J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Rahasia Gelap di Balik Asyiknya TikTok, Orang Tua Harus Waspada!

Senin, 28 Des 2020, 17:00 WIB
TikTok memang aplikasi yang penuh dengan konten menyenangkan dan menghibur. Tetapi, tahukah kamu bahwa TikTok punya hal-hal kelam yang meresahkan?

Sempat disebut sebagai aplikasi alay dan norak, TikTok kini malah menjadi aplikasi populer dengan jutaan pengguna di seluruh dunia.

Fitur-fiturnya yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna untuk mengekspresikan diri secara bebas dan menyenangkan berhasil memenangkan hati banyak kalangan.

Meski begitu, banyak juga yang menganggap TikTok memiliki dampak dan elemen negatif lebih banyak daripada sisi positifnya.

Supaya kamu bisa lebih selektif, kamu perlu tahu rahasia gelap TikTok di bawah ini!

Rahasia Gelap TikTok yang Meresahkan

Pengguna TikTok saat ini bukan hanya remaja dan orang dewasa, bahkan banyak sekali pengguna anak-anak di usia sekolah dasar yang sudah piawai mengoperasikan aplikasi ini.

Tentu kamu juga tidak asing lagi melihat adik-adik berjoget dengan mantap di depan kamera, atau bahkan sudah biasa melihat mereka scrolling TikTok di waktu luangnya.

Mulai sekarang, cobalah untuk lebih memperhatikan aktivitas ber-TikTok dari anak-anak di sekitarmu karena TikTok juga memiliki sisi gelapnya sendiri!

1. Trend dan challenge berbahaya

Tiktok Skullbreaker Cereal Challenge Duo 1a 7d10e
Sudah bukan hal yang baru jika berbagai TikTok Challenge sempat viral di suatu negara atau bahkan secara internasional.

Sayangnya, tidak semua challenge dan prank tersebut positif, banyak juga yang berbahaya dan kurang mendidik.

Tetapi tetap banyak kreator konten yang mengikuti tren demi mendapat jumlah viewers yang banyak, bahkan meski harus mempertaruhkan kesehatan dan nyawa.

2. Bisa melacak lokasi kapanpun

Does TikTok Track Your Location 0ae84

TikTok ternyata dapat mengetahui lokasi penggunanya setiap waktu, tak peduli si pengguna sedang menggunakan aplikasi ini atau tidak.

Saking berbahayanya, US Army bahkan melarang seluruh unit militernya untuk menggunakan TikTok agar terhindar dari tracking lokasi.

3. Pembatasan konten yang aneh

RR COMP Tiktok Autism Kid 26142

Sebagai respon atas keresahan masyarakat minoritas dari kalangan LGBTQ dan difabel, TikTok malah membatasi aktivitas mereka dengan dalih melindungi para pengguna tersebut.

Tetapi keputusan ini dipandang semakin memojokkan komunitas tersebut.

Di sisi lain, TikTok malah menghilangkan berbagai video yang menyorot kemiskinan demi menarik perhatian dan simpati dari pemerintah di berbagai negara. Duh, jadi buzzer, nih.

4. Anti-kritik

PaymoneyWubby 2c0b0

Salah satu kasus terkenal yang membuktikan bahwa TikTok tidak mendengarkan kritik datang dari seorang streamer dengan nama PaymoneyWubby.

Beberapa tahun lalu, ia sempat mengunggah sebuah video yang mengkritisi Tiktok dan mengungkapkan keresahannya atas pengguna di bawah umur di platform YouTube.

Namun Bytedance, perusahaan induk TikTok, malah menganggap pria tersebut telah melanggar hak cipta hingga videonya di take-down.

5. Tidak membayar kreatornya

Who Lives In The Hype House Tik Tok 1585668476 3010e

Berbeda dari YouTube yang menerapkan pembagian keuntungan dengan para content creator, TikTok sama sekali tidak memberi celah bagi penggunanya untuk dapat menikmati profit yang berasal dari lebih dari 500juta penggunanya itu.

Akibatnya, para kreator harus bertahan menggunakan sponsorship dan cara-cara lainnya untuk menapat uang.

Pada bulan Mei lalu disebutkan bahwa TikTok akan mengubah kebijakan ini dengan meluncurkan pilot project mengenai sistem bagi hasil. Kita tunggu, ya!

Lainnya...

6. Intervensi pemerintah China

960x0 0da7b

Ketika dunia tengah ramai dengan isu HongKong Protest hingga merembet ke berbagai media sosial, TikTok tetap adem ayem tanpa konten-konten terkait.

Ternyata, TikTok sempat menghapus konten yang berbau sentimen anti-China dan beberapa konten lain yang dianggap ofensif bagi China.

Akibat intervensi ini, pemerintah Amerika turut khawatir hingga melakukan investigasi terus-menerus karena banyaknya data warga AS yang dimiliki TikTok.

7. Perundungan siber semakin banyak

Girls Laughing Cyberbully 1745f

Sebelum TikTok ada, cyber-bullying sudah jadi kasus yang sangat memprihatinkan.

Bukannya mengurangi kekhawatiran, hadirnya aplikasi hiburan ini malah memperparah hal tersebut dengan digunakannya hashtag seperti #fat, #ugly, #worthless, dan masih banyak lagi.

Banyak sekali orang yang jadi korban bullying oleh orang asing dan TikTok sama sekali tidak memiliki pencegahan atau menangani secara serius.

8. Memegang data-data problematik

Pubg 1172c

Data yang dimiliki TikTok bukan hanya milik pengguna dewasa saja, tetapi banyak pula milik anak-anak di bawah umur, bahkan orang-orang jahat.

Anak-anak tersebut mengumpulkan data dan identitasnya kepada TikTok tanpa pikir panjang dan persetujuan orang tua, membuat kalangan ini rentan akan penyalahgunaan informasi.

9. Konten tidak pantas dan ofensif

Inappropriate Tiktok 23c48

Salah satu hal yang menarik dari TikTok adalah banyaknya konten yang bisa 'menyejukkan mata', tapi tahukah kamu kalau konten-konten tersebut sebenarnya tidak pantas?

Maraknya lagu-lagu viral di TikTok yang asyik buat joget seringkali dijadikan konten yang menggunakan pakaian terbuka hingga hampir telanjang hingga melibatkan goyangan erotis.

Lebih parahnya lagi, tidak ada lirik-lirik lagu tidak pantas yang di-block oleh TikTok.

Disamping itu, masih banyak konten lain yang berbau self-harm atau atraksi berbahaya.

10. Banyak predator anak berkeliaran

Child Predactor 24788

Menyimpan video dari berbagai platform tidak lagi sulit berkat aplikasi download video terbaik yang mudah digunakan.

Tetapi hal ini turut mempermudah aktivitas predator anak di TikTok. Tak hanya menyimpan video-video anak di bawah umur, mereka bahkan berani untuk mengirim pesan dan mengajak untuk bertemu.

TikTok sendiri juga tidak mudah melakukan penangguhan akun sehingga hanya sedikit dari predator tersebut yang terkena suspend. Serem banget!

Akhir Kata

Serem banget ya, kedengarannya? Well, sebenarnya sah-sah saja untuk tetap menggunakan TikTok asal kita tahu batasan dan tetap berhati-hati.

Selain itu, sangat penting untuk mengawasi adik-adik dan anak-anak kita agar tidak terpapar dampak negatif, karena TikTok memang memberi kebebasan luar biasa terhadap penggunanya.

Baca juga artikel seputar TikTok atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Header 3 Fdd34
5 Aplikasi Tak Terduga yang Menjadi Sarang Teroris. Hati-Hati Salah Masuk Grup!
Bahaya Beli Akun Game Online Banner 7cb98
5 Bahaya Membeli Akun Game Online, Hati-hati Masuk Penjara!
Kejahatan Di Smartphone Digital
Awas! Ini 4 Penipuan yang Pasti Terjadi Pada Smartphone Jika Kamu Nggak Hati-hati!
E95c9910ab4d163947c606ee098d9e70
Awas Ketipu! Hati-Hati Sebelum Beli 5 Konsol Populer Dari China Ini
Virus Mematikan Iphone Banner
HATI-HATI, Virus Kecil Ini Mampu Menghancurkan iPhone Kamu!
Maxresdefault
5 Jenis Kejahatan yang Wajib Diwaspadai Para Pemain Game Online, Nomor 2 Paling Banyak!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal