13 Rekomendasi Film Barat Romantis Terbaik 2022, Bikin Berkaca-kaca!

Default

Butuh rekomendasi film romantis barat terbaik? Kalau gitu kamu datang ke tempat yang tepat, geng.

Kali ini, Jaka bakal kasih daftar film romantis terbaik yang punya alur cerita menarik. Gak hanya bisa bikin kamu baper dan senyam senyum berkat alur cerita yang penuh cinta. Namun juga ketawa ngakak berkat komedinya yang jempolan, atau bahkan nangis sesenggukan akibat ending yang tragis.

Yap, walaupun berjudul film barat romantis tapi alur ceritanya gak gitu-gitu aja kok. Justru cukup kompleks. Gak jarang sangat relatable berkat cerita yang dianggap realistis.

Gak perlu tunggu lama lagi, berikut ini Jaka sudah merangkum rekomendasi film Barat romantis terbaik sepanjang masa. Kamu bisa menontonnya bareng pasangan. Masih jomblo? Tenang, cerita romantis di dalamnya tetap bisa menghangatkan hatimu yang kesepian kok, geng.

1. A Star is Born (2018)

Film A Star is Born tak hanya menghadirkan kisah cinta tragis aja, tapi juga tentang mimpi klasik ala Hollywood yang inspiratif. Cerita dalam film ini juga gak baru, tapi sudah di-remake jadi beberapa film.

Adaptasi yang satu ini dibintangi Lady Gaga dan Bradley Cooper. Keduanya menghadirkan chemistry luar biasa yang bakal bikin kamu baper. Ally (Lady Gaga) adalah seorang gadis biasa dengan suara memikat. Kebetulan ia bertemu dengan Jackson (Bradley Cooper), seorang musisi country besar.

Melihat talenta Ally, Jackson pun membantunya untuk jadi seorang bintang. Tak terasa, romansa di antara keduanya juga ikut berkembang. Namun itu semua tentu bukan tanpa tantangan. Hati-hati ya, endingnya cukup nahas, geng. Jaka aja sulit untuk gak nangis saat menontonnya.

Film barat romantis yang satu ini sudah meraih beberapa prestasi, seperti Satelite Award untuk sinematografi terbaik dan Satellite Award untuk Best Motion Picture, Comedy or Musical.

Keterangan A Star is Born
Rating 7.6/10 (IMDb)
Durasi 2 jam 16 menit
Genre Drama, Music, Romance
Tanggal Rilis 19 Oktober 2018
Sutradara Bradley Cooper
Pemain Lady Gaga, Bradley Cooper, Sam Elliott

2. La La Land (2017)

Selanjutnya ada favorit Jaka nih. La La Land merupakan film romantis Hollywood yang dibalut elemen musikal menyenangkan. Soundtrack-nya begitu ikonik dan enak didengarkan.

Berkisah tentang Mia (Emma Stones), gadis yang terobses jadi aktris hebat tapi selalu gagal dalam audisi. Suatu ketika, ia bertemu dengan Sebastian (Ryan Gosling), seorang pianis jazz tradisional yang kesulitan mencari kerja.

Keduanya memiliki koneksi dan memutuskan untuk menjalin hubungan. Seiring dengan itu, mereka juga berusaha saling mendukung karier satu sama lain yang bukanlah sebuah pekerjaan mudah.

Berawal ceria dan penuh cinta, perlahan La La Land berubah jadi melodrama tentang mimpi dan cinta yang bakal bikin kamu meraung-raung gak terima dengan endingnya. Siap-siap patah hati, deh!

Keterangan La La Land
Rating 8.0/10 (IMDb)
Durasi 2 jam 8 menit
Genre Comedy, Drama, Music
Tanggal Rilis 10 Januari 2017
Sutradara Damien Chazelle
Pemain Ryan Gosling, Emma Stone, Rosemarie DeWitt

3. The Vow (2012)

The Vow adalah film Hollywood romantis yang terinspirasi kisah nyata Kim dan Krickitt Carpenter. Film ini menceritakan pasangan pengantin baru, Paige (Rachel McAdams) dan Leo (Channing Tatum).

Kebahagiaan sekejap sirna usai mereka mengalami kecelakaan mobil yang membuat Paige koma. Ketika Paige bangun, dia mengalami lupa ingatan parah dan kehilangan semua kenangan 5 tahun terakhirnya.

Paige bahkan tak mengenal Leo. Kejadian ini malah membangkitkan perasaan lama pada mantan tunangannya, Jeremy.

Paige yang semula punya hubungan rumit dengan kedua orang tuanya. Seketika lupa dan memutuskan kembali kepada ayah-ibunya akibat amnesia itu.

Karena merasa asing dengan Leo, ia kemudian memutuskan berpisah dari suaminya secara sepihak. Terlepas dari hambatan yang sulit ini, Leo bertekad untuk mengembalikan hubungan dan membangun kembali pernikahan mereka.

Keterangan The Vow
Rating 6.8/10 (IMDb)
Durasi 1 jam 44 menit
Genre Drama, Romance
Tanggal Rilis 16 Februari 2012
Sutradara Michael Sucsy
Pemain Rachel McAdams, Channing Tatum, Sam Neill

4. The Perks of Being a Wallflower (2012)

Film barat romantis selanjutnya dibintangi oleh Ezra Miller dan Emma Watson ini menceritakan tentang kehidupan sekolah seorang remaja introvert.

Di film The Perks of Being a Wallflower, kamu akan diajak untuk mengamati betapa kompleksnya hubungan cinta antara senior dan juniornya.

Serta sejumlah cerita kompleksnya kehidupan yang lain. Seperti kekerasan seksual, orientasi seksual, dan dinamika kehidupan remaja.

Keterangan The Perks of Being a Wallflower
Rating 8.0/10 (IMDb)
Durasi 1 jam 43 menit
Genre Drama, Romance
Tanggal Rilis 12 Oktober 2012
Sutradara Stephen Chbosky
Pemain Logan Lerman, Emma Watson, Ezra Miller

5. Love, Rosie (2014)

Film adaptasi novel karya Jojo Moyes ini cocok deh buat kalian yang pernah berada di situasi friendzone. Hal itu pula yang dirasakan Rosie dan Alex dalam film "Love, Rosie" ini.

Keduanya sudah bersahabat sejak kecil. Namun takdir lucu selalu terjadi yang membuat kesempatan mereka untuk bersatu jadi menghilang. Lantas, kira-kira mereka bakal bisa berjodoh gak ya di akhir?

Tenang aja, film ini gak selamanya bikin frustrasi kok. Ada juga elemen komedi dan hubungan imut antara Rosie dan Alex yang bakal bikin kamu betah di depan layar.

Keterangan Love, Rosie
Rating 7.2/10 (IMDb)
Durasi 2 jam 8 menit
Genre Comedy, Romance
Tanggal Rilis 22 Oktober 2014
Sutradara Christian Ditter
Pemain Lily Collins, Sam Claflin, Christian Cooke

6. Me Before You 2016)

Sebuah kisah dalam film romantis lainnya yang dibintangi Sam Claflin. Film satu ini berawal dari seorang gadis bernama Louisa Clark (Emilia Clarke) kehilangan pekerjaannya di sebuah kafe lokal.

Dia pun ditawari untuk bekerja di sebuah rumah besar untuk mengurusi seorang pria kaya yang mengalami cacat akibat kecelakaan.

Pria kaya bernama Will Traynor (Sam Claflin) merasa bahwa Lou tidak akan tahan dengan tindakan-tindakannya. Namun, Lou pantang menyerah untuk terus merawatnya sampai akhirnya timbul benih-benih cinta diantara keduanya.

Film dengan kemasan dialog yang ringan ini, Jaka jamin bakal membuat kamu menangis tersedu-sedu dengan akhir kisah mereka.

Keterangan Me Before You
Rating 7.4/10 (IMDb)
Durasi 1 jam 46 menit
Genre Drama, Romance
Tanggal Rilis 2 September 2016
Sutradara Thea Sharrock
Pemain Emilia Clarke, Sam Claflin, Janet McTeer

7. The Shape of Water (2018)

The Shape of Water menampilkan Guillermo del Toro dalam penampilan terbaiknya secara visual dan diimbangi dengan kisah yang menarik secara emosional yang dihidupkan oleh penampilan bintang Sally Hawkins.

Film ini berkisah tentang Elisa, seorang wanita bisu dan terisolasi yang bekerja sebagai wanita pembersih di laboratorium pemerintah dengan keamanan tinggi yang tersembunyi pada tahun 1962 di Baltimore.

Hidupnya berubah selamanya ketika dia menemukan rahasia laboratorium, makhluk misterius bersisik dari Amerika Selatan yang tinggal di tangki air.

Saat Elisa mengembangkan ikatan unik dengan teman barunya, dia segera mengetahui bahwa nasib dan kelangsungan hidupnya ada di tangan agen pemerintah yang bermusuhan dan ahli biologi kelautan.

Keterangan The Shape of Water
Rating 7.3/10 (IMDb)
Durasi 2 jam 3 menit
Genre Adventure, Drama, Fantasy
Tanggal Rilis 29 Maret 2018
Sutradara Guillermo del Toro
Pemain Sally Hawkins, Octavia Spencer, Michael Shannon

8. Marriage Story (2019)

Film berkisah romantis dan bikin baper yang dimainkan oleh Scarlett Johannson dan Adam Driver ini sukses bikin para penontonnya menangis terharu. Pasalnya, cerita yang diangkat pada film garapan Noah Baumbach tahun 2019 ini memang sangat dekat dengan kehidupan penonton.

Marriage Story mengisahkan sebuah perjalanan rumah tangga bahagia Charlie dan Nicole yang berakhir dengan perceraian. Yang menyedihkan, perceraian ini terjadi karena perselingkuhan, geng.

Semakin lama, Charlie sebagai suami, semakin menunjukkan sikap egoisnya. Bahkan hingga tega meniduri teman kantornya yang bernama Mary Ann. Sedih banget, ya?

Keterangan Marriage Life
Rating 7.9/10 (IMDb)
Durasi 2 jam 17 menit
Genre Drama, Romance
Tanggal Rilis 29 September 2019
Sutradara Noah Baumbach
Pemain Scarlett Johannson, Adam Driver, Brooke Bloom

9. The Choice (2016)

The Choice dirilis tahun 2016 ini juga nggak kalah romantis, lho. Bercerita tentang perjalanan cinta Travis dan Gabby yang complicated, film ini berhasil bikin penontonnya berkaca-kaca.

Kisahnya diawali dengan Travis yang jatuh cinta dengan tetangganya, Gabby. Menariknya, Gabby yang kali pertama belum merasakan hal yang sama, lama-lama tertarik dengan Travis.

Sayangnya, pada saat Gabby mulai tertarik dengan Travis, dirinya baru saja menerima cicin tunangan dari kekasihnya, Ryan. Tentu Gabby dihadapkan pada pilihan yang sulit, bukan?

Keterangan The Choice
Rating 6.6/10 (IMDb)
Durasi 1 jam 53 menit
Genre Drama, Romance
Tanggal Rilis 1 February 2016
Sutradara Roos Katz
Pemain Benjamin Walker, Teresa Palmer, Alexander Daddario

10. Spencer (2021)

Siapa yang tidak tahu dengan kisah hidup Lady Diana? Film Spencer yang dirilis tahun 2021 ini secara garis besar menceritakan kehidupan Princess Diana yang penuh liku.

Termasuk di dalamnya juga terdapat cerita bagaimana dirinya pada akhirnya meninggalkan Pangeran Charles, bahkan melepas tahtanya sebagai bagian dari keluarga kerajaan.

Meskipun film ini cenderung merupakan film biografi psikologis, tetapi film ini tetap nggak luput dari unsur romansa, lho

Keterangan Spencer
Rating 6.8/10 (IMDb)
Durasi 1 jam 57 menit
Genre Biografi, Drama
Tanggal Rilis 4 September 2021
Sutradara Pablo Larrain
Pemain Kristen Stewart, Timothy Spall, Jack Niellen

11. The Last Letter From Your Lover (2021)

Kali ada rekomendasi film barat romantis Netflix, geng. Film berjudul "The Last Letter From Your Lover" ini cukup unik karena berkisah di dua periode waktu.

Latar pertama adalah masa kini, dengan karakter jurnalis bernama Ellie Haworth (Felicity Jones) yang berusaha mengungkap kisah di balik surat-surat cinta lama yang ia temukan di kantornya.

Surat tersebut ternyata milik Jennifer Stirling (Shailene Woodley), ibu rumah tangga di era 1960-an yang ia tujukan ke kekasih gelapnya, Anthony O'Hare.

Film romantis barat terbaik 2021 ini bakal ngajak kita menyelami kisah cinta Ellie dan juga Jennifer yang penuh tantangan. Kamu gak hanya bakal dibuat baper tapi juga sedih, geng.

Gak heran sih karena film ini memang diadaptasi dari novel berjudul sama karya penulis Jojo Moyes. Iya, dia adalah orang di balik novel yang diadaptasi jadi film "Love, Rosie" dan "Me Before You".

Keterangan The Last Letter from Your Lover
Rating 6.7/10 (IMDb)
Durasi 1 jam 50 menit
Genre Romance, Drama
Tanggal Rilis 23 Juli 2021
Sutradara Augustine Frizzell
Pemain Felicity Jones, Shailene Woodley, Callum Turner, dkk

12. Crazy Rich Asians (2018)

Selanjutnya ada salah satu film rom-com terbaik baru-baru ini, yakni "Crazy Rich Asians". Film ini sempat fenomenal ketika baru rilis karena merupakan film barat kedua yang hampir seluruhnya menampilkan cast Asia.

Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Kevin Kwan ini memang seru banget sih. Cerita cintanya gak hanya bikin baper, tapi juga ngakak!

Bercerita tentang Rachel Chu (Constance Wu) yang ikut pacarnya, Nick Young (Henry Golding), pulang ke Singapura untuk menghadiri pernikahan sahabatnya serta bertemu keluarganya.

Rachel gak tahu kalau keluarga Nick adalah orang terkaya di Singapura. Dan ia sama sekali gak bersiap-siap untuk menghadapi para orang kaya gila tersebut.

Keterangan Crazy Rich Asians
Rating 6.9/10 (IMDb)
Durasi 1 jam 59 menit
Genre Romance, Drama
Tanggal Rilis September 2018
Sutradara John M. Chu
Pemain Constance Wu, Henry Golding, Gemma Chan, Michelle Yeoh

13. Call Me By Your Name (2017)

Ada lagi kisah cinta serupa "Brokeback Mountain", seperti yang ditampilkan dalam "Call Me By Your Name". Salah satu film coming-of-age sekaligus romance yang menyita perhatian.

Film yang disutradari oleh Luca Guadagnino ini diadaptasi dari novel berjudul saya karya Andre Aciman.

Berkisah tentang hubungan romantis antara remaja 17 tahun bernama Elio Perlman (Timothee Chalamet), dan mahasiswa pasca-sarjana berusia 24 tahun yang juga murid sang ayah, Oliver (Armie Hammer).

Kita tak hanya disuguhi hubungan antara Oliver dan Elio yang begitu manis, tapi juga kisah pendewasaan diri baik bagi Elio maupun Oliver, geng.

Tak hanya ceritanya aja yang mencuri perhatian, tapi penampilan para aktor dan aktrisnya pun dipuji. Kamu bakal dimanjakan juga sama pemandangan indah pedesaan Italia di tahun 1983 yang sangat ikonik.

Keterangan Call Me By Your Name
Rating 6.8/10 (IMDb)
Durasi 2 jam 10 menit
Genre Romance Drama
Tanggal Rilis 18 Januari 2018
Sutradara Luca Guadagnino
Pemain Armie Hammer, Timothee Chalamet

Akhir Kata

Nah, itu tadi 13 rekomendasi film Barat romantis terbaik 2022 yang sudah Jaka rangkum. Dijamin kamu gak bakal hanya dibuat baper aja, tapi juga bisa bahagia sampai nangis saat nonton film-film di atas.

Film apa saja nih yang sudah kamu tonton? Kira-kira, mana yang paling relate sama kehidupan nyata kamu? Jangan lupa sampaikan di kolom komentar ya!

Bosan sama film barat? Kamu bisa juga cek rekomendasi film Indonesia romantis terbaik dan terbaru di artikel berikut ini ya:

Film Romantis Indonesia Terbaru B1034
35+ Film Romantis Indonesia Terbaik & Terbaru 2022, Seru & Bikin Baper!
Film romantis Indonesia menawarkan cerita yang bakal bikin baper. Tertarik? Berikut rekomendasi film Indonesia romantis terbaik dan terbaru 2022.
LIHAT ARTIKEL

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

ARTIKEL TERKAIT
Film Dengan Kisah Cinta Paling Bucin Be37f
7 Film Dengan Kisah Cinta Paling Bucin, Bikin Gemes!
7 Film Romantis Terburuk Sepanjang Masa Gak Bikin Baper Sama Sekali 2f693
7 Film Romantis Terburuk Sepanjang Masa, Gak Bikin Baper Sama Sekali!
7 Adegan Konyol Klise Yang Ada Di Film Romantis Gak Masuk Akal Banget 59666
7 Adegan Konyol & Klise yang Ada di Film Romantis, Gak Masuk Akal Banget!
Banner Jadi 26ac3
7 Adegan Paling Bikin Baper di Film Romantis, Bikin Nangis Terharu!
Banner Jadi 3ded1
7 Film India Romantis Terbaru dan Terbaik 2020, Bikin Nangis Bombay!
Film Jepang Romantis Terbaik Fc1d4
15 Film Romantis Jepang Terbaik 2021 | Gak Kalah Baper Sama Film Korea!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal