Penemu Bitcoin Punya Kekayaan Rp996 Triliun, Sosoknya Menghilang Bak Ditelan Bumi!

Default

Bitcoin merupakan mata uang kripto pertama yang diluncurkan pada tahun 2009 dan menjadi salah satu cryptocurrency favorit sebagai investasi di seluruh dunia.

Bagaimana tidak, Bitcoin memiliki prospek investasi yang sangat menjanjikan - terbukti dari kian melonjaknya nilai Bitcoin dari waktu ke waktu. Per bulan November 2021, harga Bitcoin sudah mencapai lebih dari USD68 ribu dan diperkirakan akan terus melonjak ke angka USD100 ribu di akhir tahun ini.

Mata uang yang sangat kuat itu diciptakan oleh Satoshi Nakamoto dengan konsep blockchain berdasarkan visinya atas mata uang digital pada tahun 2008.

Menurut Independent, kekayaan bersih sang pembuat Bitcoin saat ini diprediksi mencapai USD73 miliar atau sekitar Rp996 triliun dengan kepemilikan antara 750 ribu - 1 juta Bitcoin, menjadikannya orang terkaya di dunia ke-15.

Namun, sosok Nakamoto sendiri sebenarnya tak pernah benar-benar diketahui keberadaannya lantaran ia menghilang begitu saja bak ditelan bumi. Siapa sesungguhnya sosok misterius ini?

Peran Nakamoto di Awal Pengembangan Bitcoin

Siapakah Satoshi Nakamoto 183a5

Penciptaan awal Bitcoin dimulai pada tahun 2007 dengan penulisan kode dan dilanjutkan dengan pendaftaran domain bitcoin.org oleh Nakamoto atau salah satu koleganya pada 18 Agustus 2008.

Pada 31 Oktober 2008, ia mempublikasikan sebuah laporan ilmiah atau white paper berjudul "Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System" yang menjelaskan pemikirannya mengenai mata uang kripto digital.

Memasuki tahun 2009, Nakamoto masih aktif mengembangkan Bitcoin dengan merilis software Bitcoin di SourceForge dan terus berkolaborasi dengan sejumlah developer untuk mengembangkan software tersebut hingga tahun 2010.

Tiba-Tiba Menghilang

Satoshi Nakamoto Pencipta Bitcoin 2f443

Ketenaran Nakamoto yang kian melejit kemudian justru menjadi awal lenyapnya sosok tersebut pada pertengahan tahun 2010 pasca dirinya mentransfer beberapa domain terkait kepada para anggota terkemuka komunitas Bitcoin.

Ia juga memberikan kendali atas basis kode Bitcoin dan kunci peringatan jaringan kepada Gavin Andresen. Begitulah ia menghentikan keterlibatan besarnya dalam proyek tersebut.

Beberapa pengguna dark-web pernah mencoba meretas akun email Nakamoto yaitu satoshin@gmx.com & satoshin@programmer.net dan menemukan beberapa foto tampak belakang dan samping yang menunjukkan bahwa dirinya adalah orang Asia.

Menurut pengakuan Nakamoto melalui profil P2P Foundationnya, ia adalah seorang pria dari Jepang dan lahir antara tahun 1974-1977 meski banyak yang meragukan hal tersebut karena level Bahasa Inggrisnya yang mencapai tingkat penutur asli.

Spekulasi Nakamoto yang Asli

Penemu Bitcoin Yang Asli Bae19

Dugaan soal siapa Satoshi Nakamoto sebenarnya telah memunculkan berbagai asumsi. Kebanyakan dari orang yang diduga sebagai dirinya memiliki latar belakang di bidang kriptografi atau ahli komputer, walau sama sekali bukan keturunan Jepang.

Pemilik nama Dorian Satoshi Nakamoto asal California pernah digembar-gemborkan sebagai Nakamoto yang asli pada tahun 2014 sebelum Dorian menampik adanya keterkaitan dirinya dengan Bitcoin.

Seolah mengonfirmasi hal tersebut, akun P2P Foundation milik Nakamoto memposting sebuah pesan untuk pertama kalinya dalam lima tahun yang berbunyi: "Aku bukan Dorian Nakamoto".

Kandidat lainnya yaitu Craig Wright justru mengaku bahwa dirinya lah Nakamoto yang asli pada tahun 2015.

Pria Australia tersebut mengaku bahwa nama Satoshi Nakamoto adalah nama samaran yang ia gunakan bersama pengembang Bitcoin lainnya, David Kleiman. Namun klaim tersebut belum dapat dikonfirmasi benar.

Sejumlah nama seperti Nick Szabo, Hal Finney, bahkan Gavin Andresen sendiri juga pernah masuk daftar ini - tak lupa bos SpaceX Elon Musk yang pernah memborong Bitcoin.

Pengadilan Bakal Ungkap Identitasnya

Craig Wright Satoshi Nakamoto Ef528

Satu dekade bahkan tak cukup untuk membongkar identitas Satoshi Nakamoto yang sesungguhnya, namun pengadilan Florida mengatakan akan mengungkap kasus ini ke publik secepatnya demi menyelesaikan perkara hak kepemilikan 1,1 juta Bitcoin.

Hal tersebut karena keluarga mendiang ilmuwan komputer AS David Kleiman mengklaim bahwa David menciptakan Bitcoin bersama dengan Craig Wright dan menggunakan Satoshi Nakamoto sebagai nama samaran.

Walau klaim Wright didukung oleh Gavin Andresen, pria tersebut belum pernah menunjukkan kepada publik bahwa ia sungguh memiliki akses ke dompet Bitcoin atas nama Satoshi Nakamoto.

Sementara itu, pihak keluarga David Kleiman menganggap mereka berhak untuk memiliki sebagian aset Bitcoin bernilai fantastis tersebut.

Apabila Craig Wright dapat membuktikan bahwa dirinya dapat membuka dompet Bitcoin Nakamoto, maka misteri ini akan segera terungkap. Mari kita tunggu, geng!

Baca juga artikel seputar Bitcoin atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Bitcoin 28d9b
7 Cryptocurrency Paling Mahal Selain Bitcoin, Punya 1 Perak Bikin Tajir Melintir!
Situs Wajib Pengguna Bitcoin
6 Situs Wajib Baca Buat Kamu Pengguna Bitcoin
Fakta Tentang Bitcoin
7 Fakta Mengejutkan Tentang Bitcoin yang Belum Kamu Ketahui!
924968c50bb3467551fb0ad69b63904a
Kumpulan Cara Mining Bitcoin Gratis & Rekomendasi Aplikasinya!
Apa Itu Bitcoin 465d0
Apa Itu Bitcoin? Penjelasan Lengkap + Cara Mendapatkannya | Bisa Gratis?
Cara Daftar Bitcoin Indonesia
Cara Daftar Bitcoin Indonesia Lengkap Mudah
Tags Terkait: bitcoincryptocurrency
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal