7 Poster Film yang Menipu Calon Penonton, Padahal Aslinya Nggak Gitu!

Poster film menjadi salah satu materi penting sebagai bahan promosi. Oleh karena itu, pengerjaannya harus dilakukan secara hati-hati supaya nggak menjadi kesalahan terbesar ketika promosi film.

Biasanya, poster film akan dibuat semenarik mungkin agar banyak orang tertarik untuk menonton film yang dipromosikan.

Namun, kadang cara ini dilakukan dengan licik, geng, yaitu menampilkan sesuatu yang berbeda dari apa yang ada di film.

Kalau kamu ingin tahu apa saja poster-poster film yang membohongi para calon penonton, simak penjelasannya di bawah ini.

Masa promosi menjadi waktu yang penting bagi para filmmaker untuk memperkenalkan karya mereka ke publik dan berusaha menarik minat sebanyak mungkin calon penonton.

Oleh karena itu, nggak heran jika segala cara dilakukan demi memenuhi target mereka, seperti menipu penonton dengan trailer yang dirilis.

Serupa dengan kasus tersebut, film-film di bawah ini menggunakan poster yang terkesan menipu para calon penonton. Penasaran dengan tampilan posternya?

1. Avengers: Infinity War (2018)

Avengers Infinity War 06c53

Tentu kamu masih ingat pertarungan Thor (Chris Hemsworth) melawan Hela (Cate Blanchett) di film Thor: Ragnarok (2017) yang mengakibatkan God of Thunder kehilangan mata kanannya. Plot ini pun berlanjut hingga Avengers: Infinity War.

Tapi, poster untuk Infinity War yang kamu lihat di atas keluar pada Juli 2017, beberapa bulan sebelum Ragnarok dirilis. Supaya nggak memberikan spoiler, akhirnya posisi Thor di poster diatur sedemikian rupa supaya mata kanannya nggak terlihat.

Meskipun demikian, pada pertengahan film Infinity War, Thor mendapatkan mata baru dari Rocket (Bradley Cooper), sehingga usaha Marvel menyembunyikan mata kanan Thor di poster terkesan nggak terlalu berarti.

2. Frozen (2013)

Frozen 8be35

Kalau kamu perhatikan, poster-poster film animasi terbaik satu ini banyak menempatkan Olaf di depan dan tengah, sehingga membuatnya terlihat seperti tokoh utama.

Belum lagi poster ini berlatar belakang salju dan es, pas dengan Olaf yang merupakan manusia salju. Dengan demikian, Elsa dan tokoh-tokoh manusia lainnya terlihat seperti sidekick Olaf dan bukan sebaliknya.

Padahal, ia baru muncul mendekati setengah film Frozen, sehingga proporsi Olaf di poster kurang sesuai dengan perannya di film yang merupakan figuran.

3. Unknown (2011)

Unknown Aaeef

Ketika pertama dilihat, seolah nggak ada yang salah dengan poster film ini, geng. Bahkan, ada kesan misterius pada posternya karena nggak menampilkan terlalu banyak detail.

Sayangnya, poster ini juga merupakan suatu pembohongan publik. Faktanya, Liam Neeson nggak pernah memegang pistol di film Unknown, apalagi menggunakannya untuk menembak.

Kesannya, Warner Bros. mengimplikasikan bahwa film ini serupa dengan Taken (2008) yang juga dibintangi oleh Neeson, meskipun sebenarnya Unknown lebih kepada film thriller menegangkan ala Hitchcock.

4. Pretty Woman (1990)

Pretty Woman F181e

Biasanya, boudy double akan digunakan oleh aktris yang menolak beradegan seksi, namun bagi Julia Roberts, ia menggunakannya supaya badan Vivian Ward, karakter yang diperankannya, terlihat lebih seksi.

Ternyata, body double Roberts, Shelley Michelle, nggak hanya bertugas di depan kamera, melainkan juga pada poster. Ya, yang kamu lihat di poster sebenarnya adalah badan Michelle dengan wajah Roberts.

Bagaimana, apakah kamu sempat tertipu dengan poster ini? Jika dilihat, sebenarnya penggantian badan untuk poster Pretty Woman nggak terlalu banyak berarti, geng.

5. American Beauty (1999)

American Beauty 337c5

Poster film pemenang Oscar untuk kategori Film Terbaik ini terbilang minimalis karena hanya menampilkan perut dan tangan seorang perempuan yang memegang setangkai mawar.

Banyak yang mengira bahwa model untuk poster tersebut adalah Mena Suvari yang berperan sebagai Angela Hayes di film ini, namun ternyata bukan, geng.

Meskipun model untuk perut tersebut belum diketahui, tapi baru-baru ini aktris Christina Hendricks mengungkapkan melalui Instagramnya bahwa ia adalah model untuk tangan tersebut. Hendricks bahkan nggak ikut berperan di film ini.

6. Star Wars: Return of the Jedi (1983)

Star Wars Return Of The Jedi 258b2

Teknik penipuan ketika masa promosi sudah bukan hal asing pada franchise film Star Wars, salah satunya dengan banyak menampilkan Luke Skywalker (Mark Hamill) sebelum penayangan The Force Awakens (2015), meskipun sebenarnya dia hanya muncul sebentar di film.

Jauh sebelum itu, poster Return of the Jedi sudah banyak menipu para penggemar karena warna lightsaber yang dipegang Luke berwarna biru, sedangkan di film berwarna hijau.

Meskipun demikian, hal ini terjadi akibat kesalahan teknis karena tim promosi biasanya sudah membuat poster sebelum filmnya selesai syuting, yang berarti lightsaber Luke belum dibuat.

Ketika masa editing, para kru menyadari bahwa warna biru pada lightsaber Luke akan menyatu dengan warna langit planet Tatooine, sehingga mereka mengubahnya menjadi hijau.

7. Godzilla (1998)

Godzilla 05224

Mengusung tagline "Size does matter", nyatanya ukuran Godzilla di poster dan di film justru berbeda. Ketika muncul di layar lebar, monster ini jauh lebih kecil dan hanya terlihat seperti persilangan antara reptil dan dinosaurus.

Godzilla di film digambarkan setinggi gedung pencakar langit kecil, atau sekitar 60-75 meter. Jika melihat ukuran kakinya pada poster di atas, maka seharusnya tubuhnya jauh lebih tinggi.

Bukan hanya posternya yang menipu, film pertarungan antara manusia dan monster ini gagal mendapatkan review positif dari kritikus, geng.

Akhir Kata

Itu dia poster-poster film yang isinya nggak sesuai dengan apa yang ada di film. Meskipun beberapa di antaranya mungkin nggak sengaja, namun beberapa yang lain justru terang-terangan melakukan pembohongan demi membangkitkan rasa penasaran calon penonton.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Poster Film Kontroversial Banner
10 Poster Film Kontroversial yang Paling Dicekal Sepanjang Masa (18+)
Editan Photshop Poster Film Hollywood A5962
10 Editan Photoshop Seseorang yang Masuk ke Dalam Poster Film Hollywood
Plesetan Poster Film Kocak 16
15 Plesetan Poster Film yang Bikin Pengen Nonton Film Aslinya
Poster Film Horror Disney Banner
Jika Disney Membuat Film Horror, Inilah 10 Poster Film yang Digunakannya
Poster Film China Yang Meniru Luar Negeri Banner
25 Poster Film China Yang Meniru Poster Negara Lain
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal