Resign dari PNS, Ibu Ini Jadi Pengusaha Kuliner dan Mampu Produksi Ribuan Donat Sehari

Default

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah impian dari banyak orang, geng. Bagaimana tidak, profesi yang satu itu memang menawarkan kenyamanan dan kestabilan dalam jangka panjang.

Meski begitu, ternyata hal ini tidak serta merta membuat ibu tiga anak ini betah menjalani profesi sebagai abdi negara.

Endah Kurnianingsih, nama ibu yang dimaksud, justru memutuskan berhenti sebagai seorang PNS dan beralih profesi untuk membuka usaha sendiri.

Keputusan besar tersebut telah ia ambil dengan pertimbangan yang matang, geng. Alasan utama ibu ini ternyata cukup mulia, yaitu ingin membantu lebih banyak orang.

Setelah keluar dari statusnya sebagai PNS, ibu ini pun harus melewati perjuangan yang tidak mudah.

Syukurnya, ia adalah tipe orang yang pantang menyerah dan selalu ingin belajar menjadi lebih baik.

Kini, impian Endah untuk menjadi pengusaha sukses akhirnya berhasil diraih. Ia saat ini dikenal sebagai pengusaha kuliner yang mampu memproduksi ribuan donat dalam satu hari.

Awal mula Endah menemukan jalan terjal dalam menjadi pebisnis adalah saat memutuskan untuk berpindah domisili dan membuka usaha di bidang fashion.

Ketika merasa bahwa usaha fashion-nya kurang berjalan dengan baik, ia yang sedang menjalani hidup baru di Depok, Jawa Barat, kemudian melakukan riset mendalam dan banting setir ke bisnis kuliner.

"Saat kami pindah ke Depok, bisnis fashion sudah terlalu banyak. Akhirnya kami banting setir untuk bisnis kuliner," kata Endah, dilansir dari kanal YouTube JagaLilin, Kamis (25/11/2021).

Keluar Pns Dan Sukses Jadi Pebisnis Aaa42

Pertama kali terjun ke bisnis kuliner, Endah tidak langsung memutuskan untuk berjualan donat, geng.

Sejak 2014, ia lebih dulu mencoba peruntungan untuk berbisnis cokelat hingga peyek.

"Awalnya saya membuat cokelat karakter tahun 2014, ada produksi peyek mini. Saya pindah-pindah wirausaha karena awalnya ingin memulai usaha dalam rangka merekrut karyawan," kata Endah.

Hingga pada suatu hari, Endah kemudian mulai tertarik untuk membuat kue donat.

Meski awalnya tidak pandai sama sekali, tapi dengan tekun ia terus belajar hingga menemukan formula yang tepat untuk donat buatannya.

"Awalnya saya tidak membuat donat, saya belajar dari berbagai sumber untuk mendapatkan satu produk donat yang sesuai dengan selera konsumen kemudian dibekukan. Dengan harapan karyawan itu bisa bekerja setiap hari," ujarnya.

Meski begitu, menemukan kesuksesan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Setidaknya itulah yang dirasakan oleh Endah dengan berbagai rintangan dan halangan yang ia temukan.

"Tahun 2017 setelah kami melewati jatuh bangunnya usaha, banyak susahnya gitu. Kita coba-coba resep sampai kita menemukan resep yang kita mau," kisahnya.

Seiring waktu, bisnis donatnya ini pun semakin berkembang pesat. Ia yang awalnya dulu hanya memproduksi donat di dapur kecil, kini telah pindah ke sebuah garasi mobil di tempat tinggalnya.

"Orang sudah merasakan bagaimana donat kami. Akhirnya meningkat produksinya, awalnya di dapur lalu tidak muat lagi akhirnya kami pindah ke garasi mobil," imbuh Endah.

Untuk bisa memproduksi ribuan donat dalam waktu singkat seperti sekarang, tidak sedikit pengorbanan yang sudah ia lakukan.

Ia bahkan berani mempertaruhkan segalanya setelah memutuskan keluar dari zona nyamannya sebagai seorang PNS atau ASN.

Jadi Sukses Setelah Keluar Dari Pns 89abe

"Saya keluar ASN karena anak-anak. Waktu itu anak masih kecil dan membutuhkan bimbingan. Akhirnya atas kesepakatan dengan suami, satu saja yang bekerja. Jadi saya memutuskan resign dan wirausaha," ungkap Endah.

Keputusannya yang terbilang nekat itu pun juga didasari tujuan mulia, yakni ingin mempekerjakan para tetangganya yang kala itu masih banyak yang sedang mencari kerja.

Selain keinginan mulianya berhasil tercapai, ia akhirnya juga berhasil mendidik anak-anaknya dengan baik sembari membantu lebih banyak orang.

"Saya benar-benar ingin fokus mempunyai usaha yang menghasilkan dalam rangka ingin bermanfaat bagi orang banyak," pungkasnya.

Baca juga artikel seputar Inspirasi atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT
Cats7 D1885
5 Aplikasi Nonton Iklan Dapat Uang 2021 | Bisa Cari Cuan Sambil Rebahan!
Kaum Rebahan Dc261
Kaum Muda di China Jadi Kaum Rebahan | Capek Kerja Mati-matian Tapi Dibayar Pas-pasan
Reza Abdul Jabbar 02a7b
Kesuksesan Petani Susu Indonesia di Selandia Baru | Sangat Disegani!
Cadangan Berlian Dunia E98b4
Mendadak Tajir, Petani Ini Temukan Berlian Seharga Rp976 Juta di Ladang
Images 2 Picsay 20ba1
10 Film Populer yang Ternyata Menyimpan Berbagai Kesalahan yang Mengejutkan
Gambar Jorok Karena Typo Spasi
14 Gambar Jorok Ini Ada Karena Kesalahan Spasi
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal