7 Sutradara Hollywood Terkaya Sepanjang Masa | Bukan Kaleng-Kaleng!

Default

Selama ini, kehidupan artis-artis Hollywood terlihat mewah dan glamor. Hal ini tidak terlalu mengherankan karena sebanding dengan bayaran mereka.

Tapi, sebenarnya gemerlap industri perfilman Hollywood lebih dari sekadar mereka yang tampil di depan kamera. Sutradara yang mengarahkan film-film box office juga tidak kalah dari segi pendapatan.

Jika film garapan mereka berhasil meraih penjualan tiket yang mengesankan, maka hal ini turut membantu menambah pundi-pundi kekayaan mereka.

Mau tahu siapa saja sutradara Holywood yang memiliki penghasilan terbesar sepanjang masa? Kalau begitu, simak daftarnya di bawah ini.

7 Sutradara Hollywood dengan Penghasilan Terbesar

Membuat film bukanlah suatu hal yang murah. Dibutuhkan modal besar agar film yang diproduksi bisa maksimal.

Tapi, jika film tersebut berhasil, maka seluruh kru akan mendapatkan untung yang besar. Salah satu yang turut menikmati hasilnya tentu saja sutradara.

Kamu bisa melihat contohnya pada sutradara paling kaya di Hollywood berikut ini yang punya kekayaan hingga ratusan triliun rupiah. Siapa saja?

1. Christopher Nolan

Christopher Nolan 27fde

Langganan menghasilkan film-film blockbuster musim panas, Christopher Nolan selalu meraih pendapatan ratusan juta dollar untuk setiap filmnya.

Salah satu karyanya yang paling terkenal tentu saja trilogi Batman yang menjadi film superhero terbaik sepanjang masa. Ia juga menyutradarai film-film klasik seperti Memento (2000) dan Inception (2010).

Meskipun film terakhirnya, Tenet (2020), tidak mendapat penghasilan seperti yang diharapkan akibat pandemi, namun total kekayaan Nolan tetap banyak lho, yaitu Rp66 triliun.

2. David Yates

David Yates F46dd

Penggemar franchise film Harry Potter pasti sudah tidak asing dengan nama David Yates. Bukan hanya menyutradarai film-film original Harry Potter, Yates juga mengarahkan serial spin-off-nya, yaitu Fantastic Beasts.

Seperti yang banyak diketahui, Harry Potter memiliki basis penggemar yang begitu besar. Tidak heran jika film-filmnya selalu sukses dari segi pendapatan.

Empat film Harry Potter yang disutradarai Yates, mulai dari Harry Potter and the Order of the Phoenix (2007), tidak ada yang mendapatkan kurang dari Rp12,6 triliun secara global. Oleh karena itu, cukup mudah baginya untuk mengumpulkan kekayaan total Rp85 triliun.

3. James Cameron

James Cameron C4bc1

Bukan hanya satu, melainkan dua film pemecah rekor dunia yang dihasilkan James Cameron. Tidak heran jika kekayaan totalnya mencapai Rp87,7 triliun.

Titanic (1997) menjadi film pertama di dunia yang berhasil meraih 1 milyar USD dan menjadi film berpendapatan terbesar sepanjang masa selama 12 tahun.

Lalu, rekor tersebut dikalahkan oleh film Cameron yang lain, yaitu Avatar (2009). Bedanya, film tentang ras alien Na'vi ini menjadi yang pertama di dunia yang meraih 2 milyar USD.

4. Michael Bay

Michael Bay 92407

Meskipun tidak terlalu disukai kritikus dan dianggap sebagai salah satu sutradara terburuk di Hollywood, namun kekayaan Michael Bay tidak main-main, lho.

Ciri khas film Bay adalah penggunaan efek dan ledakan besar. Oleh karena itu, rating tertinggi yang berhasil ia dapatkan sejak 20 tahun yang lalu hanya 66% di Rotten Tomatoes.

Karya terbaiknya bisa dibilang franchise film Transformers yang menghasilkan Rp67,5 triliun. Keenam film di serial tersebut membantu Bay mendapatkan kekayaan total Rp90,5 triliun. Lumayan untuk seorang sutradara terburuk.

5. Peter Jackson

Peter Jackson Cb761

Adaptasi Peter Jackson terhadap novel The Lord of the Rings bisa dibilang sama prestisiusnya jika dilihat dari segi film. Ia berhasil memperkenalkan serial tersebut kepada audiens yang lebih luas dengan cara yang epik.

Bersama dengan The Hobbit yang merupakan trilogi prekuelnya, The Lord of the Rings menjadi salah satu franchise film paling sukses, menghasilkan hampir Rp84 triliun secara global.

Sementara kekayaan yang diraih sutradaranya jauh lebih banyak lagi, yaitu Rp92 triliun. Kebayang untuk apa saja uangnya?

6. Anthony dan Joe Russo

Joe And Anthony Russo 4f2c8

Berada di atas The Lord of the Rings, Marvel Cinematic Universe (MCU) adalah franchise film berpendapatan terbesar di dunia. Dari 23 film, totalnya hampir 23 miliar USD, yang berarti pendapatan setiap film hampir 1 miliar USD.

Russo bersaudara, Anthony dan Joe, telah menyutradarai dua film terakhir Captain America, Avengers: Infinity War (2018), dan Avengers: Endgame (2019) yang menjadi film dengan keuntungan terbesar dekade lalu, bahkan sepanjang masa.

Tidak heran, kan, jika kakak beradik ini menjadi salah satu sutradara terkaya di Hollywood? Dengan total penghasilan Rp96 triliun, rasanya angka ini masih bisa bertambah mengingat mereka masih ada proyek-proyek baru.

7. Steven Spielberg

Steven Spielberg 18605

Sebagai salah satu sutradara paling berpengaruh di industri perfilman modern, Steven Spielberg memuncaki daftar sutradara berpenghasilan terbesar di Hollywood dengan total kekayaan Rp148 triliun.

Ia telah mengarahkan lebih dari 30 film sepanjang hampir 6 dekade kariernya. Di antara semua sutradara lain pada daftar ini, Spielberg juga memenangkan paling banyak piala Oscar.

Sayangnya, hanya satu filmnya yang berhasil meraih sedikit lebih dari 1 miliar USD, itu pun setelah dirilis ulang, yaitu Jurassic Park (1993). Meskipun demikian, tetap saja kekayaannya tidak tertandingi.

Akhir Kata

Itu dia para sutradara Hollywood yang memiliki total kekayaan terbanyak sepanjang masa. Pendapatan ini sebanding dengan kualitas penyutradaraan mereka yang mampu menghasilkan film-film spektakuler, mungkin kecuali Michael Bay.

Kira-kira, apakah mereka juga tertarik dengan barang paling gila yang dibeli aktor? Kamu sendiri akan membeli apa jika memiliki jumlah uang yang sama?

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Momen Terbaik Mcu Banner 2a25e
10 Momen Terbaik MCU, Bikin Marvel Menang Telak Lawan DC!
Superhero Belum Muncul Di Mcu Banner 3aa51
10 Superhero yang Belum Muncul di MCU | Lebih Kuat dari Captain Marvel?
Film Disney Berpendapatan Terbesar Selain Star Wars Dan Mcu Banner A40b6
7 Film Disney Berpendapatan Terbesar, Bukan Cuma Star Wars & Marvel!
Film Disney Banner D49f3
5 Adegan Film Disney yang Dianggap Terlalu Dewasa, Kok Lulus Sensor?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal