10 Superhero Asli Indonesia, Nggak Kalah dari The Avengers!

Default

Dengan diputarnya film Avengers: Endgame, berarti telah berakhir pula arc Infinity Saga yang telah meramaikan dunia perfilman selama 11 tahun, geng.

Sukses besarnya para superhero dari komik Marvel juga mengilhami para komikus Tanah Air dalam menciptakan superhero asli Indonesia yang nggak cuma kuat, tapi juga keren.

Penasaran ada apa saja jajaran pahlawan super asli Tanah Air? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Caroq - Ilmu Sihir

Caroq Custom 99824

Sebenarnya, Caroq adalah supir taksi biasa bernama Ongko. Suatu ketika, ia mengalami peristiwa yang membuatnya memiliki kekuatan super.

Diperkenalkan pada 1996 oleh komikus Ahmad Thoriq, Caroq menggunakan 2 bilah celurit panjang yang memiliki kekuatan sakti dalam menjalankan aksinya.

Selain itu, ia juga menguasai ilmu bela diri dan memiliki kemampuan sihir yang membantunya menghadapi musuh-musuhnya, terutama Si Bengis dan Si Tangan Empat.

2. Maza - Alter Ego

Maza Custom Fbfbb

Maza adalah superhero buatan Hasmi yang memiliki alter ego bernama Kanigara. Ia mendapatkan kekuatan dari kuas lukis dengan cincin ajaib di gagangnya.

Kanigara bisa kapan saja berubah menjadi Maza sang pembela kebenaran, dan kuasnya pun akan berubah menjadi belati andalan.

Villian dalam cerita di komiknya adalah penyihir Rahczor yang meminta tebusan tengkorak harimau putih bertanduk tiga.

Saat Maza menemukan tengkorak tersebut, Rahczor bisa mengeluarkan berbagai monster ciptaannya untuk melawan sang hero. Tapi Maza tidak sendiri, ia dibantu oleh Jin Karubi.

3. Sembrani - Menetralisir Medan Magnet & Listrik

Superhero Indonesia Sembrani Ae3b5
Sumber foto: wikipedia.com

Masih karakter superhero Indonesia ciptaan Hasmi, Sembrani menjadi karakter pahlawan berikutnya yang memiliki kekuatan cukup unik.

Sembrani memiliki kekuatan untuk menetralisir medan magnet, listrik, dan racun, serta memiliki kemampuan untuk terbang.

Tangguh yang merupakan sosok asli dari Sembrani mendapatkan kekuatan dari panglima perang luar angkasa, Otohrb yang terdampar di Pegunungan Dieng melalui sebuah kalung ajaib.

Sembrani sendiri tampil perdana pada cerita berjudul 1000 Pendekar yang terbit pada 1974.

4. Pangeran Mlaar - Tubuh yang Elastis

Superhero Indonesia Pangeran Mlaar 8c2ad
Sumber foto: bumilangit.com

Jika karakter superhero Sembrani berasal dari Bumi, lain halnya dengan Pangeran Mlaar yang berasal dari luar angkasa.

Superhero ciptaan Hasmi ini adalah putra mahkota dari kerajaan di planet Covox yang melarikan diri setelah mengetahui ayahnya terbunuh oleh komplotan Menteri Telern dan Putri Kepala Perak.

Pangeran Mlaar hadir pertama kali pada seri Gundala: Perhitungan di Planet Covox yang terbit pada tahun 1969.

Kekuatan dari Pangeran Mlaar adalah memiliki tubuh yang elastis dan membuatnya bisa melar dalam batas tertentu. Mirip Mr. Fantastic dari seri Fantastic 4, ya?

5. Tira - Alter Ego & Kemampuan Bela Diri

Tira Custom B6fb4

Sama seperti Maza, karakter superhero perempuan bernama Tira ini juga sama-sama memiliki alter ego. Alter ego milik Tira bernama Susie.

Sebenarnya, Tira adalah seorang mahasiswi yang jago bela diri yang hebat. Ia juga memiliki teknologi canggih saat menggunakan kostumnya.

Dalam cerita komiknya, Tira selalu dilindungi oleh sembilan siluman naga. Ia bersumpah untuk melawan kejahatan dan ketidakadilan di bumi.

6. Sri Asih - Terbang & Kebal

Superhero Indonesia Sri Asih 8691f
Sumber foto: boombastis.com

Lanjut ke karakter superhero wanita lainnya, yakni Sri Asih yang pertama kali terbit pada 1954 dan merupakan karya dari komikus R.A. Kosasih.

Sri Asih memiliki penampilan yang kental akan unsur Indonesia. Kekuatan yang dimiliki oleh Sri Asih di antaranya, terbang, kebal, menggandakan diri, dan memperbesar diri.

Fakta unik lainnya, Sri Asih menjadi film superhero pertama yang dibuat di Indonesia pada tahun 1954 dan disutradarai oleh Turino Djunaedy.

7. Merpati - Terbang & Mendeteksi Arah

Superhero Indonesia Merpati 14d3c
Sumber foto: wikipedia.com

Nah, kalau yang satu ini merupakan kekasih sekaligus istri dari Gundala Putra Petir yang bernama Merpati.

Merpati juga merupakan karakter ciptaan Hasmi yang pertama kali muncul pada komik Pengantin Buat Gundala, terbit pada tahun 1977.

Nama Asli merpati adalah Sedhah Esti Wulan, seorang wartawati yang mendapat kekuatan dari Ratu Merpati setelah berusaha menyelamatkan ayahnya yang terjun ke jurang.

Merpati memiliki kemampuan terbang, bela diri, dan mendeteksi arah. Wah, bakal menyaingi kisah romantis Tony Stark dan Pepper Potts nih!

8. Godam - Kuat, Kebal, & Bisa Terbang

Superhero Indonesia Godam E22db
Sumber foto: bumilangit.com

Kemudian ada Godam yang jika kamu lihat sekilas memiliki perawakan seperti Superman dari DC Comics ya, geng.

Godam merupakan karakter superhero ciptaan Widodo Noor Slamet (Widodo NS) dan pertama kali muncul pada tahun 1969.

Godam sendiri awalnya merupakan orang biasa bernama Awang yang memperoleh kekuatan dari cincin ajaib pemberian Bapak Kebenaran.

Oh ya, karakter Godam juga muncul di film Gundala terbaru. Soalnya Jaka dengar karakter bernama "Awang" disebut pada teaser trailer-nya, loh.

9. Wiro Sableng - Jurus Sakti

Superhero Indonesia Wiro Sableng F52b2
Sumber foto: twitter.com

Bukan dari komik melainkan novel, para generasi '90-an pasti mengenali sosok superhero yang satu ini.

Wiro Sableng memang lebih tepat dikatakan sebagai pendekar, ia merupakan tokoh fiksi yang diciptakan Bastian Tito pada tahun 1989.

Selain menguasai ilmu bela diri yang dilatih oleh gurunya, Sinto Gendeng, Wiro Sableng juga memiliki senjata sakti bernama Kapak Maut Naga Geni 212.

Maka nggak heran kalau Wiro Sableng sering juga disebut sebagai Pendekar 212, geng.

Salah satu adaptasi Wiro Sableng yang paling ikonik tentu adalah serial sinetron yang tayang pada 1995 dan diperankan oleh Herning Soekendro alias Ken Ken.

Pada 2018, Wiro Sableng juga diangkat ke dalam film superhero Indonesia dan diperankan oleh Vino G. Bastian yang juga merupakan anak dari sang kreatornya, loh!

10. Gundala - Kekuatan Petir & Lari Secepat Kilat

Superhero Indonesia Gundala 75229
Sumber foto: bumilangit.com

Ngomongin superhero Indonesia, nggak lengkap kalau belum membahas karakter yang satu ini. Ya, siapa lagi kalau bukan Gundala Putra Petir alias Gundala.

Gundala merupakan karakter pahlawan super ciptaan Hasmi yang pertama kali dirilis pada tahun 1969. Ia memiliki nama asli Sancaka.

Sebenarnya, Gundala adalah seorang ilmuwan yang mendapat kekuatan super setelah tersambar petir, lalu koma, dan diberikan kekuatan oleh Kaisar Kronz dan Raja Taifun.

Bisa dibilang Gundala punya kekuatan gabungan antara Thor dan The Flash, di mana dia bisa memancarkan petir dan juga berlari secepat angin.

Selain komik, Gundala juga sudah diadaptasi menjadi film pada tahun 1981 dan di-remake pada tahun 2019 menggandeng sutradara Joko Anwar. Wah, se-epic apa filmnya nih?

Akhir Kata

Di samping daftar superhero asli Indonesia yang sudah Jaka ulas di atas, masih banyak karakter lainnya yang tentu nggak kalah keren dengan kekuatannya masing-masing.

Jadi, mana superhero Indonesia terkeren menurutmu? Kira-kira bakal keren nggak nih kalau benar diangkat ke layar lebar? Yuk, tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Superhero atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT
Hp Yang Digunakan Oleh Superhero Marvel Banner D08ea
8 HP yang Digunakan oleh Superhero Marvel, Captain America Kok Pakai HP China?
Hp Bertema Superhero 938ff
5 HP Canggih Bertema Superhero | Apakah Punya Kemampuan Super Juga?
Kematian Menyedihkan Film Superhero Banner 80eb2
11 Kematian Paling Menyedihkan di Film Superhero, Bikin Nyesek!
Wiro 5d38b
7 Film Superhero Indonesia Terbaik 2020, Lebih Bagus dari Avengers?
Senjata Terkuat Mcu Banner 3a0c2
10 Senjata Terkuat di Marvel, Bisa Mengalahkan Thanos?
Film Superhero Gagal Banner 78548
10 Film Superhero Terburuk | Nomor 6 Bikin Marvel Hampir Gagal!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal