J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Planet Paling Unik dan Aneh di Alam Semesta | Sering Hujan Permata!

Jumat, 5 Feb 2021, 11:00 WIB
Tak semua planet bisa dihuni, tak semua planet punya daratan, dan tak semua planet berbentuk bulat. Planet-planet aneh ini menakjubkan banget!

Ruang angkasa yang aneh dan misterius malah menjadi alasan orang-orang terpesona dengan langit malam dan eksplorasi ruang angkasa sejak dahulu.

Selain rumah bagi berbagai planet yang mengorbit di tata surya, ruang angkasa juga memiliki planet yang disebut Exoplanet atau planet ekstrasurya, yaitu planet yang mengorbit bintang lain di luar tata surya kita.

Hingga saat ini, diperkirakan ada 3.730 exoplanet yang sudah terkonfirmasi dan ada 2.724 kandidat potensial untuk menjadi exoplanet.

Sama seperti bagaimana Bumi tak sama dengan Merkurius ataupun Jupiter, exoplanet yang ada jauh di atas sana pun memiliki variasi yang sangat kontras satu sama lain.

Ada yang cukup ramah seperti Bumi, ada yang dijuluki "planet neraka" akibat permukaannya yang tanpa ampun, dan ada pula yang penuh dengan permata!

Nah, kali ini Jaka akan membahas 7 exoplanet paling aneh dan unik di alam semesta. Yuk, kita cari tahu apa saja!

1. CoRot-7b - dua neraka dalam satu planet

Corot 7b 2c879

Sebutan yang tepat untuk CoRot-7 b adalah "dua neraka dalam satu planet" karena planet ini memiliki dua sisi yang sangat berkebalikan.

Salah satu sisi yang selalu menghadap matahari memiliki suhu 4.700 derajat Fahrenheit atau lebih dari 2.500 derajat Celsius, cukup untuk melelehkan dan menguapkan batuan.

Sementara itu, permukaan dingin yang dimilikinya sangat dingin hingga mencapai -392 derajat Fahrenheit atau sekitar minus 235 derajat Celsius. Kontras banget, kan?

2. Gliese 436b - planet yang menentang hukum fisika

Gliese 436 B 11 081db

Gliese 436b yang berjarak 30 tahun cahaya dari Bumi dan 2,5 juta mil dari bintangnya ini memiliki suhu sekitar 822 derajat Fahrenheit yang cukup panas untuk menguapkan air.

Menakjubkannya, planet ini jadi aneh karena airnya tetap dalam bentuk padat dan permukaan esnya terpanggang pada suhu 439 derajat Celsius. Lho?

Es yang ada di planet tersebut tidak sama dengan jenis es yang kita biasa temukan di Bumi, itu adalah es khusus yang disebut Ice VII yang terbentuk ketika es memiliki struktur yang lebih padat dan lebih kristal.

Kontradiksi lainnya adalah lapisan luarnya yang terdiri dari hidrogen dan helium seharusnya menghasilkan metana tingkat tinggi, namun peneliti malah melihat metana yang 7.000 kali lebih sedikit daripada seharusnya. Sebaliknya, ada sejumlah besar karbon monoksida di planet ini.

3. Gliese 581c - punya lahan kecil layak huni

Planet Gliese 581 C 073a1

Planet Gliese 581c terletak sejauh 20 tahun cahaya atau 120 triliun mil dari Bumi di konstelasi Libra.

Mirip CoRot-7 b, Gliese 581c juga terkunci pasang surut yang artinya satu sisi planet selalu menghadap langit malam dan bersuhu sangat dingin, dan sisi lainnya selalu mengalami suhu terik yang bisa melelehkan manusia hidup-hidup. Hiii.

Tapi, di antara dua sisi ekstrem ini, ada sebidang lahan sempit dengan kondisi lebih baik yang secara teori dapat memungkinkan adanya kehidupan.

Pada tahun 2008, astronom telah mengirim pesan radio ke planet ini yang diharapkan akan menjangkaunya tahun 2029. Kita tunggu, ya!

4. GJ 1214b - hanya berisi air

GJ1214b 1d536

Jika hampir semua planet punya wilayah daratan, lain halnya dengan GJ 1214b yang hanya memiliki wilayah lautan membentang di seluruh permukaannya.

Konsistensi airnya juga cukup aneh, karena teksturnya lebih menyerupai es panas kental atau gas, bukannya cair seperti di Bumi.

Padahal, GJ 1214b memiliki kemiripan dengan Bumi dan juga hanya mengelilingi satu bintang kecil, sehingga atmosfer yang dimilikinya dapat dipelajari oleh para ilmuwan.

5. 55 Cancri E/Janssen - planet berlian

55 Cancri E E01b2

Planet bernama 55 Cancri E atau juga dinamai Janssen ini memiliki 1/3 permukaan yang penuh dengan berlian akibat dari atmosfer yang sebagian besar mengandung karbon, sehingga panas dan tekanan matahari dan interiornya memampatkan massa planet menjadi berlian.

Jika diuangkan, berlian yang ada di permukaan Janssen diperkirakan senilai 26,9 nonillion dollar (satu nonillion adalah 10 pangkat 30). Tertarik untuk panen berlian di Janssen, gak?

Sayangnya, kita tak bisa mengeruk berlian di Janssen akibat suhu ekstremnya yang sangat panas dan tak memungkinkan manusia untuk bertahan.

Terlebih lagi, teleskop luar angkasa Hubble mendeteksi adanya sesuatu yang kemungkinan adalah hidrogen sianida yang mengalir dari bawah permukaan planet dan memproduksi cairan beracun yang sangat panas. Mission aborted, deh!

6. HAT-P-7b - punya hujan permata

HAT P 7b 56f8f

Misi panen berlian gagal, ayo kita coba panen permata rubi dan safir di planet HAT-P-7b.

Terletak di konstelasi Cygnus sekitar 1000 tahun cahaya dari Bumi, planet ini lebih besar daripada Jupiter dan bersuhu sangat panas.

Di sisi malam planet ekstrasurya ini, ditemukan curah hujan korundum tinggi yang menyebabkan terjadinya hujan rubi dan safir.

Ditambah lagi, HAT-P-7b mengalami badai hebat sehingga kemungkinan besar batu rubi dan safir tersebut tersebar di seluruh planet. Cabs nggak, nih?

7. Wasp 12 b - lonjong seperti telur

2212 Wasp 12b Th E7372

Pasti kamu langsung bisa melihat letak keanehan planet Wasp 12 b. Yup, bentuknya! Sepertinya hampir tak ada planet lain yang bentuknya agak lonjong seperti telur kecuali planet ini.

Setiap tahunnya, planet ini tercabik-cabik dan dikonsumsi oleh mataharinya dengan kecepatan sekitar 189 kuadriliun ton setiap tahun, hingga diperkirakan Wasp 12 b hanya punya waktu 10 juta tahun lagi untuk hidup.

Wasp 12 b juga gelap gulita akibat ia memiliki properti unik yang menyerap 94% cahaya, bukannya memantulkannya.

Akhir Kata

Itu dia planet paling unik dan aneh yang ada di alam semesta di luar tata surya kita. Ternyata ekstrem-ekstrem banget!

Dengan mayoritas planet memiliki suhu ekstra panas atau ekstra dingin, sangatlah sulit untuk mencari kehidupan baru selain Bumi. Makanya, kita harus sayangi planet ini kalau nggak mau bingung tinggal di mana nantinya. Setuju?

Baca juga artikel seputar Planet atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Planet Layak Huni Seperti Bumi Banner 01f8a
Bosen Tinggal di Bumi? Ini 6 Planet Layak Huni Seperti Bumi
Cover F1c4c
Gokil! 5 Tempat di Bumi Ini Bagaikan Bagian dari Planet Lain
Untitled Design 2021 01 15t200930 227 3ea6a
Ilmuwan Temukan Planet Bumi Super Seusia Alam Semesta, Bisa Dihuni Manusia?
Bocah Penemu Planet Banner
Wow, Bocah Berumur 15 Tahun Ini Berhasil Menemukan Planet Baru!
Penjelajahan Curiosity
5 Foto Misterius di Planet Mars Ditemukan Dalam Penjelajahan Curiosity
Mars
5 Foto Rahasia di Planet Mars Ini Disembunyikan NASA! Kok Bisa?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal