7 Aktor yang Sukses Berperan Jadi Presiden di Film, Cocok Jadi Presiden Sungguhan?

Profesi sebagai aktor memiliki beberapa keuntungan tersendiri. Selain terkenal, memiliki bayaran besar, dan keliling dunia untuk syuting maupun promo film, mereka juga berkesempatan untuk berperan sebagai tokoh penting.

Salah satu yang bisa mereka perankan adalah presiden. Meskipun hanya berakting, namun tetap saja hal ini bukan pekerjaan mudah.

Mereka harus bisa membawakan diri layaknya presiden di dunia nyata yang percaya diri, berwibawa, dan berkarisma. Apalagi jika karakter yang diperankan adalah presiden sungguhan.

Tapi, bukan hanya presiden asli, karena ada juga peran presiden fiksi yang tidak kalah menarik dan meyakinkan. Bahkan, beberapa di antaranya dianggap sebagai yang terbaik, lho.

7 Presiden Fiksi di Film yang Paling Meyakinkan

Meskipun memiliki kekuasaan besar, namun seorang presiden juga mengemban tanggung jawab berat. Tidak hanya memimpin, ia juga menjadi simbol dari negaranya. Dengan otoritas sebesar itu, presiden adalah salah satu karakter yang banyak diperankan di film.

Beberapa film mengangkat kisah tokoh presiden asli, seperti Josh Brolin sebagai George W. Bush di film dengan judul paling pendek, W. (2008), atau Bill Murray sebagai Franklin D. Roosevelt di film Hyde Park on Hudson (2012).

Tapi, beberapa film lain memutuskan untuk menceritakan kisah presiden fiksi yang tidak kalah realistis berkat akting meyakinkan para aktornya. Kalau kamu penasaran, berikut adalah peran presiden fiksi paling meyakinkan di film.

1. Andrew Shepard - The American President (1995)

The American President Ac3c8

Film tentang presiden tidak selamanya serius, berat, dan hanya bertema politik. Pada film The American President, penonton disuguhkan cerita cinta antara Presiden Andrew Shepard (Michael Douglas) dan pelobi isu lingkungan, Sydney Ellen Wade (Annette Bening).

Pasca istrinya meninggal tiga tahun yang lalu, Shepard bertemu dengan Wade dan jatuh cinta dengannya. Sayangnya, hubungan mereka diwarnai rumor negatif dari pihak oposisi yang dapat mengancam elektabilitas Shepard yang melaju untuk pilpres kedua.

Jalan cerita film ini menginspirasi pembuatan salah satu serial TV terbaik The West Wing (1999-2006) yang sudah mendapatkan berbagai penghargaan, termasuk Golden Globes dan Emmy Awards.

2. Thomas J. Whitmore - Independence Day (1996)

Independence Day 2468a

Pernah menjadi film berpendapatan terbesar kedua sepanjang sejarah setelah Jurassic Park (1993), Independence Day memiliki jalan cerita dan tokoh ikonik, salah satunya Presiden Whitmore.

Diperankan oleh Bill Pullman, ia bertugas menenangkan negaranya ketika menghadapi invasi alien. Tepat pada 4 Juli, hari kemerdekaan Amerika Serikat, seluruh warga Bumi melancarkan serangan balik.

Whitmore menunjukkan bahwa pada akhirnya seluruh umat manusia berhasil bersatu untuk menghadapi musuh bersama. Tidak hanya memberikan pidato yang inspiratif, ia jugalah yang memimpin serangan terhadap alien.

3. James Marshall - Air Force One (1997)

Air Force One D1b8c

Sesuai judulnya, film ini bercerita tentang pembajakan pesawat Air Force One dan usaha presiden dalam mengambil alih kembali pesawat dari para teroris.

Presiden James Marshall diperankan oleh aktor yang terkenal dengan peran ikoniknya sebagai Han Solo, Harrison Ford. Berkat peran ini, ia meraih Bambi Award yang merupakan ajang penghargaan asal Jerman.

Selain menyajikan banyak aksi menegangkan, film ini juga memiliki quotes keren yang banyak berasal dari dialog Marshall, utamanya tentang menolak negosiasi dengan para teroris.

4. Dave Kovic - Dave (1993)

Dave Kovic C0e17

Berbeda dengan peran presiden fiksi lainnya, Dave adalah seseorang yang berwajah sangat mirip dengan presiden, sehingga diminta untuk menggantikannya karena presiden yang asli mengalami koma.

Padahal, tokoh yang diperankan oleh Kevin Kline ini sehari-harinya merupakan pemilik agensi tenaga kerja, sehingga sangat berbeda dengan posisi barunya.

Meskipun demikian, Dave tetap serius melaksanakan perannya sebagai "presiden", bahkan menciptakan kebijakan ekonomi tentang jaminan kerja.

5. Tom Beck - Deep Impact (1998)

Deep Impact 0be1c

Film 1990-an tentang kehancuran Bumi selain Independence Day adalah Deep Impact. Bedanya, kali ini penyebabnya adalah komet besar yang menabrak Bumi dan presiden yang harus berhadapan dengan masalah ini adalah Tom Beck.

Diperankan oleh aktor yang pernah berperan sebagai Tuhan, yaitu Morgan Freeman, kualitas aktingnya tidak perlu diragukan lagi.

Kamu pasti tahu, kan, performa Freeman setiap kali memerankan tokoh yang berkuasa? Pembawaannya yang kalem dan karismatik membuat Presiden Tom Beck terlihat tangguh sekaligus elegan dalam menghadapi bencana.

6. Allan Trumbull - Angel Has Fallen (2019)

Angel Has Fallen 6820d

Masih diperankan oleh Morgan Freeman namun di film yang berbeda, kali ini ia berperan sebagai Presiden Allan Trumbull di film Angel Has Fallen. Meskipun bukan pemeran utama, namun tetap saja perannya signifikan.

Sama seperti dua film prekuelnya, Olympus Has Fallen (2013) dan London Has Fallen (2016), film ini dibintangi oleh Gerard Butler sebagai agen Secret Service Mike Banning yang berusaha melindungi sang presiden dari bahaya yang mengancam.

Menggantikan Aaron Eckhart yang menjadi Presiden Benjamin Asher di dua film sebelumnya, performa Freeman di film ini juga sama berkarismanya dengan Presiden Tom Beck di film Deep Impact.

7. Jack Stanton - Primary Colors (1998)

Primary Colors C320b

Primary Colors adalah film yang diadaptasi dari novel berjudul Primary Colors: A Novel of Politics karya Joe Klein tentang masa kampanye Bill Clinton pada 1992.

Tapi, sama seperti novelnya yang merupakan roman a clef (didasarkan pada orang atau kisah nyata namun diceritakan dengan nama yang berbeda), Bill Clinton tidak ada dalam film ini dan diganti dengan Presiden Jack Stanton (John Travolta).

Meskipun rugi di box office, namun filmnya justru mendapatkan penghargaan SAG Awards dan BAFTA. Hal ini tidak terlepas dari peran Travolta sebagai Presiden Stanton yang memikat, lucu, dan mampu berteman dengan siapa pun.

Akhir Kata

Itu dia peran presiden fiksi terbaik di film sejauh ini. Meskipun hanya berakting dan tidak pernah menjalani langsung posisi tersebut, namun aktor-aktor yang memerankannya mampu membawakan diri dengan berwibawa khas seorang pemimpin dan berhasil menghidupkan karakter presiden layaknya di dunia nyata.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Aktor Tidak Audisi Banner C134d
5 Aktor Ini Dapat Peran Ikonis Tanpa Audisi, Sylvester Stallone Maksa?
Film Korea Tampan F1a1f
5 Aktor yang Punya Dua Peran Lebih Dalam Satu Film | Beda Banget!
Banner 676f8
7 Aktor dan Aktris yang Sering Menjadi Pasangan Film, Beneran Cuma Akting?
01 34183
7 Akting Buruk Sang Aktor yang Menghancurkan Film Berkualitas
Aktor Berpendidikan Tinggi Banner 9a826
7 Aktor yang Berpendidikan Tinggi, Bukan Cuma jago Akting!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal