Rumah 139 Tahun Dipindahkan Secara Utuh dengan Truk, Definisi Pindah Rumah Sesungguhnya!

Default

Tidak semua orang suka dengan proses berpindah rumah atau tempat tinggal, geng. Pasalnya, kegiatan yang satu ini biasanya kerap memakan tenaga dan biaya yang tidak sedikit, lho.

Untuk pindah ke hunian yang baru, seseorang minimal sekali harus menyiapkan waktunya untuk pengepakan barang, menentukan apa saja yang akan di bawa, hingga membersihkannya kembali.

Namun, proses pindah rumah yang terjadi di San Fransisco, California, Amerika Serikat ini bisa dibilang sangat unik dan pastinya beda dari yang lain, geng.

Seperti sebutannya, yaitu pindah rumah, fisik bangunan yang satu ini ternyata memang benar-benar dipindahkan ke alamat yang baru secara utuh dan tanpa ketinggalan suatu apa pun.

Ya, mungkin inilah yang disebut sebagai "pindah rumah" yang sebenarnya. Proses pemindahan tersebut diketahui berlangsung pada Minggu, 21 Februari 2021.

Rumah Pindah Secara Utuh 94807

Usut punya usut, rumah yang dipindahkan bak adegan di film animasi Up! Itu bukanlah bangunan biasa, melainkan sebuah bangunan kuno bergaya Victoria yang berusia 139 tahun.

Rumah yang berdiri pada 1882 itu dipindahkan sejauh tujuh blok, yakni dari Franklin Street ke Fulton Street dengan cara ditarik menggunakan sebuah truk.

Alhasil, ini adalah kali pertama rumah kuno itu dipindahkan sejak tahun 1974. Luas dan ukurannya pun tidak main-main, yaitu mencapai 480 meter persegi, lho.

Rumah yang juga dikenal dengan nama Englander House tersebut diangkut dengan kecepatan rata-rata 1,6 kilometer per jam serta dengan jarak kurang lebih sejauh satu kilometer.

Meski proses pemindahannya terdengar begitu sederhana, namun pada dasarnya hal itu sama sekali tidak mudah, geng. Bahkan, proyek ini ditaksir telah menelan biaya sekitar 400 ribu dolar AS atau sekitar Rp5,6 miliar.

"Ada beberapa gangguan di jalan, pohon sampai rambu-rambu jalan," kata Lana Costantini dari San Fransisco Society, dikutip dari ABC7 News, Jumat (26/11/2021).

Tidak hanya itu, proses pemindahannya juga memakan waktu yang lama, yaitu sekitar enam jam dan harus sudah mendapat izin dari beberapa pihak terkait.

Sontak, proses pindah rumah ini menjadi pemandangan yang sangat menarik bagi warga sekitar. Sedikitnya, sekitar 600 orang berkumpul di pinggiran jalan untuk melihat proses tersebut.

Para penonton yang menyaksikan proses itu pun dapat melihat bagaimana sebuah truk mengangkut bangunan raksasa di belakangnya secara perlahan dan sangat berhati-hati.

Rumah berusia lebih dari satu abad itu setidaknya berisi enam buah kamar tidur, tiga kamar mandi, serta bermaterialkan kayu asli dan rangka besi dari abad ke-19.

Rumah Dipindahkan Secara Utuh 97abf

"Saya khawatir ketika mereka mencoba untuk berbelok di Jalan Golden Gate. Namun saya juga terkejut saat mengetahui itu berhasil," kata Saron Eyob, salah satu warga yang ikut menyaksikan pemindahan tersebut.

Tim Brown, investor yang telah membeli properti itu pada tahun 2013, memang berencana memindahkan bangunan tersebut ke lokasi yang baru, geng.

Adapun di lokasi yang ditinggalkan rumah bergaya Victoria itu nantinya akan dibangun sebuah gedung apartemen baru dengan kapasitas 48 unit.

Lantas, apa yang akan dilakukan Brown setelah rumah klasik tersebut dipindahkan? Rupanya, ia berniat untuk merenovasi dan menyulap bangunan tua itu menjadi tujuh unit hunian, geng.

Meski merupakan fenomena sangat langka, namun itu bukan berarti bahwa proses pemindahan rumah ini tidak mendapat kritik dari warga sekitar.

Tak sedikit warga yang merasa dirugikan karena adanya kemacetan yang menganggu para pengguna jalan lain.

Sementara di satu sisi, ada pula yang memandang positif fenomena ini sebagai langkah pengembangan lahan yang lebih cerdas di masa yang akan datang.

Baca juga artikel seputar Fakta Unik atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT
Cats7 D1885
5 Aplikasi Nonton Iklan Dapat Uang 2021 | Bisa Cari Cuan Sambil Rebahan!
Kaum Rebahan Dc261
Kaum Muda di China Jadi Kaum Rebahan | Capek Kerja Mati-matian Tapi Dibayar Pas-pasan
Reza Abdul Jabbar 02a7b
Kesuksesan Petani Susu Indonesia di Selandia Baru | Sangat Disegani!
Cadangan Berlian Dunia E98b4
Mendadak Tajir, Petani Ini Temukan Berlian Seharga Rp976 Juta di Ladang
Images 2 Picsay 20ba1
10 Film Populer yang Ternyata Menyimpan Berbagai Kesalahan yang Mengejutkan
Gambar Jorok Karena Typo Spasi
14 Gambar Jorok Ini Ada Karena Kesalahan Spasi
Tags Terkait: Viral
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal