Wow! Operasi Transplantasi Kepala Manusia Pertama di Dunia Diklaim Berjalan Sukses

Default

Seiring waktu, inovasi akan dunia medis memang semakin berkembang, salah satunya di bidang transplantasi organ tubuh manusia, geng.

Seperti yang dilakukan seorang ahli saraf dari Italia bernama Dr Sergio Canavero ini misalnya. Ia mengaku telah berhasil melakukan operasi transplantasi kepala manusia pertama di dunia, lho.

Menariknya, operasi tersebut diklaim telah berjalan dengan sukses. Namun, kamu jangan salah sangka dulu, sebab operasi yang dimaksud ini rupanya masih dalam tahap uji coba.

Ya, karena masih dalam tahap uji coba, maka Canavero melakukan bedah transplantasi tersebut dengan menggunakan kepala mayat untuk dicangkok ke badan mayat lainnya, geng.

Uji coba ini bukannya tak menuai banyak kontroversi. Bahkan karena tidak didukung untuk dilakukan di Amerika Serikat (AS), maka proses transplantasi kepala manusia ini akhirnya dilakukan di Tiongkok.

Selain itu, alasan lain mengapa Canavero memilih Tiongkok adalah karena transplantasi tersebut akan dlakukan bersama dokter asal Tiongkok bernama Dr Xiaoping Ren.

Xiaoping sendiri pada dasarnya bukanlah orang baru di bidang transplantasi organ tubuh manusia.

Menurut informasi, dokter yang satu ini telah berhasil melakukan transplantasi kepala tikus ke sebanyak 1.000 ekor tikus.

Tranplantasi Kepala Manusia 9b552

Belum sampai di situ, Canavero pun memiliki misi agar Tiongkok dapat menjadi negara yang menguasai banyak hal, termasuk di bidang transplantasi organ tubuh manusia.

"AS tidak pernah mengerti. Kesempatan ini akhirnya jatuh pada Tiongkok. Presiden Xi Jinping ingin mengembalikan kekuatan Tiongkok di semua bidang. Saya hadir untuk membantu dan berkontribusi," kata Canavero, dilansir dari USA Today, Senin (22/11/2021).

Canavero juga menyebut bahwa uji coba transplantasi kepala manusia itu telah berhasil dilakukan setelah melalui proses selama 18 jam.

Namun, ia sendiri tidak menjelaskan secara lebih rinci tingkat keberhasilan tersebut, sebab uji coba memang dilakukan hanya pada mayat.

Tidak hanya AS, Canavero juga mengatakan bahwa penolakan atas uji coba yang dia lakukan ini juga terjadi di Eropa.

Penolakan demi penolakan atas idenya tersebut didasarkan pada anggapan para dokter yang merasa bahwa kepala manusia tidak dapat ditransplantasi secara utuh agar tetap bisa bekerja di tubuh lain.

Bahkan karena hal ini, Canavero sampai dijuluki dengan "Dr Frankenstein" karena obsesinya terhadap transplantasi organ tubuh manusia.

Meski begitu, Canavero tidak menghiraukan hal itu dan tetap menjalankan proses transplantasi kepala manusia pertamanya di dunia yang akhirnya dilakukan di Tiongkok.

Sayangnya, banyak ahli yang meragukan klaim kesuksesan operasi tersebut. Para ahli di bidang medis menngatakan bahwa transplantasi kepala adalah yang tak masuk akal, baik berdasarkan sains maupun etika.

Arthur Caplan, profesor bioetika di New Yor University misalnya, yang sama sekali tidak percaya bahwa transplantasi kepala memungkinkan untuk dilakukan.

Menurutnya, jika sistem imun dalam tubuh mengenali bagian tubuh yang bukan berasal dari tubuhnya, maka sistem imun akan menyerangnya.

Hal ini tentu saja berisiko besar untuk mematikan organ yang ditransplantasi meskipun dilakukan upaya pengobatan untuk menekan kerja sistem imun.

Transplantasi kepala sendiri ternyata pernah dilakukan pada hewan, lho. Lebih tepatnya pada tahun 1970, ketika Robert White melakukan transplantasi kepala monyet lumpuh ke tubuh monyet lain yang sehat.

Setelah selesai dilakukan, operasi tersebut menunjukkan kesuksesan karena monyet yang ditransplantasi mampu menggerakkan bola mata, mendengar, mengecap, dan membaui.

Sayangnya, monyet tersebut ternyata hanya mampu bertahan hidup selama sembilan hari karena sistem imun dari tubuh donornya menolak berada di kepala baru.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT
3 339f2
5 Rekor Dunia Paling Gila Sepanjang Masa
12 097b0
6 Rekor Dunia Video Game Paling Mencengangkan yang Pernah Dibuat
Foto Permukaan Bulan F3a18
10 Foto Indah Detail Permukaan Bulan yang Diambil Bocah 16 Tahun
Untitled Design 2021 02 23t175336 310 Ae761
7 Rekor Dunia Gaming di Guinness World Records, Ada Bocah Hingga Gamer Difabel!
Banner Jadi 654e1
7 Film yang Berhasil Memecahkan Rekor Dunia, Ada dari MCU?
Hacker Cilik Paling Berbahaya D806f
Ada Bocah 5 Tahun?! Ini 5 Hacker Cilik Paling Berbahaya di Dunia
Tags Terkait: iptek
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal