5 Teori Konspirasi yang Terbukti Benar, Ngeri & Gak Manusiawi!

Default

Teori konspirasi bukanlah hal baru. Sudah banyak teori konspirasi tentang berbagai hal di dunia yang tersebar luas di internet.

Tentunya, tidak semua teori bisa dimakan mentah-mentah tanpa dibuktikan kebenarannya. Sebab, banyak pula teori yang salah dan menyesatkan.

Meski begitu, ternyata ada beberapa teori yang pada akhirnya terbukti benar dan terasa begitu mengerikan dan lebih seram dari cerita fiksi.

Nah, kali ini Jaka bakal mengulas teori konspirasi yang terbukti kebenarannya hingga ramai diperbincangkan. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Mata-Mata AS di Media Sosial

Mata Mata AS 882c5

Pada Juni 2013, mantan anggota Central Intelligence Agency (CIA), Edward Snowden, membocorkan ribuan dokumen rahasia ke publik.

Salah satunya adalah tentang jaringan intel Amerika Serikat dan negara adidaya lain yang bertujuan untuk memata-matai penduduk sipil melalui jejaring media sosial.

Pada 2016, pemerintah AS mengirim permintaan untuk 50.000 data pengguna Facebook, 28.000 data pengguna Google, dan 9.000 data dari Apple.

Hal ini mengerikan karena badan yang seharusnya menjaga keamanan internasional justru melakukan operasi spionasi kepada warga sipil dan pemerintah negara lain.

2. Project MKUltra

MKUltra Ee3d6

Salah satu teori konspirasi yang sempat menghebohkan adalah Project MKUltra. Tapi, teori ini akhirnya terbukti nyata dan benar-benar terjadi.

Project MKUltra disebut program pengendalian pikiran CIA. Proyek ini dilakukan dalam rangka identifikasi dan pengembangan pada pengobatan.

Dampak dari obat tersebut dapat memaksa pengakuan pada pasiennya dengan memegang kendali pada pikirannya. Ngeri banget, kan?

Project MKUltra menguji obat-obatan psikedelik dan halusinogenik pada warga AS dan anggota militernya. Hal ini dilakukan tanpa sepengetahuan mereka.

Tapi, proyek ini dianggap ilegal karena dapat merusak jaringan otak dan membuat pasien trauma. Oleh karenanya, proyek ini resmi dihentikan pada tahun 1973.

3. Proyek Manipulasi Cuaca

HAARP 3a2d5

Teori konspirasi mengenai High Frequency Active Auroral Research Program (HAARP) menyebut bahwa proyek ini dapat mengendalikan cuaca.

Bahkan, proyek HAARP dituduh sebagai biang keladi bencana seperti tornado, gempa bumi, hingga banjir yang menimpa AS dan negara lain.

Teori tersebut tidak sepenuhnya salah. Proyek HAARP adalah penelitian lanjutan dari penelitian teknik penyemaian awan untuk meningkatkan curah hujan di AS.

HAARP diinisiasi oleh Pentagon di bawah arahan Defense Advance Research Project Agency (DARPA). Stasiun cuaca tersebut diklaim mampu mempengaruhi ionosfer dan stratosfer.

4. Pendeteksi LGBT

Fruit Machine 2b396

Pada sekitar tahun 60-an, teori konspirasi menyebut bahwa Kanada sedang mengembangkan alat untuk mendeteksi orang-orang homoseksual.

Teori ini akhirnya terbukti nyata. Seorang profesor dari Carleton University, Frank Robert Wake, mengembangkan dan menggunakan alat bernama Fruit Machine.

Alat ini digunakan untuk mendeteksi orang-orang gay di antara aparatur negara, seperti di kepolisian, militer, dan pegawai negeri sipil Kanada.

Saat itu, Pemerintah Kanada mengembangkan proyek ini karena ingin menyingkirkan seluruh orang yang dianggap berpotensi penyuka sesama jenis.

Fruit Machine dipasang ke obyek yang diperiksa, lalu memperlihatkan gambar pornografi sesama jenis. Lalu alat akan mengukur pelebaran pupil, pernapasan, dan denyut nadi.

Akhirnya, 9.000 orang dipecat sebelum pendanaannya dipotong. Proyek ini pun tidak berjalan lagi karena alasan kemanusiaan dan pelanggaran privasi.

5. Project SUNSHINE

Sunshine C195a

Di balik namanya yang terkesan terang, Project SUNSHINE memiliki konspirasi yang sangat gelap hingga bisa bikin kamu bergidik ngeri.

Project SUNSHINE dihelat oleh Komita Energi Atom AS dan Angkatan Udara AS. Proyek ini dirancang untuk menyelidiki efek radiasi nuklir pada manusia dan lingkungan.

Uji coba Project SUNSHINE dilakukan pada bagian tubuh anak-anak dan bayi di AS yang sudah meninggal tanpa seizin dan sepengetahuan orangtuanya.

Penggunaan bagian tubuh anak dilakukan karena kandungan strontium dalam tulang, mereka yang lebih rentan terhadap kerusakan radiasi.

Proyek ini dilakukan pada tahun 1953 dan dirahasiakan dari publik. Hingga kemudian proyek ini dibuka pada tahun 1956.

Melansir The New York Times, Komisioner AEC saat itu, Dr. Willard Libby menyebut, penelitian ini tidak memiliki data yang cukup karena sulitnya akses terhadap sampel tubuh anak-anak.

Akhir Kata

Itulah ulasan mengenai 5 teori konspirasi yang terbukti benar. Teori yang awalnya dianggap salah dan menyesatkan pun akhirnya dibantah oleh fakta yang ada.

Beberapa proyek di atas akhirnya dihentikan karena menuai kontroversi dan dianggap tidak manusiawi. Tapi, apakah proyek tersebut benar-benar dihentikan?

Baca juga artikel seputar Fakta Unik atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Temuan Ffb44
7 Penemu yang Terbunuh oleh Temuannya Sendiri, Inovasi Berujung Petaka!
Netizen Indonesia Banner 1 96722
Riset: Netizen Indonesia Paling Gak Sopan dan Barbar, Suka Nyinyir?
Kota Dengan Internet Tercepat Di Indonesia Banner
5 Kota Dengan Internet Tercepat di Indonesia, Jakarta Bukan Pertama?
Hantu Yang Jarang Diketahui 876ea
7 Hantu Seram di Indonesia yang Jarang Diketahui, Bikin Merinding!
Benarkah Gojek Dan Tokopedia Akan Merger Banner 19cde
Benarkah Gojek dan Tokopedia Akan Merger? Ini Faktanya
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal