron Indonesia yang sering kena tegur KPI itu? Beriku ini Jaka sudah merangkum daftarnya, simak hingga selesai, yuk!

1. "Diam-Diam Suka"

Diam Diam Suka Sinetron Ditegur KPI 10b71

Sinetron Indonesia memiliki 452 episode ini tayang selama satu setengah tahun tanpa break sejak tahun 2013 dan tamat pada tanggal 22 Februari 2015 lalu.

Namun, sinetron ini justru beberapa kali menuai tegur dan sanksi dari KPI lantaran menampilkan adegan kekerasan seperti adu pukul dan perkelahian di kalangan remaja.

Tidak hanya itu, tayangan ini juga mengangkat cerita percintaan anak remaja di lingkungan sekolah turut membuat sinetron ini menjadi sorotan dan kritik masyarakat.

2. "Ayah Mengapa Aku Berbeda"

Ayah Mengapa Aku Berbeda Sinetron Ditegur KPI 1500d

Siapa yang pernah nonton sinetron satu ini? Sinetron yang selama penayangannya menggunakan iklan melankolis untuk menarik penonton ini ternyata juga sempat kena tegur KPI.

Sinetron ini dibintangi Dinda Hauw dan Immanuel Caesar Hito dan diproduksi Sinemart pada tahun 2014.

Lantaran serial drama ini menayangkan sejumlah adegan seorang siswa yang mendapatkan tindak intimidasi dari teman-teman sebayanya.

Bahkan adegan perundungan ini ditampilkan dengan jelas adegan demi adegan yang membuat sinetron ini mendapatkan teguran keras KPI.

Tak cuma itu, sejumlah dialog kekerasan verbal pun ikut ditayangkan! Seperti makian anak pembawa celaka, muka tembok, badan batako, dan lainnya. Parah sekali, bukan?

3. "Ganteng-Ganteng Serigala"

Ganteng Ganteng Serigala Sinetron Ditegur KPI 6907b

Sinetron terpopuler di tahun 2014 ini tidak cuma ditegur, bahkan diberi sanksi penghentian penayangan selama beberapa hari!

Sinetron yang dibintangi oleh Jessica Mila dan Kevin Julio ini dianggap tidak memperlihatkan nilai-nilai kebaikan dalam penayangannya.

Pasalnya serial drama ini mengangkat tema cerita tentang kelompok anak SMA yang berkelahi demi gengsi dan percintaan.

Adegan yang paling kontroversial? Tentu saja, adegan yang menampilkan sepasang kekasih yang bermesraan di lingkungan sekolah mereka. Wow, sungguh impresif.

4. "Pashmina Aisha"

Pashmina Aisha Sinetron Ditegur KPI E9a52

Pashmina Aisha rupanya juga masuk ke dalam daftar sinetron yang kena teguran KPI. Pasalnya, sinetron ini kerap menampilkan adegan yang tidak pantas.

Apalagi jam penayangannya yang mengambil di waktu utama (prime time) sehingga rawan untuk ditonton anak-anak di bawah umur.

Dibintangi oleh Aura Kasih, Baim Wong, dan mendiang Ashraf Sinclair ini dapat sorotan lantaran ada adegan kekerasan parah. Adegan ini menayangkan seorang wanita memukul perut dan kaki temannya pakai tongkat bisbol.

5. "Siapa Takut Jatuh Cinta"

Siapa Takut Jatuh Cinta Sinetron Ditegur KPI Bb5fc

Salah satu sinetron terpopuler yang tayang di tahun 2017 ini mengadopsi serial drama asal Taiwan, Meteor Garden.

Diperankan oleh Natasha Wilona dengan Verrel Bramasta. Sinetron ini memiliki sejumlah tayangan yang tidak layang ditonton anak usia remaja.

Sehingga sinetron ini kerap jadi sorotan dan kena tegur KPI. Misalnya, adegan pemeran pria dan wanita yang saling bercumbu di atas ranjang. Memang sinetron yang kontroversial sekali.

6. "Inayah"

Inayah Sinetron Ditegur KPI F4116

Sinetron yang ditayangkan dalam stasiun televisi swasta ANTV ini kedapatan beberapa kali menayangkan adegan kekerasan.

Alhasil, sinetron "Inayah" juga mendapat teguran tertulis berulang kali dari KPI. "Inayah" kedapatan menampilkan adegan penganiayaan, kekerasan fisik, dan tindakan pembunuhan terencana.

Tidak hanya dalam satu episode, bahkan hal ini ada dalam beberapa episode! KPI menyebut sinetron ini menampilkan ketiga tindakan tersebut pada karakter wanita berkebutuhan khusus. Sadis banget, nih!

7. "Dari Jendela SMP"

Dari Jendela SMP Sinetron Ditegur KPI Ee84a

Satu lagi sinetron asal stasiun televisi swasta SCTV yang terkena teguran keras dari KPI adalah "Dari Jendela SMP".

KPI resmi menjatuhkan sanksi teguran terhadap sinetron ini sesuai dengan hasil rapat pleno yang menyatakan program ini telah melanggar lima pasal aturan penyiaran.

Termasuk memuat gambaran yang tak sesuai dari perkembangan psikologis remaja. Ketua KPI Pusat, Agung Suprio, menyebutkan jalan cerita di sinetron ini memberikan contoh tidak baik.

Seperti kehamilan di usia muda tanpa klarifikasi yang bisa digunakan untuk pendidikan reproduksi dan pacaran di lingkungan sekolah.

Akhir Kata

Nah, itu dia kumpulan sinetron Indonesia yang berulang kali kena tegur pihak KPI. Sayang sekali! Padahal seharusnya mereka bisa menayangkan konten yang lebih mendidik bagi masyarakat Indonesia.

Daripada menonton sinetron-sinetron tadi mending nonton film ini yang bisa bikin kamu lebih dewasa:

Film Dewasa Untuk Ditonton Remaja 98aad
7 Film Dewasa Yang Wajib Ditonton Remaja, Biar Gak Kaku & Cupu!
Film dewasa memang hanya bisa ditonton oleh mereka yang sudah berusia 17 tahun ke atas. Tapi nyatanya, ada juga film dewasa yang bisa ditonton oleh remaja!
LIHAT ARTIKEL

Adakah sinetron lain yang harus dimasukkan dalam daftar ini? Bagikan pendapatmu di dalam komentar, yuk!

Baca artikel mengenai Film atau artikel menarik lainnya dari JalanTikus.com.

ARTIKEL TERKAIT
Pjimage 1 8f549
No Sensor! 7 Film Hot Indonesia yang Laku & Bebas Tayang di Bioskop
Aktor Yang Memiliki Banyak Hutang Banner Dcf04
7 Aktor yang Memiliki Banyak Hutang, Gak Nyangka!
Aktor Yang Mendapat Kutukan Oscar Banner Fa9ed
7 Aktor yang Mendapat Kutukan Oscar, Bukan Cuma Mitos!
Peran Paling Memalukan Yang Dibintangi Aktor Ternama Banner 95073
7 Peran Paling Memalukan yang Dibintangi Aktor Ternama, Nyesel Abis!
Film Dengan Judul Paling Pendek Di Dunia Banner 38314
7 Film dengan Judul Paling Pendek di Dunia, Ada yang Cuma Satu Huruf!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal